Tuesday, October 1, 2013

berbagai kerusakan tv konka


1. TV KONKA TYPE K-1418 C3 MATI PROTEC 
    problem : setelah kucoba hidupkan tv dalam keadaan normal tapi setelah 5 detik kemudian mati PETTTTT terus standby dalam pikiranku "waduh ini PROTEC"
    perbaikan : setelah tau keadaan tv tersebut, obeng siap beraksi untuk membuka tv black book tersebut. Setelah kebuka kuangkat pcb tv tersebut dan ku balik PCBnya ternyata solderanya masih baru hampir disemua titik kaki komponen, kucoba bersihkan pcb tersebut pakai tiner, setelah kering kucoba tv tersebut hasilnya setelah kunyalakan tv masih sama protek. Selanjutnya solder pun beraksi, kucopot ic memory 24C02 kuganti dengan yang udah ku copy dengan tV yang, sama hasilnya sama masih protec juga, setelah lama mencari titik kerusakan, kucek tegangan semua normal selanjutnya kulepas defleksinya kuceck bagus gak ada yang hangus, tanpa defleksi terhubung dengan soketnya, kucoba ternyata gak protec ,dg berawal dari situ titik terang udah ada kuceck satu persatu bagian horisontal TERRRRRNYATA C403 dengan nilai 8n2 kapasitasnya turun menjadi 1n9. Menurut capasitansi digital mungilku condensator milar ini terpasang paralel dengan C402 & C401 CONDENSATOR INI TERHUBUNG DENGAN COLECTOR TR OUT HORISONTAL KEGND. SETELAH PENGANTIAN C TERSEBUT ALHASIL MAK NYOOOOOOOOOOOOOOOS TV PUN HIDUP NORMAL
     kesimpulan : yg rusak c 403(8n2)
2. TV KONKA gambar bergetar
    problem : gbr bergetar
    perbaikan : gak pake lama tvpun langsung tak buka baut skrupnya. Setelah terbuka sparpart kecil seperti resistor sudah tidak tampak lagi, ini dikarenakan 1thn yg lalu menurut cerita yg punya tv ini sempat berenang disa'at banjir datang,,akhirnya mesin saya cuci tapi sebelumnya fbt>travo>soket RGB>dan tuner dilepas dulu supaya gk terlalu lama menunggu keringnya,
setelah mesin bersih dan sudah kering, langkah awal solder ulang, lalu nyalakan tv,,tv mau hidup tapi tidak lama gambar seperti tertiup angin bergetar atas bawah ,tv ini menggunakan ic LC863316A>>LA76810B>>TR reeegulator menggunakan fet7N60B dan IC TDA6045.
B+110vol turun menjadi 100vol. Langsung penggantian C 100/160VOL, lalu tv dinyalakan lagi alhamdulilah jadi juga pikirku sambil tahap pengetesan buka pc belum lagi loading selesai kembali lagi tv bergetar,
pencarian dilanjutkan kembali dan akhirnya ketemu c913 47/50vol letaknya masih di blog regulator pada bagian primer
3. tv konka k1438-c3 matot
    problem : mati total.
    Perbaikan : tegangan b+=0. Bila hubungan ke tr hout dilepas, teg b+=120v. Ternyata tr hout = d2499 bocor. Stlh diganti, suara & gambar keluar, tp gambar tidak fokus & ada lompatan tegangan tinggi dari chop anoda. Pengatur focus di fbt, bila diatur menyebabkan gambar pecah2. Juga karet chop anoda sudah tidak elastis. Maka fbt saya ganti. Setelah fbt diganti, gambar focus & tidak ada bocoran tegangan tinggi dari chop anoda, tapi gambar kurang pendek & sisi kanan layar kurang lebar sedikit. Selain itu kadang gambar agak goyang/kurang stabil. Untuk bagian vertikal, yang diganti c428=220uf/35v & c429=1000uf/35v. Untuk bagian hoorisontal, yang diganti c406=10uf/250v & c410=33uf/160v. Untuk bagian regulator, yang diganti c912=47uf/50v, c915=1uf/50v dan c919=0,47uf/50v. Setelah penggantian c tersebut, gambar stabil & normal.
     Tambahan : fbt bsc25-0113 bisa diganti dengan bsc25-2678s atau bsc25-n1603.
4. Televisi Konka Matot/ Mati-Total
     problem : Televisi Konka mengalami kerusakan setelah kemasukan air, awal kejadian televisi dalam keadaan standby .
Model televisi seperti ini:



     perbaikan : Pemeriksaan kita mulai pada rangkaian power supply, komponen pertama yang kita lihat adalah fuses. Disini fuses dalam keadaan hangus, mungkin telah terjadi konslet pada rangkaian power supply-nya. Pemeriksaan selanjutnya kita arahkan pada komponen Transistor Switching, Model transistor yang di pergunakan bisa kita lihat pada gambar berikut:



Hasil pemeriksaan adalah positif , Transistor memang sudah shot ” Sebelum kita adakan penggantian sebaiknya kita periksa juga komponen Driver untuk transistor switching, supaya mempersingkat waktu perbaikannya. Komponen yang kita maksud adalah IC TDA4605-3 disini bisa kita coba ukur tegangan driver untuk gate transistor 2SK2828. Tegangan keluaran untuk gate transistor sangatlah kecil, disini kita menggunakan multitester dengan batas ukur DC 3 volt hasilnya adalah 0,4 volt . Hasil ini adalah dengan tanpa menggunakan transistor-nya, dan disini kita juga mengganti capasitor dengan nilai 47uf/35 volt, 1uf/50 volt dan 0,47uf/50 volt.

Jadi sudah jelas hanya transistor yang mengalami kerusakan, sekarang kita tinggal menggantinya saja. Transistor pengganti kita pakai type FS10KM, karena model asli-nya tidak kita temukan. Setelah proses pemasangan selesai kini saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi, Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali.

5. TELEVISI KONKA 14 INC BAU HANGUS
Perbaikan:
Televisi Konka jika kita hidupkan pada awalnya terlihat lampu indikator kedap-kedip setelah beberapa saat terlihat lampu indikator mulai stabil dan setelah mulai tercium bau sangit dari dalam televisi-nya.

Model televisi Konka :

model-televisi-Konka-300x225


Perbaikan:
Langkah awal perbaikan kita mulai dengan melihat mainboard televisi-nya hal ini sangat penting karena mungkin bisa kita lihat secara kasat mata komponen yang mengalami kerusakan. Bau sangit yang keluar dari dalam televisi memungkinkan meninggalkan bekas pada komponen yang terbakar. Hasil penglihatan memang benar telah terjadi kerusakan pada IC Vertikal LA7830, seperti ini tampilannya :

ic-vertikal-mainboard-televisi-Konka-300x225

Sebelum kita pasangkan IC Vertikal baru mesti kita adakan pemeriksaan pada komponen yang lain , yaitu pada rangkaian power supply. Ini karena televisi agak lambat hidupnya dengan tanda lampu indikator yang kedap-kedip sesaat setelah televisi kita hidupkan. Komponen terkait dengan kasus ini adalah Capasitor 47 uf/50 volt untuk filter B-up Ic Switching, posisi pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut:

power-supply-area-mainboard-televisi-Konka-300x225

Setelah penggantian capasitor B-up kita coba hidupkan televisi ? hasilnya power supply sudah kembali normal. Langkah selanjutnya barulah kita pasangkan Ic Vertikal baru La7830 beserta capasitor 220 uf/50 volt, oh iya kosongkan terlebih dahulu tegangan yang tersimpan di capasitor filter untuk B+ Ic Vertikal. Setelah semua sudah terpasang rapi, saatnya mencoba hidupkan televisi dan melihat hasil perbaikannya. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar televisi Konka sudah kembali normal.















sumber :

8 comments:

  1. mas saya punya tv konka 14'',gambarnya jadi kuning kira2 apanya ya mas.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi yg bermasalah adalah bagian RGB nya. Cek transistor yg ada di blok RGB, yg nempel di tabungnya!!

      Delete
    2. maaf mas saya mau nanya,,saya punya tv konka 21"lampunya kedip kedip kira2 apanya ya mas mohon solusinya ya mas.....makasih.

      Delete
  2. mas, kalo tv LED KONKA bagus gak

    ReplyDelete
  3. Mas saya punya tv konka gambarnya kedip2 terus dan gambarnya kotor kadang jg hilang gambarnya dan hanya bertuliskan konka kira2 apanya ya mas yg rusak?

    ReplyDelete
  4. Konka32inch...berjalan normal...tapi pas colokannya di cabut/mati lampu harus nunggu seharian baru mau hidup.mohon pencerahaaya om

    ReplyDelete
  5. Mau tanya tv konka led model LED22AS811.stanby ga bisa start

    ReplyDelete
  6. Mau tanya tv konka led model LED22AS811.stanby ga bisa start

    ReplyDelete