Friday, October 11, 2013

berbagai kerusakan tv lcd/led merk polytron


1. LCD TV Polytron PLM2230R Mati-total
      problem : lcd tv polytron plm2230r jika kita masukan aliran listrik terlihat tidak ada tanda-tanda kehidupan, ini kita lihat dengan tidak menyalanya lampu indikator.
Model LCD TV Polytron :
model lcd tv polytron plm2230r
      penyelesaian :
Untuk mengetahui penyebab kerusakan langsung kita buka LCD TV-nya dan pemeriksaan awal kita alamatkan dibagian PSU/ power supply unit. Komponen utama yang menjadi fokus kita adalah capasitor, sering terjadi masalah disini dan memang benar capasitor sudah dalam kondisi menggelembung. Tampilan PSU- bisa kita lihat pada gambar berikut :

Posisi capasitor tertutup oleh alumunium jadi untuk melakukan penggantian kita mesti lepaskan terlebih dahulu alumuniumnya, seperti ini tampilannya :


Capasitor bernilai 1000uf/25 volt dan setelah kita lakukan penggantian kini kita coba hidupkan LCD TV Polytron dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
2. POLYTRON LCD PLM32M11 PROTECT MODE
    problem : LCD POLYTRON MODEL PLM32M11 Masuk dengan keluhan jika di onkan , lampu standby berkedip kedip, terus mati stby .
Pada Awalnya tv ini mengalami kerusakan ,pada saat ada petir. tiba tiba tv mati sendiri ,Saya menduga kerusakan ada dibagian Main UNIT atau blok Utama ,
    penyelesaian : saya datang ke SS polytron menanyakan ketersediaan Main unit ,namun pihak SS tidak bisa melayani dengan alasan Unit LCD harus diserahkan/diservice oleh pihak SS ,
Saya merasa penasaran ,lantas saya coba mencari flash bios untuk model PLM32M11 .Kebetulan ada rekan teknisi yang mau meminjamkan main unit , dan membackup file bios MX32L320D (4MB) ,lalu saya program bios nya dengan file yang baru saya ambil dari unit yang bagus .
Setelah itu dicoba di hidupkan  dan ternyata LCD polytron menyala dengan normal tdk lagi masuk ke mode protect .
     Kesimpulan :seperti pada Umumnya DVD, yang sering mengalami kerusakan pada BIOS eeprom nya ,LCD pun mengalami hal yang sama ,mengalami ERROR difile BIOS nya ,


3. Tv LCD POLYTRON TYPE PLM 32M22 gambar tidak ada suara normal
Tv LCD POLYTRON TYPE PLM 32M22 dengan keruksakan gambar tidak ada suara normal tapi kalo diliat di tempat gelap gambar putih polos tapi kadang kadang normal juga.  kesimpulan saya langsung tertuju pada bagian T.Con kemudian melakukan pengukuran di dapat Fuse ok tapi pas di ukur antara fuse ke jalur pcbnya avo meter pun seolah enggan bergerak ini dia pikirku lirik lagi dengan pandangan mata tajam dan sedikit mempesona meliat sekitaran komponen T.Con dan di dapat banyak R solderanya tipis dan kehitam hitaman. Pekerjaan pertama resolder semua komponen tersebut yang terlihat kurang soswet di jalur itu setelah selesai baru hidupkan LCD dan di lakukan pengukuran di fause terdapat tegangan normal begitupun Vgh,Vgl dan kawan kawanya terlihat normal pas di lihat ke depan rupanya lcd sudah nyala dengan logo polytron terpampang jelas .. akhirnya dengan mengucap hamdalah pekerjaan kelar..


LCD Sudah OK


T.Con
Rangkaian Dalam LCD Polytron PLM 32M22

4. Tv LCD Polytron Raster Gelap, Suara Ada
Kerusakan :
LCD Polytron, dengan kerusakan raster gelap tidak ada gambar dan OSD.
 Kalau dipasang antena dan ditekan Vol-up suara normal

PEMERIKSAAN :
Kalau dihidupkan pada ruangan yang agak gelap, nampak layar menyala remang-remang. Hal ini menunjukkan kalau back-light menyala.
Cek dengan osiloskop sinyal-sinyal pada kabel LVDS dari pcb Blok Digital ke pcb T.con, terlihat adanya sinyal-sinyal gambar digital RGB yang masuk
Cek tegangan 5v pada LVDS kabel ke T.con, ternyata juga ada.
Maka analisa dan kesimpulan kami, problem kemungkinan pada pcb T.Con

