Friday, October 4, 2013

berbagai kerusakan tv LCD/LED merk LG


  1.LCD LG 42"  model 42LC4R suara krotok-krotok dan lama-lama jadi ngosos saja
    problem : Suara ada gangguan krotok-krotok dan lama-lama hilang tinggal suara ngosos
    ANALISA :
  • Buka service-manual – untuk melihat blok-diagram. Dengan bantuan blok diagram seperti gambar dibawah kita akan lebih mudah dalam menganalisa dan mengevaluasi sumber masalah sehingga jangan sampai salah diagnose, karena kerusakan dapat terjadi pada Audio-amplifier, Audio switch, Audio proses atau Tuner.
  • Coba cek suara lewat AV-in dengan DVD Player – hasilnya suara  tetap ada krotok-krotok
  • Coba cek suara dari jack Audio Monitor-out (MNT OUT)– masukkan sinyal dari monitor-out ke amplifier – hasilnya juga tetap ada krotok-krotok.
  • Cek keluaran suara mono  dari Tuner pin-15 – suara tidak ada masalah
  • Dari percobaan-percobaan diatas, maka kesimpulannya problem ada pada IC VCT-PRO, bukan pada Audio amplifier, karena cek suara dari MNT-Out juga problem
     SOLUSI :
Kerusakan seperti ini seharusnya dapat diselesaikan dengan penggantian satu blok modul digital. Tetapi ketika ditanyakan ke SC part sudah tidak tersedia lagi. Achirnya dengan kesepakatan bersama konsumen bagian audio kami modifikasi agar LCD tetap dapat dinikmati.


Caranya adalah sebagai berikut :

  • Suara teve kami ambil langsung dari TUNER pin-15 . Jadi suara nantinya akan jadi mono dan tanpa bass-trebel
  • Audio-amplifier kami buatkan sendiri dengan kit-audio amplifier. Sebab amplifier yang asli (TDA3107D2) adalah merupakan amplifier khusus klas D (PWM amplifier)
  • Untuk pengatur volume suara - kami pasang sebuah VR manual (50k) antara TUNER dengan Audio amplifier.
     Catatan :
Kalau dilihat dari skematik bagian Tuner LCD, akan terlihat ada 3 macam output.
  1. Video-out (gambar) dari pin-13
  2. Audio-out (mono) dari pin-15
  3. Sound IF-out dari pin-16. Sinyal ini nantinya akan diproses menjadi suara stereo-NICAM oleh IC VCT-PRO.














2. LCD LG model 32LG30 tegangan kontrol Power-on goyang-goyang

Menggunakan 2 buah board, yaitu (1) Board Power-suply/Inverter dan (2) Board-Digital
    Problem : stand by – ketika tombol power dihidupkan indikator langsung mati pesawat tidak mau hidup
    PEMERIKSAAN :
  • Menghadapi kasus ini, hal yang pertama kali kami lakukan adalah mempelajari fungsi pin-pin konektor antara Power-supply dengan Digital- board, karena disini umumnya sudah tertera keterangan nama-nama fungsi setiap pin. 
  • Cek tegangan 5v Stand-by - normal.
  • Cek tegangan Power-ON dari digital-board – ternyata tegangan goyang-goyang naik-turun.
  • Coba cut kabel kontrol Power-ON  . Ukur tegangan pada kabel yang berasal dari Board-Digital……lho kok tegangan tidak naik-turun lagi, stabil pada 3v
  • Coba triger pin Power-On pada board Power-suply/Inverter dengan cara memasang sebuah Resistor 560 ohm antara supply 5v dengan pin-Power-On…………..lampu back light langsung dapat nyala normal
     SOLUSI :
  • Sulit menganalisa kenapa jika kabel Power-On disambung tegangan bisa jadi goyang-goyang naik-turun
  • Coba otak-atik - maka solusi achirnya kami pasang tambahan sebuah Resistor 5.6K antara pin 5v St-by dengan pin Power-On, dan kabel kontrol Power–on kami sambung kembali.
  • Dan pesawat dapat dikontrol hidup-mati pakai remote dengan normal.







3. LCD TV LG 32LK331 Mati Total

    problem : mati-total , sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan.
    perbaikan : Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan segera kita buka LCD TV-nya, ternyata sudah tidak komplit isinya. Rangkaian PSU/ power supply unit sudah tidak ada, pantas saja jadi mati-total, dan untuk memperbaiki ini tentunya mesti beli 1 modul. Ada sedikit kesukaran mengingat kita tidak mempunyai contoh PSU jadi kita coba browsing via Google dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Untuk contoh PSU memang kita sudah dapat yang mesti kita ketahui adalah besarnya PSU apakah nantinya sesuai dengan posisi di rangka saat kita pasangkan. Untuk yang satu ini caranya hanya dengan mengukur panjang dan lebar posisi baut, kita menggunakan media timah solder biar simpel. Harga PSU dalam kisaran 400-450 ribu, dan poin utamanya adalah menyamakan output dari PSU dengan kebutuhan Logicboard.
Untuk type Logicboard yang digunakan membutuhkan supply tegangan 3,5 volt dan 24 volt jadi ini harus sama jangan sampai salah, akan sangat fatal bila itu sampai terjadi. LCD TV LG ini memang sudah dari bengkel servis jadi agak sedikit cemas apakah akan berjalan lancar bila kita pasangkan PSU baru. Alhamdulillah setelah kita pasangkan PSU baru semuanya berfungsi dengan baik, tidak ada  masalah baru.
     kesimpulan : Untuk kasus seperti ini mungkin tidak susah karena tinggal beli 1 modul, hanya sedikit pengetahuan yang mesti kita ketahui yaitu pastikan tegangan output PSU sesuai dengan kebutuhan Logicboard, di papan PCB bisa dengan jelas kita lihat poin-poinnya.








4. LG LCD TV FLATRON M2341A / M2241A MATI STANDBY

    problem : mati standby yang apabila di hidupkan maka beberapa detik kembali ke standby lagi.
    perbaikan : Dengan menanggapi gejala kerusakan tersebut saya memprediksi kerusakan pada bagian power supply segera saya buka tutup bagian belakang tv, semua komponen saya cek terutama pada bagian power supply dan ada dua tegangan yaitu 12v dan 5v di mainboard / pcb power supply.
 Setelah cek dengan avo meter sekala di 50 vdc dan saya amati ternyaa4 pada waktu tv mulai on tegangan tersebut perlahan turun dari 12 volt, ini menunjukan bahwa tegangan tersebut drop dan power supply tidak mampu menyupply dengan baik kebutuhan tegangan yang semestinya dibutuhkan oleh mainbord tv.
 Jelas saja apabila mainboard / pcb tv kurang mendapatkan supply tegangan yang cukup maka tv tersebut akan kembali standby dikarenakan melemahnya tegangan pada power supply dan di bawah ini gambar dari blok area power supply LG LCD TV FLATRON M2341A


 Kemudian saya cek penyebab dari melemahnya tegangan power supply tersebut dengan meneliti secara cermat komponen-komponen yang ada pada power supply dan di sini saya dapati 4 buah elco power supply tegangan 12v dan 5v dengan keadaan rusak serta menggelembung dan inilah yang menyebabkan melemahnya system kinerja dari power supply di bawah ini 4 buah elco yang saya ganti.




 Begitu selesai saya ganti elco tersebut LG LCD TV FLATRON M2341A garapan saya kembali hidup normal.

      kesimpulan : ada 4 elco di bagian pwr supply yg harus diganti








5. KERUSAKAN LCD LG 42" 42CS560 gambar tidak mau tampil

    problem : keluar suara, gambar tidak mau tampil, pindah chanel volume besar kecil normal semua..
    penyebab : data di memory lc24h32 teganganya tidak imbang di clock sama sata tidak sama, selisih 1,1 volt sehingga menyebabakan gagal booting gambar terutama umpan di ic programnya..
    solusi : setelah di ganti ic memori lc24X265 ext tcon samsung..tiba2 mak jreeng lcd normal kembali..sempat terjadi nyala lama karena proses booting ic...
    kesimpulan : kerusakan terletak pada ic memory.






