Wednesday, October 2, 2013

berbagai kerusakan tv akira


1. tv merk [akira 21pzp1/ce] tidak bisa nangkap siaran
    problem : tv tidak bisa nangkap siaran setasiun tv apapun. Tv yang datang ketempat saya cuman bawa sasisnya saja, ini yang bawa temen tehnisi juga. Setelah aku chek tv ini pergunakan ic singgl. seri[8893CPBNG6MA3]
    perbaikan : setelah saya chek tv untuk tegangan vt[33v], ternyata setelah tv saya program ke menu search.untuk 33voltnya ga mau turun alias di atas saja heeeeee. Maksudnya ga bisa gerak gitu lohh. Langsung saya coba ganti ic [eepromnya. 24c016]aku seting pake ezp. Alhamdulilah tv aku nyalakan jreng langsung ada tampilan gambar, dan aku langsung program menu pake auto. tv langsung ada gambar dan untuk bagian vt 33voltnya bisa normal seperti biasa. Untuk tv akira model 21pzp1/ce ini dia tidak pergunakan tuner data  jadi untuk vtnya tegangan 33voltnya harus gerak sewaktu tv sedang di program. Lain halnya dengan tv yang pake tuner data untuk catu daya, 33volnya tetap33volt ga bergerak sewaktu di program .
     kesimpulan : yang rusak ic eepromnya
2. TV AKIRA 14LGS1C Gambar Menyempit

Tv ini menggunakan aisy single 8853CPNG 6EG1, aisy vertikal LA78040 dan horizontal TT2190
    problem : gambar bagian atas dan bawah yang menyempit, seperti tampak pada gambar di atas.
    perbaikan : Tanpa pikir panjang lagi saya pun langsung masuk ke service mode tv tersebut dengan mengeNOLkan terlebih dahulu volumenya, lalu tahan tombol VOL (-) dan tekan tombol DISPLAY pada remot dan m@k bedunduk data servis pun muncul hehehehe........saya gulir ke item HIT lalu saya tambahi levelnya,m@k sreeeeettttt.....sampai full tapi nggak mau nutup sampai penuh juga tuh layar,wah cuma tertahan 3cm saja bagian atas bawahnya waduh, berarti ada komponen yang nggak beres nih. Langsung aja obrak-abrik bagian vertikalnya. Pertama saya solder ulang dulu di area vertikal dan horizontal juga di semua pin aisy singlenya, lalu saya coba test masih tetep juga, eeee....la dalah, kemudian giliran elko-elkonya yang dapet giliran di reboisasi ,lalu saya coba test lagi....eeeee....la kok masih tetep juga.....walah walaaaah.....

Akhirnya giliran R nya yang kebagian giliran sweeping hehehehe......saya periksa semua R di area vertikal sampai ke pin vertikal output aisy singlenya, di tengah jalan ketemu sama R320=15K yang lagi klenger kehausan karena lagi puasa wakakakaka......terukur nilainya meler sedikit dari aslinya, walah walah R lagi R lagi biangnya haduuuuuh....
     kesimpulan : yang rusak R320=15K
3. Layar Redup Pada Tv AKIRA 21"
    problem : gambar yang di hasilkan tidak bisa begitu terang, walaupun pengaturan contrast sudah di set pada level maksimum, gambar tetep saja redup. Disamping redup, untuk saturasi warnanya juga gak normal, terutama untuk warna birunya sangat tipis sekali.Awalnya saya mengira kerusakan pada CRTnya, tapi menurut sang pemilik, tv ini baru dibeli dari toko sekitar 8 bulan yang lalu.Yaah maklumlah tv jaman sekarang gak ada yang awet.
    perbaikan : Lalu saya cek tegangan pada pin RGB normal, saya cek tegangan pada tiap katodanya juga normal, ternyata kerusakan terletak pada 2 buah Transistor pada pcb blok RGB, yaitu V931=2SA608 dan V932=2SC536 dua-duanya short, setelah penggantian 2 komponen tersebut, tv saya coba nyalakan dan MAAK CLLIIIING....tv langsung normal kembali, gambar pun langsung terang kembali dan warnanya juga normal lagi.
    kesimpulan : yang rusak 2 transistor pada pcb blok RGB
4. TV AKIRA model CT21JBP1CP GAMBAR MENYEMPIT ATAS DAN BAWAH
    problem : gambarnya menyempit atas bawah +/- 9cm. Tv model ini menggunakan IC tunggal 8853 CPNG.



