Wednesday, November 20, 2013

motherboard laptop


Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak

  1.  Jika laptop tidak menyala menggunakan baterai, silahkan mencoba dengan menggunakan adaptor AC. Perhatikan dan lihat apakah LED pada lampu laptop menyala, menandakan bahwa adaptor terdeteksi. Jika ya, maka jack power anda bekerja.
  2.  Jika notebook masih tidak menyala, bongkar laptop dan keluarkan baterai. Carilah pertama untuk baterai CMOS keluar kan. Jika model laptop khusus Anda memiliki lebih dari satu baterai, seperti baterai multi-port atau handle battery, keluarkan juga. Tindakan ini harus bisa menjadi master reset. Cobalah start laptop lagi dengan menggunakan adaptor AC.
  3.  Jika masih tidak menyala, maka kemungkinan besar bahwa masalahnya adalah memori. Apa yang perlu Anda lakukan adalah re-seat modul memori. Jika ada lebih dari satu, buka dan pasang kembali pada slot yang berbeda atau ditukar. Cobalah booting lagi. Jika tidak bekerja, maka coba jalankan dengan hanya satu modul, cara ini untuk mengetahui modul mana yang rusak.
  4.  Sebaiknya persempit masalah dengan melepas setiap komponen “tidak perlu” untuk sementara waktu, misalnya melepas HDD, CD / DVD drive, dan modem dan / atau kartu nirkabel. Jika mungkin, keluarkan juga modul kartu suara (jika terpisah). Untuk meminimalkan kemungkinan penyebab, Anda dapat melepas panel LCD juga. Coba jalankan cara ini. Jika laptop boot, coba menghubungkan masing-masing konektor satu persatu, boot up di antara proses satu persatu ini untuk melokalisasi masalah.
  5.  Di sisi lain, jika Anda telah melepas komponen laptop tadi dan masih menolak untuk POST, maka kemungkinan motherboard adalah akar masalahnya. Pilihan lain untuk sementara adalah mengganti modul memori dengan yang baik. Coba tes lagi.
  6.  Sebagai usaha terakhir, jika Anda sudah familiar dengan menggunakan multimeter, coba memeriksa tombol power dan melihat apakah itu benar-benar “switch” atau tidak. Anda juga dapat memantau tegangan sirkuit VRM (apakah ada atau tidak mendapat listrik). Verifikasi resistensi antara tempat-tempat umum (seperti memverifikasi apakah motherboard grounded atau tidak.
  7.  Sekarang mari kita bicara tentang skenario masalah lain. Jika notebook Anda selalu “lupa” system clock, maka hampir selalu mengarah ke baterai CMOS rusak. Bongkar laptop, cari baterai, ukur dengan multimeter atau voltmeter, dan jika perlu, lakukan penggantian. Jika laptop start tetapi ada beep tertentu maka periksa kode “beep” melihat kesalahan. Cari tahu BIOS notebook Anda memiliki (mungkin itu bukan AMI, Award, atau Phoenix).
  8.  Namun, jika Anda masih tidak dapat mendiagnosa masalah dan laptop benar-benar tidak ada tanda-tanda kehidupan, kemudian bawa ke pusat perbaikan. Tetapi bisa juga bahwa Anda telah menemukan masalahnya sekarang, setidaknya mari kita berharap begitu.



sumber :
caramemperbaikimotherboard-rusak.blogspot.com

No comments:

Post a Comment