SOLUSI :
Bongkar pcb T.con yang menempel pada bagian belakang-atas panel display
Kecurigaan pertama adalah ada fuse yang putus.
Cek secara visual untuk mencari lokasi fuse (dengan kaca pembesar)
Disitu kami menjumpai 2 buah fuse-chip, yaitu F1 dan F2 (lokasi dekat dengan konektor)
Cek dengan AVO-meter............ ternyata F1 putus.
Cek dengan AVO-meter untuk mengetahui apakah ada bagian yang short yang menyebabkan F1 putus..........ternyata tidak menunjukkan ada bagian yang short.
Karena fuse tidak ada dijual.........maka fuse kami ganti dengan sepotong kabel (satu lembar saja) dengan diameter yang lembut. Kabel kami peroleh dari bekas kabel head tape yang dapat auto-reverse

Dan hasilnya ketika dicoba hidupkan..........layar langsung menyala....dan gambarpun OK.


5. LCD POLYTRON PLM24M60 KEPANASAN LANGSUNG ERROR
Kerusakan:
LCD POLYTRON PLM24M60 awal dihidupkan terlihat normal, tetapi selang beberapa menit mulai timbul suara noise di speaker ( prek-prek ) dan tak lama kemudian kondisi layar monitor menjadi bergaris-garis.

Model LCD-nya :

model-polytron-plm24m60

Perbaikan:
Saya mulai dengan melepaskan casing penutup , setelah terbuka maka terlihat mainboard control LCD yang berada disisi kanan sedangkan disisi sebelah kiri terlihat mainboard PSU. Kondisi capasitor di area PSU terlihat normal, tidak ada yang melembung ( pecah bagian atasnya ). Untuk mempermudah pemeriksaan maka LCD POLYTRON ini saya hidupkan dan setelah beberapa menit kemudian saya lakukan pengukuran tegangan dengan multitester. Tegangan kerja mainboard ada beberapa varian yang saya utamakan tegangan 2,5 volt dan 3,3 volt , lokasi supply tegangan ini didapatkan dari IC regulator. Tegangan input untuk IC regulator adalah 5,6 volt , type IC yang digunakan adalah AZ1117B ( 2.5 | 3.3 ).

Hasil pengukuran tegangan positif IC regulator mengalami masalah, tegangan output dari IC ini menjadi tidak stabil ( beriak / denyut ) sehingga system kerja mainboard utama menjadi terganggu. Untuk perbaikannya saya lakukan penggantian IC AZ1117B dan untuk lokasi di mainboard bisa dilihat pada gambar berikut:

mainboard-polytron-plm24m60


Hasil akhirnya , Alhamdulillah semuanya berjalan lancar  ” LCD POLYTRON PLM24M60 sudah normal kembali.

6. LCD TV POLYTRON PLM3219 TIDAK MAU HIDUP
Kerusakan:
LCD TV POLYTRON PLM3219 saat kita coba hidupkan , terlihat tidak ada tanda-tanda kehidupan” lampu indikator tampak tidak menyala.

Model LCD TV POLYTRON :

model-lcd-polytron-plm-3219



Perbaikan:
Untuk memulai perbaikan maka bagian awal yang mesti kita periksa rangkaian PSU ( Power supply unit ),, area filter menjadi acuan utama yaitu komponen Capasitor”  sayangnya semua capasitor masih kondisi bagus, tidak tampak perubahan fisik. Memang tidak selalu perubahan fisik menjadi tanda kerusakan capasitor, terkadang dengan fisik baik bisa saja capasitor itu telah rusak . Ketelitian sangat diperlukan untuk yang satu ini, untuk mempermudah kita mesti gunakan alat bantu ? ESR ( Equivalent Series Resistance ) namanya. Kita lanjutkan pemeriksaan , kali ini aliran listrik kita masukkan dan kita lakukan pengukuran di area primer PSU.