6. LG LCD 42" kadang hidup kadang mati

    Problem kerusakan : Setelah power remote posisi dihidupkan, kadang kala baik gambar maupun suara normal .Tetapi setelah kurang lebih 5 menit gambar dan suara mati , sedangkan lampu power indikator led hanya kedap kedip. kalau gambar dan suara sudah mati , power LCD sulit untuk dihidupkan .
    Perbaikan :
a.Langkah Pertama buka tutup kabinet belakang :
 Melihat komponen didalam ada 3 modul yang tidak ada kotoran sama sekali, ini menunjukkan bahwa keadaan LCD masih baru .
b.Langkah kedua pengukuran pada rangkaian Inverter power suplay :
 Ternyata dari steker ac masuk langsung menuju power suplay, tanpa melalui switch power . Power LCD hanya dikendalikan oleh remote kontrol . Sedangkan pengukuran pada salah satu tegangan yang agak meragukan adalah tegangan yang menyuplay ke modul receiver tuner, eprom ,ic kontrol mengalami penurunan tegangan yang seharusnya ada tegangan sebesar 16,5 volt tegangan menurun menjadi 11,5 volt .
c.Langkah pergantian spare part mulai dari :
 Resistor yang molor nilainya ,elko sampai pada transistor tidak menghasilkan perubahan signifikan ,ada perubahan hanya bisa hidup 1 hari saja setelah itu penyakitnya stroke kambuh lagi, kadang hidup kadang mati .tegangan 16,5 volt dikendalikan oleh ic mikro dibalik pcb sebagai pengolah frekuensi tegangan inverter, sedangkan kalaupun mau mengganti ic inipun tidak terjual umum , harus 1 modul.
d.Langkah akhir :
 Terpaksa membeli spare part 1 modul power suplay LCD tersebut , dan pesan di dealer LG hampir kurang lebih 2 minggu barang baru datang .Setelah modul power suplay terpasang sekarang waktunya untuk mencoba menghidupkan ,Ternyata benar tegangan 16,5 volt normal dan LCD pun hidup dengan sempurna , baik gambar maupun suara sudah normal .Setelah dites selama 2 hari tidak ada kendala , keadaan semua menyala dengan normal maka LCD sudah layak untuk diserahkan pada yang empunya.
      kesimpulan : harus mengganti 1 modul power supply LCD





7. LG MONITOR TV LCD M2241A MATI standby




      problem : mati stby ,lampu led indikator kedap kedip .Saya menduga kerusakan awal ada yang short di bagian 12 volt atau di 5 volt nya .

      perbaikan : setelah dibuka ternyata IC untuk menghidupkan trafo neon pecah .
 lalu saya ganti IC  dengan yang baru APM4550 ,dicoba dihidupkan , TV langsung nyala ,namun dalam waktu 3 menit IC nya hangus lagi terbakar .setelah di cek dan analisa saya curiga panel rusak ,lalu saya bongkar panelnya dan ternyata neon LCD di panel gosong atau terbakar ,
lalu saya bongkar panel LCD dan dilakukan penggantian ,kebetulan stok neon 24 inchi masih banyak,
setelah diganti TV lcd sembuh dan normal lagi
      kesimpulan : yang rusak adalah neon LCD yang ada di panel






8. Tv LCD 32" standby

    problem : standby tidak  mau on
    SOLUSI :
  • Coba di power lewat tombol panel maupun remote tidak mempan semuanya
  • …………….“Wah…….pasti modul digitalnya yang problem !”……”pasti sulit nih…”
  • Berpikir sejenak, pikir-pikir dulu langkah apa yang akan dilakukan
  • Coba lepas konektor kabel board tombol-tombol panel, …………………kemudian hidupkan dengan remote…………dan….. “pet” lampu indikator stand-by langsung padam…….dan sebentar kemudian byaaaar…..layar langsung nyala dengan noise.
  • Pasang antena dan cek gambar maupun suara…semuanya OK.
  • Langsung periksa board tombol-tombol panel….diketemukan tombol untuk “POWER” short……..
  • Wah…wah….wah kok jadi hanya enak begini……tidak jadi berpikir keras.
      kesimpulan : penyebab kerusakan hanya dikarenakan tombol power short




9. LED TV LG problem


      problem : Dengan kerusakan sulit untuk dinyalakan,setelah nyala unit stanby sendiri dengan interval yang tidak tentu.

      perbaikan: Analisa sementara kami ,kerusakan ada dibagian Power supply unit,karena memang dilihat dari fisiknya,banyak kapasitor yang sudah menggelembung.

setelah diganti semua yang dicurigai dan dipasang kembali,kemudian kita coba.

Unit Tv dapat menyala dengan sempurna,namun timbul masalah yang kedua.Setelah beberapa menit dicoba, ternyata tv kembali ke posisi stanby,sampai diulang untuk dicoba start kembali ternyata hasilnya sama.

Setelah di analisa secara teliti ternyata kerusakan ada dibagian regulator power supply mainboard.

kerusakannya ada dibagian kapasitor mainboard yang sudah berkurang kapasitasnya,walaupun secara fisik,bentuknya tidak berubah. 



Kamipun segera berinisiatif segera mengganti kapasitor tersebut.

Setelah diganti dan dicoba lagi unit pun dapat kembali menyala.Dan setelah di test selama beberapa jam ternyata unit dapat bekerja dengan normal tanpa ada problem lagi.
       kesimpulan: dlm kasus ini ternyata yg bermasalah yaitu ada nilai kapasitor di bagian regulator power supply mainboard yg berubah(mengecil)




10. LCD LG 32LK313 gambar lama-lama cacat


KASUS :
  • LCD LG 32LK-313
  • Setelah dihidupkan setengah jam gambar cacat garis-garis horisontal seperti printer tinta mau habis.
  • Remote dan tombol panel jadi tidak berfungsi.
  • Kemudian jika tv dimatikan, maka pesawat tidak mau dihidupkan lagi (led indikator tidak nyala sama sekali)
  • Ditunggu sekitar setengah jam….pesawat bisa hidup lagi….dengan problem yang sama.

PEMERIKSAAN AWAL :
  • Saat gambar problem - cek tegangan-tegangan pada semua regulator pada main-board normal.
ANALISA:
  • Kami perkirakan kerusakan pada BGA RAM memori atau Chipset pada main-board yang masalah.
Minta ide ke rekan2 yang sudah pengalaman, kemungkinan lain adalah :
  • Elko filter supply Vcc pada RAM memori kering.
  • Komponen resistor ladder chip antara Ram memori dan Chipset ada yang kurang kontak
  • Cek tegangan Vref RAM memori.
image

 imageR ladder chip

SOLUSI :
  • Coba reball (solder ulang dengan blower) BGA RAM memori dengan setting blower 3000C, angin angka 5 dengan waktu hitungan pelan-pelan sampai angka 10……..hasil ny tv bisa bertahan sampai satu jam lebih
  • Ulangi reball dengan setting dinaikkan menjadi 3500C dengan hitungan sampai angka 15…….hasilnya tv sudah dirunning selama 2 hari no problem.







