Tuesday, October 8, 2013

berbagai kerusakan tv lcd merk toshiba


1. LCD TV Toshiba 32PB10E Ganti Logicboard
    problem : LCD TV Toshiba sudah dalam kondisi yang sangat parah yaitu layar LCD pecah dan untuk logicboard juga dalam kondisi rusak.
    penyelesaian : Sangat melelahkan untuk mencari logicboard pengganti kalau untuk layar LCD kita sudah dapatkan terlebih dahulu, hampir setengah tahun akhirnya baru bisa kita dapatkan logicboard pengganti . Sayangnya type logicboard pengganti tidak sama persis seperti bawaan aslinya, kalau dilihat sekilas hampir sama, yang sedikit membedakan untuk soket lineout ke panel LCD. Type logicboard pengganti yaitu untuk model 32PS10V sedangkan bawaan aslinya 32PB10E, jadi untuk mengetahui bisa atau tidaknya kita lakukan percobaan.

Tampilan logicboard 32PB10E :



Untuk mengetahui perbedaan apa saja atau trik apa saja yang harus kita tempuh maka disini kita coba adakan persamaan, hal yang membedakan ada 2 yaitu :

1 Soket untuk panel

2 Soket dc in 13 volt

Untuk soket kita mesti pindahkan, ini kita ambil dari logicboard lama dan kita pasangkan di logicboard baru, seperti ini tampilan setelah kita pindahkan:



Untuk dc in 13 volt ini mesti kita lakukan penjumperan karena pada logicboard lama pin 3 dan 4 dalam kondisi terhubung sedangkan di logicboard baru tidak terhubung, seperti ini tampilannya :



Setelah kedua langkah tersebut kini kita coba hidupkan LCD Toshiba dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Proses perbaikan ini sangat menguras kantong alias mahal , paling tidak terbayarkan karena bisa dinikmati hasil gambar dan suaranya.

2. LCD TOSHIBA Power TV 19HV10E mati standby
    problem : mati standby,yang nyala hanya lampu led indikatornya saja, di pencet tombol power di side panelnya nggak mau ON, dari remot juga mbegegeg nggak mau ON.
Berikut ini jeroan dari LCD TV 19HV10E

      penyebab : Berdasar informasi, untuk LCD TV jenis ini 90% yang bermasalah adalah firmwarenya.          
      penyelesaian : Berhubung saya tidak punya tool untuk pengeflashan secara ISP maka saya gunakan metode pengeflashan secara manual saja, yaitu dengan cara melepas IC flashnya hehehehe......Akhirnya persiapan pengeflashan pun saya lakukan,adapun peralatannya adalah :

  • PC/Laptop/Netbook dengan OS Windows XP
  • Eeplus 2 ( informasi dan penggunaan bisa di lihat di sini
  • Kabel data + driver DKU5
  • Battery kotak 9V untuk catu daya eeplus
  • Kawat email untuk jumper.

Pertama lepas dulu IC flash LCDnya,seperti gambar berikut

                        Setelah itu pasang IC flash LCD ke tool eeplus 2,berhubung jenis ICnya SMD maka saya pergunakan jumper kawat email untuk mengoneksikan ke soket IC eeplus 2,seperti pada gambar berikut.
                                     
 Gambar dari layout bagian bawah

                                     
 Gambar dari layout samping


Setelah pengeflashan selesai silahkan pasang kembali IC flash ke mainboard LCD,seperti gambar berikut.

Oh ya untuk firmware LCD tv ini silahkan download di  Solder Kita, tentunya anda harus menjadi member terlebih dahulu hehehehe.... Sukses buat REKAN semua.
 Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

3.Service LCD Toshiba Power tv 19/24/32HV10E

Gambar 1 adalah ciri kerusakan panel LCD. 
Kerusakan seperti ini sering dijumpai pada type 19HV10E.

Solusinya ganti dengan panel baru, sekarang sudah banyak dijual.

Gambar 1


Gambar 2 adalah contoh mainboard.
Kerusakan pada suara ada kemrosok walau volume 0, kerusakan pada IC utama yaitu pada bagian audio prosessor.
Solusi ganti satu blok mainboard/ modul.

Gambar 2


 akibat rusak software/ firmware.
  • Tv Error, hang hanya standby atau led sudah warna hijau tapi set tidak menyala atau tidak nyala sama sekali tapi power suply bagus.
  • Kerusakan seperti ini biasanya diakibatkan tidak stabilnya voltage listrik atau kadang karena ada petir. Bisa juga disebabkan karena mencolok lubang JACK service yg ada di belakang dgn headset/ earphone.
  • Gambar ngeblur dan lain2.