Tampilan PSU-nya :

PSU-LCD-POLYTRON-PLM3219

Hasil yang kita dapatkan saat pertama kali aliran listrik masuk , output sekunder PSU sempat terukur tegangan 10 volt dan tak lama langsung drop secara perlahan ( seharusnya tegangan di jalur ini adalah 5 volt ) . Dan di area primer kita ukur tegangan berdenyut ( turun-naik ) , lokasinya persis di B-up  IC Switching. Setelah kita ukur ternyata capasitor filter dengan nilai 22uf/50 volt yang menjadi penyebab utama kerusakan. Setelah kita ganti dengan nilai 47uf/50 volt , hasilnya Alhamdulillah sistem PSU sudah kembali normal. Kita masukkan PSU ke Sasis dan kita hubungkan semua soket yang ada dan kita masukkan aliran listrik, tekan tombol power via remote ? LCD POLYTRON PLM3219 sudah kembali nomal.

Posisi capasitor 22uf/50 volt di PCB :

psu-lcd-polytron-plm3219-sw


7. LED TV POLYTRON PLD24D301 NO SOUND
Kerusakan:
LED  Tv Polytron jika kita hidupkan tampilan gambar dilayar tampak baik-baik saja ( normal ) , yang menjadi masalah adalah saat kita besarkan volume ? suara di media speaker sama sekali tidak terdengar.

Model LED Tv Polytron :

model-led-tv-polytron



Perbaikan:
Pemeriksaan awal selalu kita mulai dengan mengukur tegangan supply karena masalah ada dibagian audio maka kita lakukan hanya dibagian audio saja. Tegangan supply ternyata ada/ tersedia yaitu 12 volt , tapi kenapa amplifier seperti tidak bekerja ? tahap lanjutan kita ukur tegangan untuk kanal output speaker dan hasilnya tegangan juga ada dibagian ini, untuk line out disini terpasang 2 buah capasitor.

Tampilan area penguat amplifier LED tv Polytron :

blok-audioa-led-tv-polytron
Hasil setelah kita lakukan pembacaan diagram barulah kita ketahui telah terjadi proses mute, dengan kejadian ini sudah pasti suara tidak dapat kita dengar. Solusi kali ini yang kita gunakan adalah dengan melepaskan sistem mute-nya saja, caranya dengan melepaskan 1 buah transistor model smd ( kecil ), posisi transistor bisa kita lihat pada gambar berikut :

blok-audio-led-tv-polytron-

Setelah kita lepaskan transistor tersebut maka sistem mute menjadi off, kini LED tv Polytron sudah bersuara kembali. Alhamdulillah permasalahan kali ini bisa terselesaikan, tambah lagi ilmu baru terima kasih YA ALLAH.


8. Tv LED Polytron PLD29D700 Backlight Mati
Kerusakan:
Kedatangan LED polytron PLD29D700 dengan kerusakan fet gosong berikut ic OB 3350 cp. ganti fet dan ICnya test clink kisaran beberapa menit kemudian fet panas diikuti backlight mati, kemudian standby kontrol panel tidak berfungsi.


Perbaikan:
amati secara seksama lalu vonis lilitan untuk membangkitkan teg blacklight KO. lilit ulang dan jreng.. thanks good!! 

NB : jumlah lilitan 47 lilit









9. Tv Polytron LED PLD32D700 gagal start
Kerusakan:
Polytron LED PLD32D700 gagal start,


Perbaikan:
setelah melakukan perburuan dengan ditemani secangkir kopi hitam didapati tegangan 1,6v drof dan ditemukan si biang kerok sekaligus tersangka tunggal lv 177... vonis dan jreng!!!





10. TV LED Polytron PLD29D700 Gambar Terbalik
Kerusakan:
Berawal dari sbuah kiriman mobo polytron PLD29D700 dari mbak yuk mulailah pemasangan mobo pada panel pas di pasang hidup gambar blank putih rupanya switch jumper masih di 5v pindahin ke 12v layar pun hidup dng posisi gambar terbalik opo iki pikirku... 



Perbaikan:
buka factory seting akhirnya clink dan kelar...







11. Tv LCD Polytron PLM32M55 Kadang Gambar Flek
Kerusakan:
Polytron LCD PLM32M55 pertama hidup normal, stelah beberapa menit kemudian gambar flek dan kadang kembali normal begitu seterusnya berulang


Perbaikan:
asumsi pertama konektor lvds kotor tapi terbantahkan stelah melakukan reboisasi kondensator di psu walaupun secara kasat mata elko mulus.. *ganti elco dan clink...