11. Panel LC320DXE gambar ada gangguan garis-garis vertikal



KASUS :
  • LG menggunakan panel LC320DXE, T-con ada dibawah........katanya tuser yang kirim kerjaan “ngeblok vertikal” kayak HV10E……...
  • Tak pikir pasti gampang seperti HV10E....................langsung bongkar tanpa coba cek  problemnya dulu........ternyata bukan seperti problem HV10E.......
  • Kalau pd HV10E bagian yg ngeblok vertikal kan "tdk kelihatan gambarnya" sama sekali ....lha disini ternyata "masih kelihatan ada gambarnya komplit"....tapi ada gangguan banyak garis2 vertikal tdk beraturan yang menutupinya ( kaya ada tirainya....) sehingga gambar jadi agak kabur dan warna tdk cling…..
clip_image002
clip_image004
Kira-kira seperti inilah problemnya, tapi lebih parah
(gambar bukan berasal dari pesawat yang rusak)

SOLUSI :
  • Setelah periksa seputaran T-con dan panel – diketemukan konektor antara kabel flatwire 50-pin (…..ini namanya kabel RSDS) dengan pcb strip panel korosi hitam-hitam.
  • Setelah dilakukan pembersihan…..dan diperiksa….diketemukan ada 3 jalur yang putus………Kalau dibaca dari board T-con – jalur yang putus tersebut adalah CLK3, CLK4, dan CLK6.
  • Cari part pengganti rasanya sulit……..
  • Setelah beberapa hari memikirkan dan ber-eksperiment tentang “teknik” cara menyambung jalur putus lembut yang tersebut (………Alhamdullillah……maklum mata ini hanya dengan Izin dan ke-Besaran Allah sudah dipakai selama 65 tahun tapi masih cukup baik )…
  • Hari ini 3 jalur sukses dapat disambung…..dengan membutuhkan waktu hampir 2 jam lebih.
  • Pesawat siap dicoba…….cek dulu untuk memastikan tidak ada yang short…….dan dengan jantung berdebar coba hidupkan…….dan Alhamdullillah………gambar langsung cling…..


Catatan :

  • Untuk pekerjaan seperti ini – rasanya lain kali sudah “sangat perlu” untuk memiliki kaca pembesar handsfree alias tidak perlu dipegangi,……..agar kedua tangan bisa bebas bekerja. Paling tidak kaca pembesar harus mempunyai factor pembesaran 3 sampai 5 kali.
  • Sedang untuk penerangan lebih baik menggunakan lampu duduk led, agar tidak panas (…ora bikin sumuk….).



12. Cara Service LCD TV LG 20LC1R



TROUBLESHOOTING

1. Tidak ada daya (indikator LED off)

- Periksa singkat utama B / D atau Ubah Lips Ubah U406 Ubah LED Assy Periksa 15V atau 5V dari Lips Periksa Output U406 Periksa LED Assy Periksa J103, J125, J126 (Gagal) Periksa Connector Output Dan Cek Q402 Q402.



2. Tidak Ada Raster

- Periksa Status LED pada layar Periksa unit input / Output Periksa U301 U401 ~ U405, U407, U409 Periksa Konektor atau inverter inverter Periksa kabel input sumber dan Ulangi jack (Gagal) Cek ~ U401 U405, (Gagal) U407, U409 U301 (Gagal)Ubah inverter inverter (Gagal) konektor atau panel (Gagal) Periksa kabel atau modul link panel kabel atau modul.



3. Tidak raster pada Sinyal AV (SCART, CVBS, S-VHS)

Tidak raster di TV (RF) sinyal

Cek L108, L109, L110, L112, R194, R198, R184

Periksa sinyal L108, L109, L110, L112 R194, R198, R184

Periksa output TU701 Periksa input / output dari U301 Periksa input / output dari U101 Periksa kabel source input dan jack Re-menyolder atau Ubah bagian cacat X301 (Gagal) Periksa Re-solder atau Ubah bagian cacat, Periksa 5V , 33V dari TU701.

4. Tidak ada suara
Periksa kabel speaker source input Ubah Periksa sumber masukan (Gagal) Re-solder atau Ubah bagian cacat Periksa X301 Periksa input / output dari U301 (Gagal) Pass Re-Solder atau Periksa bagian input / output dari U201.


13. LCD LG M2241AN MATI -TOTAL
Kerusakan:
LCD LG ini kalau saya masukan aliran listrik dan saya tekan tombol power dipanel , tidak ada gambar yang bisa ditampilkan apalagi suaranya.

Modelnya :

model-lcd-LG

Perbaikan:
Awal pemeriksaan saya mulai dengan memasukan aliran listrik dan saya lakukan pengukuran tegangan out PSU , ini setelah saya lepaskan terlebih dahulu casing penutup area belakang LCD-nya. Tegangan output terukur berdenyut ( tidak stabil ) hanya 1,2 volt bergelombang dan kalau saya lepaskan jalur beban tegangan berangsur naik perlahan mendekati nilai 3 volt. Perkiraan awal berada di jalur filter B-up starting PSU area primer disini ada capasitor bernilai 33uf/25 volt dan setelah saya lakukan penggantian hasilnya tetap sama saja. Nilai capasitor pengganti saya gunakan nilai 47uf/50 volt, tampilan PSU-nya :

power-supply-lcd-LG

Saya mulai mengukur komponen penyearah area inverter dan sistem control , dan disini saya temukan hasilnya ? dioda untuk sistem control kondisinya baik dan untuk sistem supply inverter terjadi konsleting. Saya lepaskan jalur beban yang terhubung dengan melepaskan IC P605 setelahnya sistem supply area inverter terukur normal ( tidak konsleting ). Jadi permasalahannya ada di IC P605 , untuk menyelesaikan saya coba cari informasi via search engine Google. Ini sangat diperlukan untuk mengetahui type komponen apa yang ada didalam IC P605, akhirnya saya dapatkan walaupun hanya tampilan depan saja yang bisa dilihat datasheet-nya, seperti ini gambarnya :

datasheet-ic-p605
datasheet P605


Tampilan IC P605 :

ic-p605

Didalam IC P605 hanya terpasang 2 transistor type Fet dengan dua model ( N-channel dan P-channel ) dan sangat jelas kalau saya lihat susunan pinout via gambar diatas , untuk melengkapi saya carikan diagram lain untuk mengetahui pinout transistor N-channel , seperti ini tampilannya :

diagram-fet-type-N

Secara keseluruhan setelah saya pasangkan transistor tersebut di PCB PSU unit area inverter , urutannya :

N-channel ⇔ pin IC P605

pin 1 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur ground di PCB );
pin 2 ic p605 untuk kaki transitor gate ( jalur triger via ic control );
pin 7 dan 8 ic p605 untuk kaki transitor drain ( jalur out ke trafo );

P-channel ⇔ pin ic p605

pin 3 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur B+ 12 volt dari power supply );
pin 4 ic p605 untuk kaki transistor gate ( jalur triger via ic control );
pin 5 dan 6 ic p605 untuk kaki transistor drain ( jalur out ke trafo )
Tampilan gambar setelah terpasang :

inverter-area

Setelah transistor ini terpasang saya lakukan ujicoba , saya masukan aliran listriknya ? hasilnya LCD LG ini sudah bisa hidup, tampilan dilayar sudah terlihat. Masih tersisa masalah rupanya, saat saya arahkan fungsi via control panel, yang terlihat hanya OSD ( fungsi ini saat ini tidak tersedia ) dengan kondisi tampilan juga ikut terganggu ( distorsi ). Saya coba ukur lagi tegangan yang ada di mainboard dan yang saya cari area tegangan 1,2 volt karena saya akan gantikan capasitor filternya.