     perbaikan : Untuk kerusakan seperti ini, analisa saya kerusakan pada blok vertikalnya, untuk memastikan kerusakan tersebut apakah dari parameter setting vertikal ataukah memang kerusakan pada komponen pada blok vertikalnya, saya coba masuk ke servis mode untuk menyetel tinggi gambarnya. pertama tekan Vol(-) hingga nol kemudian tekan vol(-) di TV dan tahan, tekan display di remot, dan untuk mengatur tinggi gambar pilih menu HIT.
 akan tetapi setelah diatur hingga batas maximal pun gambar tidak full, maka diambil keputusan untuk membongkar tv tersebut. Cek semua tegangan normal, kemudian coba ganti semua elco diblok vertikal tetapi tidak membuahkan hasil, cek juga semua resistor di blok vertikal semua ukuran oke dan tidak ada masalah.
 Setelah semua saya uprek sampai ke IC 8853 CPNG akhirnya ketemu juga biang keroknya yaitu elco 0,47 uf 50v berada di pin 15, IC 8853 CPNG.


 Setelah elco tersebut diganti, kemudian TV dinyalakan terlihat gambarnya sudah penuh atas dan bawah.
5. Cara memperbaiki TV Akira Slim/Ultra tidak mau Star

       problem : tidak mau Starting




 Tv ini menggunakan UCOM / ic Program All In One seperti diatas
 Jenis kerusakan ini di tandai dengan Normalnya semua VCC atau tegangan kerja dari regulator maupun tegangan 5V untuk IC memory 24c16.
 Secara Normal, tv dengan chassis ini ketika diON-kan langsung starting Flyback. Tapi kali ini tidak star.
        penyebab : Kerusakan pada IC vertical juga akan menghasilkan gejala seperti ini.
 Lihat skema pada horizontalnya di bawah ini.
 silahkan ukur pada titik yang ada pada lingkar merah (VCC driver Horizontal), jika tv Normal seketika akan ada tegangan sekitar 18volt,
 Nah jika Naik perlahan dari 6v -->>> 14v itu ada kerusakan signal oscilator dari pin out IC.
 nah pengalaman saya dari bebrapa kali menanganinya bukan IC MICOM/UCOM ini yang rusak. coba saja Ganti kalo anda yakin.
 ternyata karna kerusakan pada Data di IC memory 24c16
 Solusinya anda harus copy dari memory yang bagus. seperti yg saya lakukan dari hasil SAVE tv akira yang normal.
 karena jika memory kosong tidak akan mau mengisi sendiri seperti pada tv Sharp dan LG.
       kesimpulan : yang rusak ic memory(eepromnya)
6. TV AKIRA gak ada signal
    problem : gak ada signal 
    perbaikan : tanpa melihat seperti apa bentuk IC croma, atau Programnya, aku langsung focus kedaerah Tuner, setelah pengecekan tegangan tuner, aku temukan kejanggalan yaitu pin UHF nya gak ada arus sama sekali. Langsung bodi Tuner aku bongkar dan cek tegangan 9v yg menuju IC tuner, tegangan ini normal tapi terhenti dikaki Resistor 220R, jadi kesimpulanya arus 9v tidak sampe ke IC
tuner.
 Setelah Resistor tsb aku ganti aku langsung mengarahkan gagangtester ke kaki UHF, disini sekarang ada arus sekitar 3v. Ah! cukup dah
Segera bodi Tuner aku rapikan kembali, lalu menyalakan pesawatTelevisi tsb sambil gak luma memasang cable antena.
Yes ketes ketes! siaran tv sudah dapat dinikmati tanpa cocot, eh
cacat. hehehe ...
     kesimpulan : penyebabnya R 220 ohm putus