4. LCD TOSHIBA 19HV10E GAMBAR SETENGAH
Kerusakan:
LCD Toshiba kalau saya hidupkan terlihat gambar yang tampil di layar hanya setengah,, bagian kirinya bagus sedangkan sebelah kanan kadang mau kadang juga hanya white screen / garis-garis vertikal.

Contoh Kerusakan:

screen lcd toshiba trouble

Model LCD Toshiba :

model lcd toshiba

Perbaikan:
Kerusakan seperti ini dahulunya menjadi hal yang tidak terpecahkan oleh saya karena positif selalu berakhir panel screen yang harus diganti supaya semuanya bisa normal. Resiko yang harus diambil jika tetap memaksakan ya tanggung sendiri , kerusakan bisa saja terjadi di panel screen makanya saya selalu menolak jika dipaksakan untuk memperbaiki ini. Dengan adanya restu dari user maka saya lakukan perbaikan terhadap panel screen ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka panel screen , lepaskan semua board yang terpasang di body panel screen .
Setelah clean area belakang panel screen , ambil pencokel ( saya pakai pisau cutter )
Letakan disisi lapisan penutup screen , ada nok diarea tersebut.
Setelah terpisah nantinya akan terlihat kabel penghubung antara PCB dengan layar screen , ada 3 buah .
Tampilan gambar yang bermasalah ada di area kanan layar , penghubung kabel area kanan yang menjadi acuan untuk diperbaiki. Cara perbaikan cukup simpel yaitu dengan memanaskan komponen IC yang terpasang dikabel penghubung antara PCB dan layar screen , saya gunakan mata solder ( waktu hanya 5 detik ) . Tampilan IC tersebut bisa dilihat pada gambar berikut :

IC screen panel toshiba

Hasil akhir setelah proses pemanasan IC , Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal . Seperti ini :

lcd toshiba 19hv10e

Ada tambahan yang saya lakukan yaitu menambahkan pendingin untuk area kanan layar , terpikir masalah ini timbul karena panas yang hanya ada di area kanan layar (sistem backlight diarea ini ) .Saya pasangkan fan ( kipas kecil 12 volt ) sudah berikut sistem on-off via ic KIA78R12API , tampilan akhir PSU Toshiba :

psu toshiba with fan

Selesai sudah perbaikan yang saya lakukan , sedikit berbagi mungkin bisa bermanfaat.



5. LCD TV TOSHIBA 32PB1E KENA PETIR , MATI-TOTAL
Kerusakan:
Lcd tv Toshiba 32pb1e mengalami kerusakan akibat terkena efek petir yang masuk via aliran listrik,, saat kejadian kondisinya sedang standby dan akhirnya setelah kejadian lcd toshiba langsung mati total ( lampu indikator tampak tidak menyala ) .

Perbaikan:
Petir mempunyai arus listrik yang sangat besar dan biasanya bila mengenai perangkat elektronik , perangkat tersebut tidak bisa diperbaiki. Dalam berbagai kasus yang pernah kita coba perbaiki selalu berakhir dengan penggantian modul dengan biaya yang sudah pasti sangat mahal dan jarang ada klien yang mau membiayainya, alasan klasik ” mending beli baru mas ”  . Hal ini memang sudah menjadi kewajaran , penolakan klien untuk membatalkan proses perbaikan sudah sering kita temui,,, jadi enggak masalah buat saya ( sedikit curhat jadinya ) . Lanjut deh saatnya kita lakukan pemeriksaan dan rangkaian yang paling awal kita periksa adalah PSU ( power supply unit ).

PSU mengalami kerusakan dibagian IC switching ini saya dapatkan setelah saya masukan aliran listrik dan saya ukur tegangan jala-jala tersedia yaitu 310 volt ( kurang-lebih ) dan tegangan untuk b-up tidak tersedia ( 0 volt ) . Saya lepaskan aliran listrik dan sisa tegangan yang tersimpan dikosongkan dengan memasangkan beban lampu pijar 100 watt/220 volt. Saat tegangan sudah kosong saya ukur dengan multitester fungsi ohm batas ukur x10 , hasilnya positif yaitu tidak ada hambatan ( konslet lebih mudanya ). Type ic yang digunakan adalah STRW 6052 S dan sebagai penggantinya kita gunakan type STRW 6053 S.