Nilai yang digunakan adalah 10uf/16 volt , dan yang saya gantikan dengan nilai 100uf/16 volt , tampilan gambarnya :

mainboard-lcd-LG

Inilah hasil akhirnya setelah proses panjang yang harus lakukan, Alhamdulillah semuanya sudah normal kembali

lcd-lg

Inilah sedikit cerita servis yang saya lakukan, semoga bisa bermanfaat……. amiinnn


14. LCD 32LG60UR HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY
Kerusakan:
LCD LG ini mengalami kerusakan saat awal saya masukan aliran listrik , power supply terlihat sudah bekerja dengan hidupnya lampu indikator, tak lama kemudian ada suara intro dan tak lama kemudian kembali ke posisi standby.

Modelnya  :

DSC_0019[1]

Perbaikan:
Langkah awal dimulai dengan membuka terlebih dahalu casing penutup , setelah terbuka barulah terlihat beberapa mainbaord. Rangkaian PSU ( power supply unit ) menjadi lokasi pertama untuk saya lakukan pengukuran, berapa volt outputnya dan hasilnya adalah normal yaitu 5 volt. tampilan PSU-nya :

DSC_0018[1]

Secara default jika power supply tidak stabil bisa dilihat dari capasitor filter yang badannya ( berubah fisik ,pecah bagian atasnya ) . Disini saya tidak melihat adanya capasitor yang rusak maka tahap selanjutnya saya lakukan pengukuran di area mainboard  utama untuk sistem penerimaan dan sistem video out ke panel LCD . Tegangan out PSU 5 volt yang masuk ke mainboard ini saya urutkan kemana saja alurnya. tegangan 5 volt diturunkan menjadi 2 out yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt .

Tegangan out 1,2 volt yang masuk ke IC CHIPSET terjadi gangguan saat sistem mulai bekrja, terlihat saat saya ukur sedikit berdenyut . Dari hasil ini saya menyimpulkan capasitor filter tegangan 1,2 volt tidak bekerja dengan baik, tampilan mainbaord dengan capasitor yang rusak :


DSC_0016[1]

Tampilan mainboard setelah penggantian capasitor :

DSC_0017[1]

Hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal , tampilan gambar serta suara bekerja dengan baik tinggal setahap lagi yang harus dikerjakan… ngerapiin….

15. LCD TV LG 32LK450 HIDUP-MATI SENDIRI
Kerusakan:
LCD TV LG 32LK450 jika kita hidupkan pertama kita lihat normal ( ada gambar serta suara ) , tapi tidak lama kemudian mulai terjadi permasalahan yaitu tv mulai hidup lalu mati lalu hidup lagi ” begitu seterusnya.

Model LCD TV LG :

model-lcd-tv-lg-32lk450



Perbaikan:
Permulaan pemeriksaan kita lakukan di area PSU ( power supply unit ) , seperti biasa kita lihat saja dulu apakah ada Capasitor/ ELCO yang melendung ( kembung ) dan ternyata semua Capasitor baik-baik saja. Untuk tahap lanjutan kita coba masukkan aliran listrik dan kita lakukan pengukuran , tegangan untuk sistem logic sampai dengan tegangan untuk sistem backlight. PSU ( power supply unit ) untuk area logic terukur normal dan untuk area backlight terlihat ada kejanggalan, tegangan saat awal normal yaitu 24 volt dan 12 volt lalu tak lama kemudian mulai terjadi drop lalu full lagi. Tampilan PSU LCD TV LG 32LK450 :
PSU-LCD-TV-LG-32LK450

IC-L6599AD-DRIVER-PSU-LCD-T

Setelah selesai maka kita vonis IC L6599AD sebagai penyebab kerusakan, ic ini sebagai driver control untuk sistem PSU area backlight dan audio. Sayangnya perlu waktu untuk mendapatkan ic ini , ditempat kita tidak ada maka kita pesan diluar. Setelah sampai kurang lebih 2 minggu maka langsung kita pasangkan dan hasilnya alhamdulillah PSU untuk tegangan 24 volt dan 12 volt sudah normal kembali, LCD TV LG 32LK450 telah sembuh penyakitnya .


16. LCD TV LG 32LH20R LAYAR GELAP
Kerusakan:
LCD LG 32LH20R jika kita hidupkan hanya terdengar suaranya saja, saat awal sempat kita lihat lampu backlight menyala tapi hanya kedip saja .

Model LCD tv LG :

model-lcd-lg32lh20r



Perbaikan:
Servisan kita kali ini kita dapatkan atas informasi bapak edoy , barangnya ada di hotel dan kita mesti datang kesana. Saat kita lakukan pemeriksaan kita berasumsi yang rusak lampu CCFL ( neon ) karena saat kita periksa inverter tampak tidak ada masalah. Kita lakukan pemeriksaan lampu CCFL dan proses ini sangat beresiko karena mesti angkat layar LCD, secara hati-hati sekali kita angkat supaya lampu bisa kita lihat. Lampu CCFL yang digunakan model U dan kita coba pasangkan model C dan ternyata setelah kita pasangkan tetap saja hasilnya sama ( lampu neon tidak mau hidup ).

Karena hasilnya sama maka kita coba teliti lagi modul inverter , satu persatu komponen kita ukur dengan multitester dari dioda– resistor sampai dengan transistor fet. Untuk memudahkan proses pelacakan maka kita hidupkan inverter dan kita ukur tegangan feedback inverter, hasilnya 1 kanal ada perbedaan ( ada 8 kanal secara keseluruhan ). Sistem feedback memakai capasitor ukuran 5pf/6kv dan komponen yang rusak bukannya capasitor ini melaikan Resistor untuk sistem fuses nilai o ohm bentuk SMD ( kecil ) dan ini menempel di alur PCB searah dengan capasitornya.

Inverter unit LCD tv LG 32LH20 :

inverter-LCD-LG32LH20R


inverter-LCD-LG32LH20H-fuse

Solusi yang kita terapkan hanya dengan menyambungkan timah solder ( bypass ) dan hasilnya Alhamdulillah lampu CCFL bisa hidup lagi dengan normal


17. LCD TV LG 32LK331 MATI TOTAL
Kerusakan:
LCD TV LG 32LK331 dalam kondisi mati-total , sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan.


Perbaikan:
Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan segera kita buka LCD TV-nya, ternyata sudah tidak komplit isinya. Rangkaian PSU/ power supply unit sudah tidak ada, pantas saja jadi mati-total, dan untuk memperbaiki ini tentunya mesti beli 1 modul. Ada sedikit kesukaran mengingat kita tidak mempunyai contoh PSU jadi kita coba browsing via Google dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga.

Contoh-PSU-LCD-TV-LG

Untuk contoh PSU memang kita sudah dapat yang mesti kita ketahui adalah besarnya PSU apakah nantinya sesuai dengan posisi di rangka saat kita pasangkan. Untuk yang satu ini caranya hanya dengan mengukur panjang dan lebar posisi baut, kita menggunakan media timah solder biar simpel. Harga PSU dalam kisaran 400-450 ribu, dan poin utamanya adalah menyamakan output dari PSU dengan kebutuhan Logicboard.

Untuk type Logicboard yang digunakan membutuhkan supply tegangan 3,5 volt dan 24 volt jadi ini harus sama jangan sampai salah, akan sangat fatal bila itu sampai terjadi. LCD TV LG ini memang sudah dari bengkel servis jadi agak sedikit cemas apakah akan berjalan lancar bila kita pasangkan PSU baru. Alhamdulillah setelah kita pasangkan PSU baru semuanya berfungsi dengan baik, tidak ada  masalah baru.
PSU-LCD-TV-LG-di-panel

Untuk kasus seperti ini mungkin tidak susah karena tinggal beli 1 modul, hanya sedikit pengetahuan yang mesti kita ketahui yaitu pastikan tegangan output PSU sesuai dengan kebutuhan Logicboard, di papan PCB bisa dengan jelas kita lihat poin-poinnya.