7. TELEVISI AKIRA MATI-TOTAL
Kerusakan:
Tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.

Perbaikan:
Perbaikan saya mulai dengan memeriksa rangkaian power supply unit ( PSU ), tegangan B+ supply ke flyback saya ukur hasilnya masih dalam kondisi normal yaitu ( 115 volt ). Selanjutkan saya periksa transistor horizontal, hasil yang didapatkan transistor dalam kondisi baik. Tegangan supply normal dan transistor juga masih bagus kenapa televisi tetap tidak mau hidup?

Saya periksa flyback  dan hasilnya adalah flyback mengalami kerusakan. Penggantian flyback  langsung saya lakukan, setelah selesai proses penggantian saya hidupkan televisi ? Alhamdulillah televisi sudah hidup kembali. Disini ada permasalahan baru yang terlihat setelah televisi bisa menyala yaitu vertikal gambar tidak penuh, ada tanda hitam pada bagian atas dan bagian bawahnya.

Capasitor vertikal out 1000uf/50 volt kondisi masih bagus, saya buka sistem control utama ( servis menu ) untuk merubah parameter vertikal ( V-Size ), Kodenya adalah:

Tekan Menu di remote kemudian masukan angka 6568.
Untuk memilih parameter bisa menggunakan angka 1-2-3-4.
Cari V-size dan rubah nilainya ( 20 / 50 ), sesuaikan dengan screen CRT
Semoga bisa bermanfaat


8. TV AKIRA 14 INC GAMBAR GARIS HORIZONTAL
Kerusakan:
Tv akira sudah bekas servisan, ini kita lihat dari mainboard yang sudah banyak sekali solderan baru dilayar monitor hanya bisa kita lihat garis horizontal saja.

Perbaikan:
Hal yang paling merepotkan adalah jika menemui kerjaan yang sudah pernah di kerjakan oleh orang lain, kenapa bisa begitu ? ini karena kerusakan bisa saja meluas ke area lain apabila terjadi kesalahan yang tak terduga. Untuk pemeriksaan awal kita lakukan di area vertikal dengan komponen utama ic la78040 dan setelah kita lakukan pengukuran tegangan supply untuk ic ini dalam kondisi normal yaitu 24 volt maka sudah bisa kita pastikan ic sudah dalam kondisi rusak.

Segera kita lepaskan ic yang rusak dan kita gantikan dengan ic yang baru dan setelahnya kita coba hidupkan tv akira-nya dan hasil yang kita dapatkan adalah layar sudah agak terbuka sedikit/ tidak penuh. Jadi ada masalah baru rupanya, tampilan gambar yang tidak penuh biasanya disebabkan adanya capasitor yang kering/ kosong isinya tapi untuk kasus kerusakan yang dialami tv akira ini  tidaklah demikian. Capasitor 1000uf/35 volt masih terlihat baik/ tidak kembung , tahap lanjutan kita coba masuk ke servis menu , mungkin saja ada settingan yang berubah tapi hasilnya tetap sama. Kode masuk servis menu adalah tekan volume down di panel control lalu osd di remote.

Dua analisa sudah kita lakukan maka tinggal satu lagi yaitu  memeriksa capasitor untuk sistem Vamp nilainya 0,47uf/50 volt dan ini ada di area ic crhoma. Untuk memudahkan mencari posisi Vamp adalah dengan mengurut jalur dari Vout yang terhubung ke ic vertikal dan biasanya ada di dekat-dekat Vout posisi Vamp-nya. Untuk lebih jelas bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-akira-C-posisi

Setelah kita lepaskan capasitor lama dan kita gantikan capasitor baru kini kita coba hidupkan tv akira dan hasilnya alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal


9. TV AKIRA CT-21SK9CP TIDAK MAU HIDUP
Kerusakan:
Tv Akira ct-21sk9cp jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala, tidak tampak tampilan gambar apalagi suaranya.

