Wednesday, November 20, 2013

keyboard laptop


A. Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard Laptop
       Cara merawat dan membersihkan keyboard laptop dengan benar :

  1. Sebelum membersihkan keyboard leptop anda, matikan power laptop. Cabut charger dan lepaskan kabel-kabel USB yang masih menancap pada laptop yang akan dibersihkan.
  2. Miringkan laptop anda kedepan Untuk pembersihan sederhana, miringkan laptop anda ke depan. Tiup perlahan bagian keyboard agar debu dan partikel-partikel kotoran yang menempel bisa terbuang.
  3. Gunakan alat yang tipis namun kuat seperti ujung sendok teh, dan balut dengan lap sedikit basah untuk membersihkan tepi (batasan) keyboard dengan monitor.
  4. Untuk mencegah debu menempel kembali, gunakan keyboard protector yang terbuat dari karet. Pelindung ini bisa mencegah kotoran atau debu masuk ke sela-sela tombol keyboard, bahkan agar cairan tidak masuk ke dalam laptop anda.
  5. Jangan menaruh minuman atau makanan di dekat laptop, bagaimana kalau laptop anda terkena tumpahan air? Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan konsleting pada laptop anda.
  6. Kurangi kebiasaan main game di laptop, ketika anda bermain game, hanya beberapa tombol saja yang ditekan, ini dapat menyebabkan keyboard rusak. Apalagi game dengan tipe Racing. Tipe racing memencet tombol gas selama racing berakhir. Tentunya tombol tersebut tertekan sangat lama. Saya sarankan menggunakan joystick, ini dapat mencegah kerusakan keyboard laptop anda.
B. Mengatasi Tombol Keyboard Error di Notebook atau Laptop
   Pernah gak lagi asik ngetik, ehh tiba-tiba tombol m, j, k, l, u, I, o berganti jadi angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6.Nah lho… jadi repot kan? Udah sibuk ngetik buat tugas lg di tambah tombol Keyboard Error..kasian …hiiihihih,Tenang Jangan panik dulu,jangan berburuk sangka dulu, mungkin kesalahan bukan gara-gara tombol Keyboard yang rusak,,lantas mesti di ganti gtu ajah..coba agan cek dulu…!!! kalo selain tombol m, j, k, l, u, I, o gak berubah, ini berarti terjadi pertukaran tombol fungsi Fn. Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop. Kembali kecara mengatasi fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja 

 gini caranya :

 1.Tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas,
 2.Lalu tekan tombol fungsi numeric. ( Tombol numeric ini kalau di laptop saya sih berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK.
 3. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.

Oke Sekarang coba tekan tombol u,
 kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.

Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock berubah kembali ke huruf kecil.

sumber :

No comments:

Post a Comment