18. LCD TV LG 37LG53FR START TROUBLE
Kerusakan:
LCD TV LG 37LG53FR awal kita hidupkan semuanya terlihat normal-normal saja, tidak ada masalah ditampilan gambar serta suaranya, yang menjadi masalah adalah ketika kita matikan dengan remote dan ketika kita coba hidupkan kembali,, LCD sama sekali tidak mau hidup.

Model LCD TV LG :

model lcd tv LG 37LG53FR

Perbaikan:
PSU/ power supply unit menjadi rangkaian pertama yang mesti kita periksa dan untuk mempermudah kita bisa lihat parameter yang tertera di PCB disana ada poin-poin besaran tegangan yang dikeluarkan PSU. PSU yang ada di LCD TV secara umum ada 2 varian yaitu :

1 PSU untuk sistem control dimana ini terhubung ke mainboard/ logicboard

2 PSU untuk sistem penaik tegangan/ inverter

PSU untuk sistem control jika kita masukan aliran listrik maka akan langsung hidup sedangkan untuk PSU untuk sistem inverter baru akan hidup jika maiboard/logicboard memberi sinyal on. Untuk kasus kerusakan yang dialami LCD TV LG ini memang ada dibagian PSU untuk sistem inverter ini kita ketahui setelah kita lakukan pengukuran dan kita dapatkan tegangan B-up untuk sistem driver dalam kondisi tersedia yaitu 15 volt . Ic yang digunakan type NCP1396AG dan untuk mendapatkan suku cadang ini kita mesti pesan dari luar. Posisi Ic di mainboard bisa kita pada gambar berikut :

pos-ic-NCP1396AG

Setelah menunggu beberapa minggu alhamdulillah pesanan Ic NCP1396AG sampai dan langsung kita pasangkan , proses pelepasan kita gunakan solder uap karena Ic dilekatkan lem dibagian bawahnya. Untuk pemasangan Ic NCP1396AG kita gunakan solder biasa. Kini saatnya kita lakukan pengetesan, kita pasangkan semua kabel penghubung dari PSU untuk kedua rangkaian yaitu mainboard serta inverter selanjutnya kita masukan aliran listrik dan kita tekan tombol power di remote ? hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, LCD TV LG 37LG53FR sudah berfungsi seperti sedia kala.


19. Layar LG 22 resolusi gambar kiri-kanan berbeda
Kerusakan:
Panel LG22........
Lho....gambar kok aneh....
Sepertiga layar bagian kiri resolusi gambar normal.........
Bagian kanan ada garis2 horisontal.........


Perbaikan:
Kalau pada panel Samsung sering jumpa.........tinggal kres-kres jalur STVP beres....
Kalau panel LG yang ini (disini ada 6 column COF) belum pernah ketemu...........

Phone a friend lewat groups yang banyak ahlinya.........


Be Good iso iku pa .cut wae jalur clk nya di sisi yg rusak .itu klo panelnya elge asli. chip tcon ada tulisan lg display
Zaenal Elektronik idem ama Be Good..... ayo rehat ngopi dulu

Eksekusi.....achirnya clinggggggg juga........Thank you kawan......


20. Tv LED LG 32" Model 32LF520A-TA lampu power kedap kedip


Kerusakan:
LED LG dengan kerusakan awal led dihidupkan keluar lampu stand by, kontrol panel berikut remot tidak berfungsi sama sekali. Ketika diperhatikan lampu stand by berkedip secara teratur memandangkan kata si empunya ini LED kena petir.


Perbaikan:
kecurigaan awal mobo yang rusak tapi itu terbantahkan setelah dilakukan pengecekan, untuk sinyal ac detek tidak beres. Langkah awal melakukan pergantian kapasitor yang bernilai 47uf/50v dan 22uf/50v tapi nihil, langkah berikutnya ganti ic otocoplor untuk ac detek dan jreng.. led pun hidup normal.. 

*trim wa haji yang selalu supot dengan do'anya*


21. LG 26LG30R mati total

LG 26LG30R
Mati total, lampu indikator tidak nyala.
Konsumen bilang sebelumnya jika pesawat kadang susah hidup. Kadang dicolokkan listrik indikator tidak langsung nyala. Colokan listrik perlu dilepas dan dipasang berulang.



  • Cek visual beberapa elko power suply  gembung………..penggantian elko2 tdak menyelesaikan masalah.
  • Cek tegangan ACD (AC det) pada konektor dari power suply – motherboard, tegangan nol.....wah tidak beres nih ………Cari jalan pintas aja, modifikasi sirkit ACD dengan memasang R 1K dari 5v ke pin-ACD agar ada tegangan……tetap tidak menyelesaikan masalah.
  • Cek tegangan 3.3v (elko 1128) dan 1.2v (elko1118)…..normal semua.
  • Cek osilator Xtal  X800 dengan osiloskop……kerja
  • IC Chip diraba dingin…..wah mudah2an ini tanda ic tidak rusak….




Langsung eksekusi beramai-ramai……..biar cepet selesai maksudnya…….

  • Flash bios 25
  • Kosongkan eeprom 24C
  • Elko filter tegangan 3.3v dan 1.2v masing2 100u/16 ganti semua…



Alhamdullillah….langsung joooos



22. LG 32CS410 hanya st-by
Seperi biasanya - jurus awal yg dapat dilakukan tanpa berpikir………FLASH  ic  SPI
Tapi hasilnya problem tetap sama aja……..

Wadouw……….ini artinya mesti MIKIR……..
Buka2  skema…….
Chip menggunakan ic chip BGA LGE 7833……….MSTAR
Chip MSTAR membutuhkan tegangan2 suply sebagai berikut……….



Cek tegangan2 tersebut diatas pada ic regulator step-dwon masing2......


Ternyata tegangan 2.5v drops tinggal 1.8v
Seetalah  IC702 diganti.............Alhamdullillah...........pesawat langsung joooooosssss.

23. Problem Transistor Switch-Panel LG 32LB5500 kebakar

Ketemu  Transistor-sw panel terbakar ?
Atau habis bongkar panel LG 32LB550A Transistor tiba2 kebakar ?



Kadang jalur 12 short dengan ground, sehingga Transistor Switch Panel kebakar
Disebabkan karena pcb Tcon pada bagian ini tidak masuk ke reel karet hitam, sehingga agak nonggol keatas.
Dan menyebabkan kapasitor Z21 smd atau fuse F21 smd menyentuh dan short dengan ground tutup Tcon.
Demi amannya, jika sehabis bongkar panel, maka sebaiknya bagian ini diberi isolasi.

















sumber :

101 comments:

  1. gan mau tanya ni kami baru beli TV samsung Plasma PDP PS D490 sudah kurang lebih 14 bulan baru di On kan selama lebih kurang 5 menit mati dan lampu indikator kedap kedip bagaimana solusinya gan

    ReplyDelete
  2. Gan tv lg 42 " ada suara tidak ada gambar gan kata tukang servis di vonis lcd nya kena tp ane msh ragu

    ReplyDelete
  3. untuk mendeteksi harus dilakukan pengukuran tegangan di power supply normal atau tidak, apakah tegangan supply ke inverternya normal. Jika normal tapi gbr masih gelap berarti kemungkinan inverternya yg rusak. Masalahnya saat ini inverter masih relatif sulit dicari, dan bahkan ada pabrikan yg tidak menyediakan sparepart ini, sehingga jika yg rusak inverternya maka harus diganti satu unit front panel displaynya yg termasuk di dalamnya lcdnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cari lcd lg 32" mati mau saya ambil inverternya


      Delete
  4. gan ini tvku rusak tapi gadak teknisi yg bisa memperbaiki nya
    merek tv ku LG tipe 26LC4R
    powernya hidup tetapi gak ada gambar
    kira" apa nya itu gan yg rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langkah awal coba di cek regulatornya. Amati apakah ada elco yng menggelembung. Selain itu juga cek komponen yg lainnya dgn AVO