Model tv Akira :

model-tv-akira-ct21kp9cp


Perbaikan:
Setelah kita buka tvnya langsung kita lakukan pengukuran, poin utama ada dibagian output PSU/ power supplu unit dan hasil yang kita dapatkan adalah semua tegangan output dalam kondisi normal. Tegangan utama yaitu B+ terukur 115 volt serta tegangan control 12 volt, kita coba tekan tombol program dan ternyata tv terlihat hidup dengan tanda tegangan 24 volt untuk supply ke ic vertikal, cuman kenapa sama sekali tidak ada cahaya dibagian belakang CRT? kita lakukan pengukuran dibagian heater dan ternyata tegangan sama sekali tidak masuk ke bagian ini.

Setelah kita lakukan pengurutan jalur ternyata ada jalur yang putus, persisnya dari kaki resistor 1 ohm 1 watt dimana sebagai starting/ penahan untuk supply ke heater CRT. Jadi sudah ketemu penyebab utama kerusakan, setelah kita lakukan solder ulang dengan sebelumnya kita lakukan jumper terhadap jalur yang putus kini tv akira sudah berfungsi seperti semula. Gambar sudah terlihat lagi di layar monitornya begitu pula suara sudah bisa kita dengar lagi dari speakernya.

Ada sedikit penambahan yaitu solder ulang di beberapa titik dengan poin utama adalah dibagian komponen yang mengeluarkan panas diantaranya adalah ic regulator dan ic crhoma serta ic vertikal. Untuk kasus yang sering terjadi kelonggaran timah solder adalah dibagian ic regulator, berikut contohnya :

mainboard-tv-akira-ct21sk9c

Sedikit penambahan timah/ resolder membuat daya tahan tv akan menjadi lebih baik, jadi tidak ada salahnya lakukan langkah ini untuk memberikan servis yang memuaskan untuk konsumen kita. Seperti kita tahu banyak kerusakan yang di alami oleh televisi karena kendornya timah solder.

10. TELEVISI AKIRA 21LGS1 GAMBAR DISTORSI
Kerusakan:
Televisi Akira jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar timbul garis-garis yang bergerak dimana posisinya selalu berubah-rubah/ tidak bisa diam. Untuk sistem penerimaan dalam kondisi bagus tidak mengalami permasalahan.

Model televisi Akira :

model televisi Akira



Perbaikan:
Seperti yang sudah-sudah selalu kita mulai pemeriksaan dibagian Power supply , poin ada dibagian sekunder/ outputnya. Setelah televisi kita buka Casingnya sudah terlihat dengan kasat mata komponen yang mengalami kerusakan yaitu Capasitor. Capasitor yang dipergunakan sebagai filter telah mengalami perubahan fisik, dengan keadaan yang seperti ini kinerjanya semakin tidak bagus. Nilai Capasitor yang dipergunakan adalah :

1 100uf/160 volt

2 470uf/25 volt 2X

3 10uf/250 volt

4 1000uf/25 volt

Untuk memperbaiki ini kita lakukan penggantian secara keseluruhan pada Capasitor-nya, hal ini sangat diperlukan supaya perbaikan yang kita lakukan bisa agak kuat/ tidak mudah timbul masalah baru tentunya. Posisi Capasitor di Mainboard :

Mainboard televisi Akira

Capasitor-filter

Selesai pemasangan Capasitor kita lanjutkan resolder IC Crhoma + Control serta IC Vertikal. Setelah semuanya selesai kita coba lihat apakah resolder dalam kondisi baik/ tidak ada yang shot. Sekarang barulah kita coba hidupkan televisi Akira-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal.

11. TELEVISI AKIRA CT14SJ9CP TIDAK MAU HIDUP
Kerusakan:
Televisi Akira jika kita hidupkan terlihat lampu indikator berkedip-kedip sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Model televisi Akira :

model-Televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225



Perbaikan:
Rangkaian power supply menjadi fokus utama untuk diadakan pemeriksaan, televisi Akira menggunakan Ic STR6653 sebagai switching utamanya. Untuk mengetahui letak kerusakan kita coba hidupkan televisi-nya dan kita adakan pengukuran pada bagian sekunder untuk tegangan B+, hasil dari pengukuran kita dapatkan tegangan dalam kondisi berdenyut/ mati-hidup.