12. Tv LED POLYTRON PLD 32D552 ADA SUARA TIDAK ADA GAMBAR
Kerusakan:
Setelah dihidupkan suara tidak ada atau pertama dihidupkan muncul tampilan polytron kemudian gambar hilang hilangnya gambar tidak diikuti suara. Suara tetep normal. kerusakan seperti ini sering diakibatkan lampu led putus






13. Tv LCD Polytron 24" Kembali Standby
Kerusakan awal LCD dihidupkan Nyala sebentar terus kembali stand by...setelah melakukan pengecekan rupanya ic IC SMD ME 4542 KO ganti dan clink..



















sumber :

18 comments:

  1. mohon pencerahan gan,,polytron PLM 24M32 dihidupkan kadang cuma logo dan kurang terang,kalo hiduppun buram

    ReplyDelete
  2. Maw nanya .klow lcd poltron exel multimedia remot gak bisa tp ketika di pencet remotnyanya ir sensor bergerak tp gak bisa respect pd tvnya.untuk panel di tv nya normal.kira2 apanya???salam kenal dr service BANYUWANGI

    ReplyDelete
  3. Bro... kalo tv lcd polytron tower. Power indikator nggak nyala. Tapi ada suara kretek" itu gimana solusinya Bro?

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi mas. TV Polytron LCD PLM 32 M11W saya gambarnya goyang. Bagaimana solusinya ya mas?

    ReplyDelete
  5. malam mas ...
    saya mau nanya nih ,,
    TV Polytron LCD PLM 32M11 saya bergaris-garis putih kadang putih smua terkadang normal ,,,
    penyebabnya kira-kira apa ya mas ?
    mohon bantuannya mas ...

    ReplyDelete
  6. Mas mau tanya kalau polytron led lampu backlith hidup tapi gambar tak tampil dan suara gak ada.mohon pecerahannya?

    ReplyDelete
  7. Mas mau nanya punya lampu led backlis ples kabelnya buat politron led 32"terbakar soket

    ReplyDelete
  8. Mas mau nanya punya lampu led backlis buat politron 32" kerusakan soket ples kabel terbakar.sy membutuhkan.email stzuriah@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. Mas mau nanya punya lampu led backlis buat politron 32" kerusakan soket ples kabel terbakar.sy membutuhkan.email stzuriah@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. salam kenal boss ,tv saya politron pld24d900 pertama bisa on setelah di matikan power remot di on lagi ga bisa .penyebab kerusakan apa yaamohon saran trims
    bisa minta alamat e mail

    ReplyDelete
  11. Gan mau tanya sya ad tv polytron led PLD39D700 dihidupin sebentar lsng gak ada gambar dan apabila dimstikan dan dihidupkan ada gambar lgi dan gak ada gambar lagi ..mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  12. Gan mau tanya sya ad tv polytron led PLD39D700 dihidupin sebentar lsng gak ada gambar dan apabila dimstikan dan dihidupkan ada gambar lgi dan gak ada gambar lagi ..mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  13. gan,, kl tipe PLD24T800W nggak bisa pakai remot,pdhl remot masii ok,, cuman bisa manual,, kira"apanya ya. matur nuwun

    ReplyDelete
  14. Gan mau tanya.. tv led polytro PLD32T700 ada suara nggak ada gambar.. setelah di cek backlightnya ternyata memang ada yang putus, lalu saya ganti semua 3 reneteng. Namun tetep saja begitu di nyalakan cuma muncul logo kemudian mati lagi... Setelah di cek lampu tidak ada yang putus.. mohon solusinya ya Gan..

    ReplyDelete
  15. polytron pld32v700 source tidak ada tombol usb gimana cara mengatasinya gan.........

    ReplyDelete
  16. mas tv polytron type ;PLD 32D900WARNANYA UNGGU GMNA CARA MENGTSINYA

    ReplyDelete
  17. TV polytron plm24m32 gak ada osd lamp LCD ok suara ok solusi gan

    ReplyDelete
  18. TV polytron plm24m32 gak ada osd lamp LCD ok suara ok solusi gan

    ReplyDelete