      Delete
    2. gan tv saya juga gitu gan, lalu solusi nya harus gmana gan? mohon pencerahan donk

      Delete
    3. coba pelajari aritkel di >>> http://paimosubroto.blogspot.com/2015/01/tv-lcd-lg-standby.html

      Delete
  5. gan..
    tv saya lcd aquos
    kalau rcti, dia kadang2 mati tapi ada suara
    tetapi kalo acara yang lain normal2 saja..
    itu kira2 kenapa ya?
    mengapa hanya rcti saja yang dia kadang2 mati sendiri setelah berapa detik sedangkan acara tv lain normal2 saja
    thankyou

    ReplyDelete
  6. Pak mau nanya. Saya barusan benerin tv lcd lg 32 inci kerusakan mati total.katanya akibat power supply rusak, ( saya memang td pernh cabut kabel dr listrik alias selalu mati standby) apakah ini berpengaruh?
    Ini perbaikan.home service dia minta ongkos 600 rb? Sesuai tdk ya pak? Trrima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kerusakan matot kemungkinan besar disebabkan pwr supply nya yg rusak. Namun sebelum mengganti 1 modul powr spply yg harganya kisaran 400rb an disarankan mengecek dahulu komponen2 di bagian pwr supply ini, siapa tau hanya ada komponen yg short sehingga tdk perlu mengganti dengan 1 modul pwr spply. Untuk ongkos tidak ada standard yg mengaturnya

      Delete
  7. pak, tv LG saya bisa hidup trus gambarnya muncul sebentar abis itu gelap gada gambarnya, suara tetep ada sama masih bs ganti2 channel itu berarti memory ic nya rusak ya? tks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ic memory nya yg rusak, tapi juga cek dulu bagian pwr supplynya, inverter, dan lampu backlightnya. krena kerusakan sperti itu macam-macam penyebabnya.

      Delete
    2. Klu TV LCD LG 32' dengan kerusakan seperti itu kira2 habis biaya berapa? Terutama harga komponen yg harus diganti.

      Delete
  8. Gan punya saya,tivinya hidup tapi semua tombol yang ada tidak berfungsi,baik di remote maupun di monitornya,kira2 problemnya apa ya gan??,makasih...

    ReplyDelete
  9. Malam pak, tv lcd lg saya gak mau nerima sinyal antena uhf, klo sinyal av hdmi semua keluar ganbarnya, klo sinyal antena cuman gambar hitam blank, yg rusak apanya ya? Makasih

    ReplyDelete
  10. Pak, tolong lcd monitor saya idup, tp stelah pakai 30 menit lgsung mati, jika dimatiin 5 menit bisa nyala lagi mati lagi gtu trus, elco uda say ganti dioda ok kemungkinan apnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek solderan di bagian pwr supply dan bagian inverternya, cek juga trafo di inverternya

      Delete
  11. gan mau nanya.. kali lalu manado kena banjir trus tv LG LED LN49 SERIES kemasukan air... udah di bongkar trus udah di keringin semua komponen2 di dalamnya.. begitu di pasang semuanya nyala(termasuk lampu) tapi layarnya ga ada gambar... kemungkinan apa gan..?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  12. gan mau tanya, ini LCD LG saya seri 194wt-sf, LCD nya nunduk terus, sepertinya standnya kendor,, cara nyervisnya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  13. Mas saya mau tanya lcd saya LG 24inch dinyalahin gambarnya ngga ada.. keluar gambar cuma seperti tv ngga dikasih antena.. suara dan yg lainnya normal.. mohon masukannya mas makasih

    ReplyDelete
  14. maaf om, LCD TV M2241A saya awalnya bunyi "ziiii" gitu, selang seminggu tiba2 waktu saya nyalain langsung mati total..kira" apanya ya, apakah power supply nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di bagian pwr supplynya

      Delete
    2. boleh info untuk beli power supply nya selain di toko resmi LG ada dimana lagi ya?,

      Delete
    3. bisa beli di toko online ---->>>>http://obraltv.blogspot.com/ ; http://spareparttvlcd.blogspot.com/ ; dan masih banyak toko online yg lain. Coba cari di google!!!!

      Delete
  15. tv LG model 42ls3110-TB panelnya rusak gambarnya pecah banyak garis garis apa penyebabnya

    ReplyDelete
  16. kata rukang service tv nya kena benda jadi pecah panel ke 2 nya ,mungkin ga panelnya rusak dengan sendirinya tolong dijawab mas

    ReplyDelete
  17. pak mau nanya saya punya lcd tv sharp LC22DC30M mati total,saya cek out put power suplly tdk ad ternyatamasih tdk nyala jg,kira2 apanya yg rusak pak ,suwun

    ReplyDelete
  18. saya sdh beli powersupply baru tetap tdk nyala jg ,mohon info kerusakannya ,matur nuwun,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lagi apakah output teg pd pwr supply yg baru trsbt sdh cocok dengan kebutuhan supply logicboardnya!!!!

      Delete
  19. Siang gan, ikut nyimak, Problem LCD TV LG 24" punya ane Ngeblank Putih, tapi SUARA TV ada... Problemnya apa ya? ada sparepart nya ga ya? kabarin ya jika ada sparepart flexibel nya
    PIN BB 326723CA

    ReplyDelete
  20. Mas,saya punya LCD TV LG 32". Kadang TV saya sering mati stanby dan langsung hidup lagi,kadang mati stanby agak lama trs hidup sendiri. Kadang mati stanby,dan susah di hidupin. Harus di cabul kabel nya terus di pasang lagi,baru bisa hidup. Kira2 power suply atau apa nya ya mas? Kalau power suply,apakah harus ganti 1 modul atau cuma komponen nya saja. Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Gan minta tlg info nya,tv sy lg led sering hilang suara nya,setelah di mute ada lg terus hilang lagi,begitu seterus nya....

    ReplyDelete
  22. gan,saya punya tv lg 42sl80yr,gambar tidak mau hidup,dari bagian power suplay bunyi relay tek-tuk,udah perrnah diganti 1 modul power suplay yg baru hasil tetep bunyi tek-tuk,tapi apabila ngak dihidupkan 2 hari bisa hidup,tp hanya bertahan 10 menit,kata tukang rusak panelnya,karena apabila dibuka kabel panel ke t-con tv bisa hidup ada suara ngak ada gbr karena t-con kepanel dibuka,kalau dipsg lagi panel ket-con pewer suplay bunyi kembali,gan ini kira-kira rusak t-con atau panel,!,thank atas infonya

    ReplyDelete
  23. gan mau nanya tv saya LCD LG 24' . gambar nya muncul cuma sedikit ditengah, seperti bergaris2 gitu. apa itu masalahnya gan?

    ReplyDelete
  24. Gan mau tanya, kalo LG LED TV dihidupin trs selang 10detik mati itu knpa ya?
    trs coba dihidupin lg tetep sama kyak gt.

    ReplyDelete
  25. gan kalo kabel flexibel monitor tv LG M2341A banyak ga dipasaran? harganya brp ya?
    kalo langka, saya beli diagan deh, tar kirim lewat JNE.
    jawab gan.. trims ya.
    punya saya kadang ada warna garis, kadang kabur warnanya, kalo kabel flexibel disenggol normal lagi.

    ReplyDelete
  26. Kang LG LED 24" colok kabel power ga langsung standby, lgsg ON ada suara + gambar tp sedetik kemudian lampu standby kedip2 & chanel berubah sendiri ga berhenti2 ga ada suara+ gambar...
    Kira2 rusak di bagian mana kang?