Untuk bagian output yang lain juga mengalami hal yang sama, untuk tahap awal kita coba ganti capasitor 47 uf/50 volt pada bagian Ic switching/ primer area. Setelah kita ganti dan kita coba hidupkan televisi kita tetap mendapatkan hasil yang sama seperti semula/ tetap berdenyut.

Tahap lanjutan kita lakukan pengukuran pada bagian control disini menggunakan poto couppler dan transistor, disini kita dapatkan masih dalam kondisi bagus. Pemeriksaan capasitor juga kita lakukan ,disini menggunakan 100 uf/160 volt sebanyak 2 buah untuk filter tegangan B+ . Jika kita lihat sepertinya tidak ada masalah dengan capasitor-nya karena tidak ada perubahan bentuk , jadi kita kira masih bagus capasitor-nya.

Ternyata setelah kita coba jumper coil penghubung capasitor 100uf/160 volt mendadak power supply kembali berfungsi, jadi capasitor filter pertama yang terhubung dengan dioda yang mengalami kerusakan dan pada bagian ini terhubung langsung untuk bagian control B+ nya.

Jadi telah kita ketahui penyebab utama kerusakan ada di capasitor maka segera kita lakukan penggantian , posisi capasitor di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225

capasitor-filter-power-supply-televisi-Akira-CT14SJ9CP-300x225

Kini setelah kita ganti capasitor 100uf/160 volt ,Alhamdulillah televisi Akira sudah kembali normal.



12. TELEVISI AKIRA CT21PF9 SUSAH HIDUPNYA
Kerusakan:
Televisi Akira jika kita coba hidupkan baru mau hidup apabila sudah rada lama, bila sudah hidup selama lima menit televisi kembali mati dengan sendirinya

Model televisi Akira :

model-Televisi-Akira-CT21PF9-300x225


Perbaikan:
Langkah perbaikan kita mulai dengan memeriksa beberapa komponen yang ada pada rangkaian power supply, untuk mengetahui letak kerusakan saat pertama kali kita buka casing belakang televisi dan terlihat mainboard televisi-nya sudah tampak dengan jelas komponen yang mengalami kerusakan yaitu Capasitor. Tampilan mainboard televisi Akira :

tampak-atas-mainboard-televisi-Akira-CT21PF9-300x225

Capasitor yang mengalami kerusakan ada pada bagian filter tegangan 115 volt , capasitor yang dipergunakan ada 1 buah dengan kapasitas 100uf/160 volt, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

capasitor-100uf160-volt-filter-power-supply-televisi-Akira-CT21PF9-300x225

Segera kita pasangkan capasitor baru 100uf/160 untuk menggantikan capasitor yang mengalami kerusakan, sebelum kita coba hidupkan televisi-nya ada langkah tambahan yaitu kita mesti mengganti juga 2 buah capasitor pada rangkaian power supply bagian primer . Capasitor yang dipergunakan untuk bagian ini adalah dengan kapasitas 47 uf/ volt , tampilan capasitor pada mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-47uf50-volt-filter-power-supply-primer-area-mainboard-televisi-Akira-CT21PF9-300x225

Setelah kita ganti semua Capasitor-nya ada baiknya juga di periksa timah solder yang ada di mainboard, seperti kita ketahui temperatur kerja televisi yang panas terkadang membuat timah solder menjadi retak. Setelah pemeriksaan timah solder selesai kini kita coba hidupkan televisi dan tekan tombol program + dan hasilnya Alhamdulillah televisi Akira sudah bisa hidup kembali.














Sumber:

1 comment:

  1. Gan saya punya kasus sama kaya yg pertama gak nangkep siaran,33V nya gak berubah. Punya Firmware eeprom nya gak??

    ReplyDelete