Setelah saya pasangkan ic tersebut saya coba masukan aliran listrik dan alhamdulillah hasilnya PSU sudah kembali berfungsi, tegangan untuk sistem control 5 volt sudah tersedia begitu juga tegangan 13 volt. Karena saat perbaikan PSU saya bawa pulang jadi belum bisa memastikan apakah masih ada komponen yang mengalami kerusakan selain PSU tersebut, harus nunggu hari berikutnya. Keesokan hari ,saatnya pemasangan PSU di panel LCD dan disinilah saya temukan masalah baru. Lampu indikator tampak sudah hidup saat aliran listrik masuk , tapi di Mainboard Utama saya melihat lampu indikator kedap-kedip .

Saya coba ukur beberapa titik tegangan masuk ( 5 volt , 3,3 volt , 1,2 volt dan 13 volt ) di pinout mainboard dan dari sini bisa saya pastikan ada masalah dengan sistem protek. Sedikit membutuhkan waktu extra untuk mencari letak jalur penyebab protek dan hasilnya Alhamdulillah ketemu dan ini ada di pinout  AC_DET .  Solusi untuk masalah ini cukup saya lepaskan kabel penghubung dari PSU ke Mainboard pin ( AC_DET ) dan akhirnya sistem kembali berfungsi, kini LCD TOSHIBA sudah normal kembali.

Posisi pinout :

pcb-psu-lcd-toshiba



6. LCD TV TOSHIBA 32PB1E MATOT/ MATI-TOTAL
Kerusakan:
LCD TV Toshiba jika kita coba hidupkan ? lampu indikator terlihat tidak menyala.

Model LCD TV Toshiba :




Perbaikan:
Kasus kerusakan Matot/ mati-total rangkaian awal yang harus kita periksa adalah power supply. Di LCD TV Toshiba ini menggunakan IC type STR W6052S, Untuk memastikan penyebab utamanya maka kita lakukan pengukuran dibeberapa titik, diantaranya :

1 Fuses/ Sikring—— hasilnya bagus/ tidak putus

2 Tegangan 300 volt dari Dioda ——- hasilnya bagus/ ada

3 Dioda bagian penyearah sekunder tegangan 15 volt serta 5 volt —— hasilnya bagus/ tidak ada yang shot

Tampila power supply LCD TV Toshiba :



Dari ketiga pengukuran yang kita lakukan , hanya IC STR W6052 yang belum kita periksa. Hasil pemeriksaan untuk IC STR W6052S kita dapatkan tegangan B-up untuk sistem control terukur ada yaitu 12 volt. Dan sesaat setelah kita hidupkan power supply terukur tegangan dibagian sekunder dengan besaran 2,5 volt di area tegangan yang seharusnya 15 volt. Jadi jelas sudah penyebabnya IC STR W6052S, segera kita lepaskan IC ini dan kita pasangkan IC STR W6052S yang baru.

Setelah proses pemasangan selesai kita coba hidupkan power supply-nya ? Hasilnya Alhamdulillah power supply sudah bisa hidup lagi dengan output 5 volt dan 15 volt. Langsung kita pasangkan kembali ke Panel dimana disana ada soket untuk lampu CCFL/ Neon. Sekarang kita coba hidupkan kembali power supply dan hasilnya alhamdulillah tampilan gambar sudah tampak kembali di layar LCD-nya.


7. Tv LCD Toshiba Regza Gagal Start
Kerusakan:
Toshiba Regza 26A3000E gagal start hanya nyala lampu BL sebentar dan berulang-ulang.

Perbaikan:
Pengecekan dimulai dari pengukuran tegangan, ternyata semua lengkap.
Coba lepas kabel tegangan ke Modul BL (backlight) tv bisa hidup hanya ada suara tidak ada gambar.
Coba pasang lagi kabel tadi lho kok bisa menyala normal. Cek tegangan BL 30V.

Masih penasaran coba di standby dan dihidupkan ternyata gagal start lagi, cek tegangan BL ternyata kurang dari 30v sepertinya drop saat mau menyalakan lampu BL.

Bongkar power supply BL ternyata menggunakan STR W6756 yang kebanyakan kerusakan sering lemah STR tersebut karena masih keluarganya W6754 dan W6753 yg sering dipakai di tv Sharp.
Untung STR banyak dijual di pasaran jadi mudah mencarinya.
Setelah penggantian STR tv pun sudah bisa menyala.