    ReplyDelete
  27. numpang tanya bisa gk ya mesin tv led 22in dipasang ke 32in dan mesin lain merk

    ReplyDelete
  28. Masukin flash disk lalu nonton film. Lalu saya tekan tombol subtitles. Karena subtitle ga muncul. Saya tekan tombol lainnya. Dan akhirnya tv hanya berlayar hitam saja. Saya cabut flash disk dan matiin tv. Ketika di hidupkan tv tidak ada gambar tapi ada suara. Tapi tombol di remot masih berfungsi semua. Kira2 solusunya bagaimana? Apa ini karena virus di fd?

    ReplyDelete
  29. TV LG LCD saya mati tiba-tiba, ada yg bilang harus ganti alat defrost timer harganya 700rb. tapi saya ragu apa di tv ada yg namanya defrost timer? dan apa memang harganya semahal itu? mohon pencerahannya segerah yah.... matur nuwun....

    ReplyDelete
  30. Tv saya LED LG 32 in,suaranya gak ada pak.. padahal kemarin2 ada.tv nya baru beli dan jarang dipakai. Saya sudah coba pengaturan di tv dtersebut.setelah saya chek.gak ada yg salah mute nya juga sudah dimatiin.tpi tetap aja gak ada suara nya..mohon bantuannya dan info kerusakannya pak.terimakasih.

    ReplyDelete
  31. mas tolongin dunks ... tv saya LG LED 32LD550, posisinya stand by, ketika mau di nyalakan, lampu indikatornya (yg di bawah logo LG) kelap kelip merah dan tv nya nggak mau nyala. kadang di coba beberapa kali, ga kelap kelip dan tv bisa nyala, tapi seringnya nggak nyala.

    kira2 kenapa ya, mas ? ...
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  32. tv sama merek fuji electrik , lampu indikator hidup tapi gk bisa on , kira kira apanya yg rusak mas ???

    ReplyDelete
  33. Mas belakangan ini TV LED saya LG 22LN4000-TA gambarnya cuma nongol sedetik saja selanjutnya gelap gulita tapi suara tetap normal. Pas pindah channel kembali terulang, gambar cuma nampang sesaat terus gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi itu inverternya terprotek, disebabkan>>>
      PENYEBAB : Ada macam-macam penyebab Inverter protek, antara lain :
      Tranfo tegangan tinggi rusak. Bisa dicek pakai FBT tester pada kumparan primer. Atau cek resistansi semua tranfo pada bag sekunder – semua harus punya nilai resistansi yg sama, kalau diketemukan ada satu yang berbeda, maka kemungkinan tranfo tersebut rusak.
      Solderan pada tranfo tegangan tinggi ada yang kurang kontak
      Lampu backlight ada yang tidak nyala/tidak kontak/rusak
      Atau kerusakan pada ic Inverter driver sendiri

      Delete
  34. mas saya punya masalah dengan tv led lg model lb45, lampu indikator menyala beberapa detik dan berkedip lalu mati, tapi lampu backligth selalu hidup, sama sekali tidak ada tampilan di layar hanya warna biru yang sangat redup ( kemungkinan hanya efek dari backligth itu ), dan ic chipsetnya sangat panas, kira-kira masalahnya apa ya mas

    ReplyDelete
  35. Pak Saya mau tanya , saya mempunyai TV LCD Toshiba 24 Inc, Mati total setelah saya buka cek Power Suply Ternyata Fet Mati, kemudian saya ganti , Hasil menyala normal. tapi tiba tiba mati jika tegangan turun 180 V dan menyala jika tegangan naik di atas 180 V, Sudah saya coba Komplain ke PLN tegangan turun di karenakan jaringan PLN di wilayah saya memang turun naik tidak setabil di karenakan travo terlalu banyak beban nunggu kabar berikutnya di usulhan penambahan travo) . tetapi TV saya sebelum rusak meskipun tegangan turun naik masih menyala mengingat tertera di belakang tv tegangan 110 v s/d 240 V, setelah itu coba saya ganti elko yang 450 v hasil masih tetap sama yaitu mati jika tegangan turun 180 V, apa penyebabnya ya mohon petunjuk

    ReplyDelete
  36. maaf tanya, saya sedang bongkar led lg type E1642CA (monitor) dengan suply tegangan 19V adaptor. saya ingin tanyakan jika mati apa yang mesti di cek ? komponennya seperti komponen HP kecil2. terima kasih

    ReplyDelete
  37. maaf tanya, saya sedang bongkar led lg type E1642CA (monitor) dengan suply tegangan 19V adaptor. saya ingin tanyakan jika mati apa yang mesti di cek ? komponennya seperti komponen HP kecil2. terima kasih

    ReplyDelete
  38. Salam, mau tanya nih mas, TV saya LG 32 60GR, lcdnya mati tapi suara, ganti channel dan lainnya normal semua....., kira2 solusinya gimana ? sebelumnya terima kasih....

    ReplyDelete
  39. LED LG saya type:32LN5100 mengalami kerusakan saat dinyalakan lampu led nyala merah (gbr & Suara belum ada) apabila di tekan tombol PROG lampu jadi mati

    ReplyDelete
  40. maaf tanya, tv lg lama saya tabung tiba2 mati dan bunyi cit cit cit seperti Horisontalnya, saya bongkar pakai D2627 saya ganti tidak ada 2 menit putus lagi. kira2 apanya ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti capasitor hor biasanya pake 153 atau 013

      Delete
  41. Mas klo lg 32lm6690 ada sparepart LCDnya ga? Tv saya pecah LCDnya. Thanks

    ReplyDelete
  42. Mas klo lg 32lm6690 ada sparepart LCDnya ga? Tv saya pecah LCDnya. Thanks

    ReplyDelete
  43. Mas klo lg 32lm6690 ada sparepart LCDnya ga? Tv saya pecah LCDnya. Thanks

    ReplyDelete
  44. tolong dong pencerahan master master lcd/led tv,ane ada problem di lg42lv3730-td.lampu stndby 2kali nyala lalu redup lampu stndbynya,ane check PSA untuk 3,3v lalu turun tegnya,begitu juga 24v&12v.apa gerangan ye kira2,master.

    ReplyDelete
  45. tolong dong pencerahan master master lcd/led tv,ane ada problem di lg42lv3730-td.lampu stndby 2kali nyala lalu redup lampu stndbynya,ane check PSA untuk 3,3v lalu turun tegnya,begitu juga 24v&12v.apa gerangan ye kira2,master.

    ReplyDelete
  46. bisa tdk ya tv led/lcd diganti dgn mesin lain merk dan lain ukuran

    ReplyDelete
  47. mohon bantuan bos.berapa harga neon box monitor tv M2241A-PT

    ReplyDelete
  48. Nice Post Sangat Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi
    http://sewatvplasmadisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  49. gan saya mau tanya ,tv lcd LG 22in inverternya pada saat tv on berbunyi ngerik itu apanya gan yang rusak

    ReplyDelete
  50. Gan tlg d bantu tv ku led LG mdl 22LN4000.ada suara.nggak muncul gambar.

    ReplyDelete
  51. gan tlng d bntu tv ane 42" .smuanya normal cuman lmpu backlightnya mati.shngga gmbar nya gk kliatan.ap tu masalhnya ap lmpu led nya yg mati ap di pcb power supplynya yg bermasalah.maaaf pnjng

    ReplyDelete
  52. Gan mau tanya nih tv saya LG lcd 22LS3300 itu layarnya mendadak ngblok setengah hitam dan atasnya masih normal saya coba matikan dan cabut semua aliran listrik hingga kurang lebih 3 jam setelah itu normal lagi.. Cuma berulang2 lagi seperti itu. Nah sekarang berulang lagi cuma setelah lama dimatikan dan dihidupkan kembali ternyata masih sama ngblok hitam separuh.. Itu kena lcd nya atau gmn gan..? Kira2 biaya servicenya menganti lcd kisaran brp ya..? Soalnya saya coba tanya2 ke tempat service rumahan kata dy mesti ganti lcd dngn biaya untuk tv 22 inc itu 1,2jt.. Itu kemahalan atau gmn gan.? Mohon bantuannya.. Thx

    ReplyDelete
  53. Harga ic apm 4550 brp.trus bisa pesan dimana

    ReplyDelete
  54. TV saya LG 55 inch LED 3 D, gambarnya jalan pelan sekali spt video yang play slow motion. Mainboard dan Power supply sudah di ganti namun tetap saja gak pemgaruh berarti bukan masalah MB dan PS.
    tinggal Tcon dan Panel yang belum di ganti. Dugaan saya masalah TCON. Type TV saya 55LW3500

    ReplyDelete
  55. alamat tempat servicenya dimana ya pak

    ReplyDelete
  56. gan TV LG 26LC7R saya kok hanya warna merah aja kenapa ya gan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  57. Bos kalo HDMi No signal detected di tv lg 32le4500 bisa diperbaiki ga?

    ReplyDelete
  58. mau nanya nih kalo lg 16en33 masuk saving mode mulu kenapa ya , udah di cek pake laptop tetep gitu? kabelnya normal

    ReplyDelete
  59. Gan, mau nanya nih? TV LG 32LN5100 saya mengalami kerusakan yang ditandai dengan tiba - tiba saja remote control tidak berfungsi padahal baterai sudah diganti baru dan coba dimatikan lagi TV nya remote berfungsi, selang beberapa menit remote kembali tidak berfungsi. terakhir TV nya tidak bisa hidup lagi? apakah pernah terjadi sepeerti kasus saya gan? dan gmn solusinya?

    ReplyDelete
  60. om tv led ku merk polytro 32inc, di pinggir kanan kiri layar ada warna semu2 merah ngeblok panjang posisi kelihatan pas loading layar gelap kelihatan, tapi kalau keluar gambar normal. itu rusak apa nya ya om? matur suwun.

    ReplyDelete
  61. salam kenal,pak
    nama saya is.
    mau tanya...kerusakan tv led 32ln5100 awal kerusakan tv led sedang hidup,diremot dan channel pada tv led tak bekerja.
    2.colokan listrik tv led deicabut habistu dipasang dan hidup,remot dan channel pada tv led bekerja.
    3.besoknya tv led susah untuk hidup...tegangan pin out pada psu normal
    mohon diberi petunknya,pak

    ReplyDelete
  62. Gan aku punya TV LG 32LB550A dipanel Layar butir2nya pada rontok kalau dipasang rontok lagi2, yang aku tanyakan apa butir2 yang seperti bulat2 itu bisa dilem pakai lem cina gak gan mohon solusinya biar gak pada rontok / lepas lagi kalau lepas layar jadi ada sinar bulat2 ditunggu solusinya ya gan makasih....

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Bos aku punya tv LG 32 lv3500.kapasitor elco 450v,47uf meletus. Tp setiap elko nya di ganti meletus ahi. Dioda penyearah nya jg udah di ganti. Mohon bantua nya bos..

    ReplyDelete
  65. Tv saya klo udah agak panas, gambarnya brubah, diatas ditulis kerusakan pada lcd panel,
    Klo kerusakan pada lcd panel, harus diganti lcd nya atau masih bs di perbaiki?

    ReplyDelete
  66. PAK TV LED LG 29 SY TERANTUK SAPU LALU KETIKA DIHIDUPKAN KELUAR SUARA, TAPI LAYARNYA KELUAR PUTIH BERGARIS DAN ADA GARIS SEPERTI RETAKAN BISA DIBENERIN NGGAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAK TV LED LG 29 SY TERANTUK SAPU LALU KETIKA DIHIDUPKAN KELUAR SUARA, TAPI LAYARNYA KELUAR PUTIH BERGARIS DAN ADA GARIS SEPERTI RETAKAN BISA DIBENERIN NGGAK

      Delete
    2. PAK TV LED LG 29 SY TERANTUK SAPU LALU KETIKA DIHIDUPKAN KELUAR SUARA, TAPI LAYARNYA KELUAR PUTIH BERGARIS DAN ADA GARIS SEPERTI RETAKAN BISA DIBENERIN NGGAK

      Delete
    3. Maaf bos mau tanya, tv LED LG saya timbul kunci tombol aktif d layarnya, d pencet2 tombol d remote tdk ada respon, mohon pencerahannya bos bgmn cara buka kunci tombol aktifnya. Trims kasih.

      Delete
  67. PAK TV LED LG 29 SY TERANTUK SAPU LALU KETIKA DIHIDUPKAN KELUAR SUARA, TAPI LAYARNYA KELUAR PUTIH BERGARIS DAN ADA GARIS SEPERTI RETAKAN BISA DIBENERIN NGGAK

    ReplyDelete
  68. PAK TV LED LG 29 SY TERANTUK SAPU LALU KETIKA DIHIDUPKAN KELUAR SUARA, TAPI LAYARNYA KELUAR PUTIH BERGARIS DAN ADA GARIS SEPERTI RETAKAN BISA DIBENERIN NGGAK

    ReplyDelete
  69. aslmkum..mas..saya punya samsung model LA32S81B,awal masaalahnya..lampu standby kedip2 5×,saya berani kan untuk buka,mau belajar..sudah saya ceking elco2 nya tak ada yang rusak,kalau kasih hidup kedip2,akhirnya saya buka power suplay,entah kenapa..tiba2 fuse meletup,saya ganti fuse lain,sma juga,meletup lagi,tolong bagi info..apa yang harus di ganti??ribuan terima kasih...wasallam..

    ReplyDelete
  70. aslmkum..mas..saya punya samsung model LA32S81B,awal masaalahnya..lampu standby kedip2 5×,saya berani kan untuk buka,mau belajar..sudah saya ceking elco2 nya tak ada yang rusak,kalau kasih hidup kedip2,akhirnya saya buka power suplay,entah kenapa..tiba2 fuse meletup,saya ganti fuse lain,sma juga,meletup lagi,tolong bagi info..apa yang harus di ganti??ribuan terima kasih...wasallam..

    ReplyDelete
  71. Maaf bos mau tanya, tv LED LG saya timbul kunci tombol aktif d layarnya, d pencet2 tombol d remote tdk ada respon, mohon pencerahannya bos bgmn cara buka kunci tombol aktifnya. Trims kasih.

    ReplyDelete
  72. gan @paimo , mau nanya nih tv ane LG LED 22 seri 22LN4000 gambar tiba-tiba padam suara ada.
    Kira-kira rusaknya bagian mana ya?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  73. gan @paimo, sy mau tanya.tv lg led 24lb450a mati total kira-kira apnya ya.trus cara pengecekan power suplaynya gmn ya,solanya pas saya bongkar rangkaian di dalamnya ga sm seprti tv LG yg laen.mohon bantuannya gan paimo.tnks

    ReplyDelete
  74. gan @paimo, sy mau tanya.tv lg led 24lb450a mati total kira-kira apnya ya.trus cara pengecekan power suplaynya gmn ya,solanya pas saya bongkar rangkaian di dalamnya ga sm seprti tv LG yg laen.mohon bantuannya gan paimo.tnks

    ReplyDelete
  75. Mau tanya apakah benar 24LN4100 sudah tidak diproduksi, masalahnya sesuai dengan penjelasan no 9 apakah semua TV LED LG termasuk 24LN4100 kasusnya seperti penjelasan no 9 dimana parts teersebut bisa dibeli terimakasih

    ReplyDelete