Blok Power Supply


Setelah penggantian STR W6756

Semoga bermanfaat....











sumber :

22 comments:

  1. Saya sangat suka dan terbantu sekali serta pingin punya modul pengeflashan, bisa bantu ya Trimakasih

    ReplyDelete
  2. Pak, saya ada Toshiba LED TV 19HV10E mati total.
    Led power mati semua mati.
    Saya cek bagian power supply/regulator normal, keluar 5v sama 12v.
    Trs saya bawa ke servis katanya IC anu_nya yg mati, saya lupa IC bagian apanya tapi yang jelas IC di bagian mainboard.
    Mohon balas ke email saya.
    Terimakasih
    Kira2 mati apanya ya Pak? Kalo beli komponen IC saja dimana ya? (bukan mainboardnya)

    ReplyDelete
  3. pak mau tanya, harga untuk satu modul panel itu sampai berapa, dan untuk belinya dimna??, TV saya 40 PS10E gambar separuh jernih separuh blank, itu knapa yaa?? trima kasih

    ReplyDelete
  4. saya punya TV LED TOSHIBA, kemarin bisa dihubungkan dg laptop saya dengan HDMI bisa muncul gambar dan suara, tapi sekarang tidak muncul gambarnya suaranyapun gak ada, padahal di laptop saya masih terdeteksi

    tolong bantuannya.........................

    ReplyDelete
  5. mas numpang nanya LCD saya TOSHIBA REGZA 32AV700E tidak ada gambar dan suara, mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Berapa harga main board TV Toshiba reqza 40PB10E ? Dan dimana saya dapat membelinya?

    ReplyDelete
  7. mas,saya punya problem, tv led toshiba 32p23000vj regulator rusak,ada dioda high speed in4007g,kondisi shot.sy ganti dgn jenis dioda high speed yg lain .tv bisa nyala tapi kendala kadang tv mati sendiri.lampu stand by mati.tapi dibiarin saja, nanti akan nyala lampu hijau, langsung nyala tuh tv, tanpa kita menekan remut.kira2 apanya yah?barang kaki ada yg pernah mengalami hal serupa.terima ksh

    ReplyDelete
  8. brapa harga ppanel tv toshiba 19 seperti di atas mohon info

    ReplyDelete
  9. Ada yang tau gak berapa harga ic display toShiba 32PS10E?
    Mohon infonya. Thanks...

    ReplyDelete
  10. tv saya toshiba 32PB200EJ tidak muncul gambar dan hanya berwarna biru, untuk mutar film lewat HDMI masih bisa, mohon solusinya, nuwun

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. mohon pencerahannya pak saya tidak sengaja nyolokin jack ke service use only terus tiba2 tv mati total dan gak mau hidup itu gimana ya pak

    ReplyDelete
  13. Saya Agus. Tolong dong mengapa tv led toshiba type 32PB200EJ kok gak keluar gambarnya

    ReplyDelete
  14. Saya Agus. Tolong dong mengapa tv led toshiba type 32PB200EJ kok gak keluar gambarnya

    ReplyDelete
  15. Saya punya tv sharp aquos.. saat dihidupkan tiba2 berubah hitam putih... ini adalah kejadian kedua kalinya.. sebelumnya pernah terjadi seperti ini dan bisa baik sendiri tanpa di s3rvice..setelah beberapa minggu.. sekarang kambuh lg 1mggu yll..
    apa yg harus sy lakukan pak.. mohon bantuannya... terima kasih...

    ReplyDelete
  16. Saya punya tv sharp aquos.. saat dihidupkan tiba2 berubah hitam putih... ini adalah kejadian kedua kalinya.. sebelumnya pernah terjadi seperti ini dan bisa baik sendiri tanpa di s3rvice..setelah beberapa minggu.. sekarang kambuh lg 1mggu yll..
    apa yg harus sy lakukan pak.. mohon bantuannya... terima kasih...

    ReplyDelete
  17. Mohon pencerahan saya kapok dikuras uang sama tukang servis..sya punya tv led toshoba yg 19 in..kendalanya tv mengeluarkan suara berdesis saat dinyalakan...mohon pencerahan kndalanya sbenarnya dimana soalnya tukang servis ribet udah ganti itu ini..baru seminggu udah kumat lagi.

    ReplyDelete
  18. Saya punya TV Toshiba Regza 24PB1E mengalami kerusakan tidak bs menangkap chanel jk di auto atau manual hanya gambar semut tdk ada suara noise terkadang jika gambar semutx ada suara noise berarti bisa dprogam chanelx tetapi tdk bisa bertahan lama,,kalau dpakai AV normal tdk ada masalah,,
    mohon bantuanx untuk kerusakan TV saya ini pak

    ReplyDelete
  19. Saya punya TV Toshiba Regza 24PB1E mengalami kerusakan tidak bs menangkap chanel jk di auto atau manual hanya gambar semut tdk ada suara noise terkadang jika gambar semutx ada suara noise berarti bisa dprogam chanelx tetapi tdk bisa bertahan lama,,kalau dpakai AV normal tdk ada masalah,,
    mohon bantuanx untuk kerusakan TV saya ini pak

    ReplyDelete
  20. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete