Saturday, September 21, 2013

berbagai kerusakan tv sanken




1.  TV SANKEN BAZZON 29"mati total 
     problem : matot
     penyebab : setelah pengecekan ternyata TR Horizontal short.
     perbaikan : Mulailah dengan pengangkatan TR tersebut, kemudian cek tegangan ada sekitar 125V berarti ada kemungkinan normal tetapi kenapa TR bisa jebol??? kemudian saya memeriksa bagian Horizontal mulai memeriksa Capasitor satu persatu beserta dioda ternyata normal semua. Saya beranikan untuk mengganti TR yang baru dan...TV bisa menyala tapi logo SANKEN sangat melebar sekali dan tiba - tiba pet..ngik ngik ngik tv mati dan terdengar bunyi Travo inverter berdengik ternyata TR jebol lagi. Akhirnya saya teringat dengan kasus TV LG yang gambarnya melebar cuma kalo di LG TR Hor tidak jebol.
      Setelah saya periksa ulang ternyata ada Capasitor 360n 250v nilainya sudah berubah setelah saya bandingkan dengan yang baru ternyata bergerak separuh dibanding yang baru bila diukur dengan tester menggunakan X100K. Akhirnya saya tidak ragu - ragu menggantinya dengan yang baru dan juga mengganti TR Hor D1557 karena tidak dapat type ini saya gunakan D2638  dan juga mengganti C 1uf 250v.
      Mulailah menghidupkan TV.....dan logo SANKEN sudah tidak melebar lagi sambil saya pegang heatsink TR hor siapa tahu panasnya berlebihan dan ternyata normal.  TV pun langsung OK...!!!

2. SERVIS TV SANKEN SYMPHONY SLIM gbr tidak penuh
    problem : Gambar tidak penuh, bagian bawah layar ada warna hitam sekitar 2 cm.Suaranya hilang, untuk pertama dinyalakan suara tidak ada tetapi lama-lama kadang ada.Layar warnanya tidak normal, disetiap sudut layar ada warna merah.
    perbaikan : Pertama saya buka terlebih dulu casing tv, kemudian bongkar mesinnya / mainboard dan bersihkan debu dan kotorannya. setelah semua bersih saya mulai mengamati kondisi mesinnya, secara kasat mata memang ada dua buah elco yang sudah mengembung. ukuran elco tersebut :
1000 uf 25 volt, terpasang dipower supply untuk mencatu IC power ampli.
2200 uf 35 volt terpasang untuk output Vertical.
Untuk selanjutnya kedua elco tersebut langsung saya ganti, kemudian jangan lupa solder ulang semua titik yang kelihatan sudah retak. kemudian untuk mengecek semua tegangan kita nyalakan mainboardnya, ternyata setelah saya cek semua NORMAL, oke-oke saja.
Setelah pengecekan selasai kemudian saya pasang mainboard ke layar / tabung crt. Kemudian tv dinyalakan dan hasilnya GAMBAR LANGSUNG PENUH, SUARA pun langsung terdengar oke.
     Kesimpulan : kerusakan tv ini cuma elco yang mengembung.
Untuk tampilan layar yang berwarna merah disetiap sudutnya cara mengatasinya dengan memakai magnet (bisa magnet bekas speaker) dekatkan magnet ke layar crt tarik perlahan satu arah berulang sampai warna merahnya hilang.
     catatan : TV SANKEN SYMPHONY SLIM ini menggunakan IC tunggal TOSHIBA 8899CSCNG6UV2, IC  Vertical STV 9378, TR HORISONTAL D5036 dan STR W6556A.

3.  tv Sanken standby
     problem : standby
     penyebab : Setelah di lakukan pengecekan tegangan B+ terukur ngedrop 50 volt. Ternyata sumber ngedrop ada pada saat Flyback bekerja, kesimpulan saya flyback rusak.
     solusi : Berhubung nyari flyback dengan seri BSC24-01N40 susah dengan amat terpaksa harus mencari solusi persamaannya.Dan saya dapat persamaan pin flyback dengan type BSC25-1010A. Nggak ada perbedaan kaki flyback dengan type aslinya tv pun langsung menyala normal. Setelan vertikalnya ternyata kurang penuh, untuk masuk ke Menu Servis tv Sanken caranya sebagai berikut:
Service Mode Tv Sanken volume pada posisi 0 lalu tekan Volume min pada tv di sertai tombol display pada remote



4. TELEVISI SANKEN MATOT/MATI-TOTAL
Kerusakan:
Setelah dihidupkan terdengar suara desis dari Mainboard, gambar maupun suara tidak keluar.

Perbaikan:
Televisiyang mengalami kerusakan modelnya seperti ini:

Televisi SANKEN 14 Inc

Seperti biasa yang paling awal kita cek bagian Power Supply, ini bagian yang paling vital dalam Mainboard Televisi. Hasil yang kita dapatkan adalah:

1 B+ 115 volt dalam kondisi normal

2 B+ 180 volt dalam kondisi normal

3 B+ 24 volt dalam kondisi normal

4 B+ 12 volt tidak normal

5 B+ 15 volt dalam kondisi normal

Tempat pengecekan bisa dilihat pada gambar 1:

Mainboard / Power supply area / posisi pengecekan dengan tanda lingkaran merah

Karena pada B+ 12 volt mengalami penyusutan/tidak stabil, ini yang menyebabkan Televisi tidak bisa hidup. B+ 12volt memegang peran penting dimana tegangan ini di gunakan untuk bagian IC control, makanya Televisi jadi tidak mau hidup dalam kasus yang lagi kita tangani. Di samping masih banyak lagi penyebab lain yang mungkin menyebabkan kerusakan yang seperti ini.

Kerusakan di sebabkan oleh Capasitor 1000uf/25 volt, perbaikannya tentu hanya tinggal mengganti Capasitor dengan yang baru. Setelah di ganti kita coba hidupkan televisi? Televisi sudah ada gambar begitu pula suara, cuma gambar yang dihasilkan tidak fokus. Kita coba menyetel fokus pada playback, hasilnya tetap tidak bisa . Segera kita lihat soket CRT apakah ada kelainan pada soket bagian fokus, karena biasanya kalau soket sudah berkarat itu sudah menandakan rusak.

Tetapi setelah kita lihat soket bagus-bagus saja, kemungkinan tegangan fokus rembes pada bahan isolator Soket sehingga Tegangan Supply untuk Fokus CRT menjadi drop. Model soket CRT yang digunakan tampak pada gambar berikut :

Soket CRT Leher Kecil

Perbaikan untuk ini kita hanya tinggal mengganti soket CRT-nya saja, selanjutnya kita tes lagi? Alhamdulillah televisi kita hidupkan? gambar langsung bagus/ fokus. Karena suara yang rada gede, jadi kagak ketara kalau masih ada suara desis pada mainboard kira-kira apa penyebabnya? Dalam keadan televisi hidup coba kita cek power supply dibagian primer, ternyata capasitor filter 220uf/400volt mengalami kerusakan sehingga tegangan supply 300 volt menjadi tidak stabil. Segera kita ganti dengan yang baru,setelahnya kita coba kembali dan hasilnya power supply sudah normal kembali.

Begitulah proses perbaikan televisi merk Sanken yang kita kerjakan, Alhamdulillah semuanya sudah kembali baik. Televisi sudah dapat di tonton lagi.


5. BUKA CHILD LOCK TV SANKEN TANPA REMOTE
Problem: 
Fungsi child lock berfungsi tanpa disadari yang punya televisi. Mungkin saat coba akses menu dan terpilih parameter ini sehingga pilihan child lock di aktifkan tanpa tahu fungsi sebenarnya . Dan baru panik setelah mengetahui remote rusak dan coba akses key panel semua pilihan tidak berfungsi , prog -volume-menu .


Perbaikan:
Metode standar hanya dengan menggunakan remote untuk buka child lock ( tekan OSD agak lama sampai child lock terbuka ) . Sayangnya saat sudah dibelikan remote yang kebetulan multi fungsi , saya sudah masukan semua kode yang tersedia tidak ada satupun yang nyangkut.

Default kode biasanya jarang bermasalah , tinggal masukan dan langsung fungsi sesuai dengan model televisi yang digunakan. Televisi yang bermasalah merk SANKEN model agak lama dan ukurannya 14 inc, seperti ini modelnya :

tv-sanken

Karena sudah tidak ketemu cara manual dengan pakai remote control akhirnya saya gunakan trik lain untuk eksekusi permasalahan ini , cara yang saya gunakan dengan memutuskan sesaat IC EEPROM satu pin ( fungsi data (SDA) ) dan selanjutnya saya hidupkan televisi. Saat televisi sudah hidup dan akses key panel bisa di akses saya matikan fungsi child lock ( solderan 1 pin tadi langsung saya solderkan kembali ) . Setelahnya saya matikan televisi dan saya hidupkan kembali, hasil akhirnya sistem keypad panel sudah berfungsi kembali seperti biasanya .

Ada saja jalan keluar untuk permasalahan yang dihadapi yang penting tetap semangat , jangan menyerah .


6. TV SANKEN 21 ULTRA SLIM VERTIKAL PROBLEM
Kerusakan:
Tv Sanken jika kita hidupkan hanya terlihat garis horizontal dilayar monitornya.

Model Tv Sanken :

sanken-ultra-slim



Perbaikan:
Permasalahan yang umum yang memang kerap terjadi di televisi model sekarang, temperatur kerja televisi yang cukup panas membuat Capasitor retan terjadi kerusakan. Tahap awal memang sudah bisa kita lihat adanya 2 Capasitor yang mengalami kerusakan dengan tanda bodynya menggelembung nilainya 1000uf/50 volt dan 2200uf/50 volt , seperti ini contohnya :

mainboard-tv-sanken-ultra-s

Setelah kita lakukan penggantian semuanya kembali normal, namun selang beberapa hari kasus ini kembali terjadi. Pemeriksaan kita lakukan dan hasilnya IC STV8172 dalam kondisi rusak, ini ditandai dengan fuses Resistor putus nilai 1 ohm/1 watt. Untuk capasitor 2200uf/50 volt yang telah kita ganti dalam kondisi baik, jadi kita tinggal lakukan penggantian IC dan Resistor saja. Proses pelepasan IC STV8172 dari alumunium pendingin agak sedikit merepotkan karena posisinya bautnya, untuk ini mesti lepaskan alumunium secara keseluruhan termasuk komponen Transistor Horizontal. Setelah bisa kita lepaskan barulah kita pasangkan IC STV8172 dan pasangkan kembali alumunium dan solder semua komponen yang terpasang.

Setelah selesai semuanya kini kita hidupkan tv Sanken-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal.



7. TV SANKEN 14AM MATI-TOTAL
Kerusakan:
Tv Sanken jika kita coba hidupkan tidak terlihat tanda-tanda kehidupan, lampu indikator tampak tidak menyala.

Model tv Sanken :

model-tv-sanken-14am



Perbaikan:
Langkah awal proses pemeriksaan kita lakukan di area power supply, komponen utama fuses/sikring  dan disini kita lihat kondisinya sudah tampak hitam seperti hangus. Dari sini sudah bisa dipastikan adanya komponen yang shot/ konsleting dan komponen terkait adalah Transistor power supply. Kita lepaskan transistor dari mainboard dan setelahnya kita lakukan pengukuran dioda untuk penyearah tegangan 300 volt dan disini kita dapatkan hasil dioda masih dalam kondisi baik. Untuk mengetahui lebih jauh apakah masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan maka segera kita masukan aliran listrik, sebelumnya kita pasangkan fuses baru.

Setelah kita hidupkan kita lakukan pengukuran tegangan untuk basis transistor power supply, hasil terukur tegangan 1.2 volt dan dengan hasil ini sudah dipastikan komponen diarea primer dalam kondisi baik semuanya. Di area primer itu ada beberapa resistor serta dioda dan juga capasitor ukuran nano farad. Kita pasangkan Transistor power baru dan langsung kita coba hidupkan ? hasilnya tegangan output terukur tidak normal, saat awal terukur tegangan B+ 135 volt dan semakin lama makin menyusut yaitu 95 volt.

Kita lakukan pemeriksaan kembali dan kali ini di area sekunder power supply, komponen utama ada di trimpot untuk sistem control B+  , trimpot kita ukur masih baik begitu pula beberapa resistor yang terpasang . Hanya transistor C1815 yang belum kita periksa dan hasilnya posistif dalam kondisi rusak pin basis dengan emitor terukur shot/ ada hubungan bolak-balik. Kita ganti transistor C1815 dan kita coba hidupkan lagi power supplynya dan kali ini hasil yang kita dapatkan sudah sesuai alias normal yaitu 115 volt. Posisi transistor C1815 di mainboard :

area-regulator-mainboard-tv

Kita tekan tombol power melalui remote dan hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, gambar sudah mulai tampak dilayar monitor begitu pula suaranya sudah terdengar terlebih dahulu. Selesai sudah perbaikan tv Sanken ini.


8. TV SANKEN BAZZON 29APF MATOT/ MATI-TOTAL
Kerusakan:
Tv Sanken mengalami kerusakan setelah timbulnya bunyi dari dalam televisinya, bunyinya seperti ada kebocoran di playback.

Model tv Sanken :


model tv sanken

Perbaikan: 
Pemeriksaan kita lakukan paling awal dibagian transistor horizontal, disini kita dapatkan hasil transistor masih dalam kondisi bagus/ tidak shot. Tahap selanjutnya kita lakukan pengukuran di capasitor filter tegangan 300 volt, ini berada dibagian power supply. Dari hasil pengukuran dengan multitester juga kita dapatkan hasil yang sama yaitu bagus-bagus saja. Kita maju selangkah lagi yaitu pemeriksaan fuses/ sikring dan ini baru kita dapatkan hasil, kondisi sikring dalam kondisi putus.

Putusnya sikring tentunya karena adanya komponen yang shot/ konsleting, jadi sebelum kita lakukan penggantian fuses mesti kita periksa Dioda. Dan benar adanya 2 Dioda dalam kondisi shot dan segera kita lakukan penggantian, setelah selesai kita pasangkan fuses baru dan kita coba hidupkan tv Sanken-nya. Hasilnya alhamdulillah tv sudah bisa hidup dan sesaat itupula kita lihat adanya kebocoran dibagian bawah playback, langsung tv kita matikan dan kita lepasakn playback untuk memasangkan playback baru.

Type playback tv Sanken :
model playback tv sanken


Type playback ini kita tidak temukan jadi kita gunakan type lain yaitu :

type playback pengganti

Sekarang kita coba hidupkan tv Sanken dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, sedikit kita lakukan setting screen dan fokus untuk mendapatkan tampilan gambar yang optimal. Selesai sudah perbaikan tv Sanken yang kita lakukan, syukurnya masih bisa gunakan type playback lain yang secara pinout adalah sama persis sedangkan secara kode adalah beda.

9. TELEVISI SANKEN ST14EMT TAMPILAN GARIS HORISONTAL
Kerusakan:
Televisi Sanken ST14EMT jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar hanya garis horisontal , kita hanya bisa dengarkan suaranya saja.

Model televisi Sanken :

model televisi sanken


Perbaikan:
Untuk mengetahui penyebab kerusakan langsung deh kita buka televisinya, kebetulan nih televisi masih perawan/ maksudnya belum pernah diservis . Setelah terbuka,, sudah terlihat tuh penyebab kerusakan , Capasitor/ Elco bagian vertikal yang terlihat menggelembung bagian atasnya. Posisi Capasitornya:

Mainboard tv sanken

Kapasitasnya adalah 1000uf/25 volt dan kita pasangkan pengganti 1000uf/50 volt,  sebelum kita coba hidupkan televisinya sedikit kita lakukan solder ulang di beberapa titik diantaranya :

1 Bagian regulator, kerap kali terjadi retak timah soldernya

2 Kaki Resistor untuk sistem regulator

3 Bagian IC Vertikal

4 Bagian IC Control + Chroma

5 Bagian Heater output/ kaki Resistor-nya

6 Kaki Transistor penguat Video RGB

Solder ulang sangat diperlukan mengingat timah yang ada di PCB sering mengalami retak karena terkena panas dari komponen yang sedang bekerja, bisa dari IC/ Transistor / Resistor . Setelah selesai barulah kita coba hidupkan televisi Sanken-nya dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

10. TELEVISI SANKEN ST21JUS VERTIKAL TROUBLE
Kerusakan:
Televisi Sanken jika kita hidupkan pada layar monitor hanya bisa kita lihat garis horizontal berwarna biru, kita hanya bisa mendengarkan suaranya saja.

Model televisi Sanken :

model-Televisi-Sanken-ST21JUS-300x225



Perbaikan:
Awal pemeriksaan kita adakan pengukuran pada bagian tegangan supply 26 volt untuk ic Vertikal, hasilnya untuk ke Ic kita tidak dapatkan adanya tegangan 26 volt padahal dari catu dayanya tegangan tersebut tersedia. Untuk memastikan letak kerusakan kita lakukan pengukuran hambatan untuk Ic Vertikalnya dengan multitester dan hasilnya adalah Ic vertikal sudah dalam kondisi konsleting/ shot antara ground dengan + .

Jadi sudah jelas kerusakan ada pada Ic Vertikalnya maka segera kita lepaskan Ic tersebut dan setelah terlepas dari mainboard kita baru melihat Ic Vertikal mengalami hangus jadi kode agak hilang sedikit. Tampilannya Ic vertikal bawaan televisi :

ic-vertikal-mainboard-televisi-Sanken-300x225

Untuk memudahkan kita maka kita lihat saja kode belangnya yaitu 72A maka kita dapatkan type Ic-nya yaitu STV8172A ,tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

ic-stv8172a-300x225

Sebelum kita pasangkan Ic STV8172A maka perlu kita lakukan penggantian Resistor untuk tegangan 26 volt serta Capasitor 100 uf/50 volt, dua komponen ini sangat penting supaya sistem vertikal bisa kembali berfungsi. Lokasi 2 komponen tersebut bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-dan-resistor-mainboard-televisi-Sanken-300x225

Nilai resistor adalah 1 ohm 1 Watt, setelahnya kita pasangkan Ic STV8172A . Kini tinggal kita lakukan pengetesan , kita hidupkan televisi Sanken dan hasilnya ? Alhamdulillah televisi Sanken sudah kembali normal, gambar sudah bisa kita lihat lagi di layar monitornya.

11. TELEVISI SANKEN BAZZON 21 PF SUSAH HIDUPNYA
Kerusakan:
Televisi Sanken pertama kali kita hidupkan terkadang tidak mau hidup, tetapi jika sudah rada lama kita diamkan terkadang suka mau sendiri.

Model televisi Sanken :

model-Televisi-Sanken-Bazzon-21-PF-300x225



Perbaikan:
Kondisi yang seperti ini biasa terjadi karena tidak stabilnya tegangan output power supply, dan itu disebabkan tidak berfungsi secara optimal Capasitor sebagai filter utamanya. Jadi pemeriksaan hanya kita lakukan pada rangkaian power supply, dan hasil setelah kita buka casing belakangnya sudah dapat kita lihat dengan jelas capasitor yang mengalami kerusakan.

Posisi capasitor untuk filter tegangan 11,8 volt mengalami kerusakan itu bisa kita lihat body capasitor yang agak melendung. Segera kita lepaskan capasitor yang melendung dan kita gantikan dengan yang baru, ohh iya kapasitas capasitor ini adalah 1000 uf/50 volt. Posisi di mainboard bisa kita lihat pada gambar berikut :

capasitor-1000uf50-volt-filter-tegangan-118-volt-mainboard-televisi-Sanken-ST21JUS-300x225
Setelah selesai kita pasangkan capasitor baru kini kita coba hidupkan televisi-nya ? hasilnya Alhamdulillah televisi Sanken sudah bisa hidup kembali. Selesai sudah perbaikan yang kita lakukan untuk televisi Sanken , hanya dengan mengganti 1 buah capasitor 1000uf/50 volt, kini televisi Sanken sudah dapat dinikmati kembali seperti biasanya.















sumber:

17 comments:

  1. pak, saya ada tv sanken 21" vivo star, kerusakan nya kalo baru nyala gambar blur atau buram,, lama lama sktr 1jam baru akan normal kembali. kira2 apanya yg rusak pak? trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba solder ulang solderan yg terlihat retak. Atau bisa jadi disebabkan fungsi fokus gambar bermasalah karena potensio fokus di flyback kotor.

      Delete
  2. saya punya tv SANKEN VIOLA ada masalah begitu dinyalakan gak ada suaranya, tapi begitu tv nyalanya lama suaranya ada lagi, terus sekarang suaranya suka ilang2 itu apanya yg rusak ya pak??? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di bagian rangkaian audionya, apakah ada solderan yg retak. saran saya coba solder ulang komponen dibagian audionya karna kadang ada kaki komponen yg kurang nempel wlo solderan tampak baik.

      Delete
  3. TV Sanken saya 21" bila on cukup lama ada masalah dengan garis-garis horisontal pada layar setelah 1 jam on muncul garis-garis namun lama-lama hilang sendiri atau dimatikan normal lagi tapi saat ini semakin lama garis-garisnya gak hilang-hilang apanya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti elconya terutama elco yg paling besar biasanya yg 150u/450v dan elco b+ nya

      Delete
  4. sudah sya solder ulang bagian audionya tapi msh ilang2 suaranya pak. tv saya ini baru di nyalakan gambar di bagian bawah menyusut beberapa centi begitu udah nyala lama baru gambar full lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gbr yg kurang full kemungkinan ada elco dan ato resistor di bagian vert yg bermasalah coba cek satu persatu. Tapi sblumnya solder ulang bagian yg terlihat retak. Untuk elco gnti aja yg baru .
      Untuk bagian audionya coba sentuh bagian input ic nya apakh keluar suara

      Delete
  5. Tv saya sanken simpony . Tvnya nyala. Tapi gelap g ada gambarnya kaya tivi mati. Tapi ada suaranya. Knp ya gan. Kira2 brpa habs byarnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebab nya gk mesti. kadang hanya solderannya yg bermasalah, kadang jalur heater putus, kdang ada elco yg bermasalah, dlsb. Utk ongkos kira-kira 50rb an belum termasuk gnti komponen

      Delete
  6. Pak saya ada tv Sanken 21'. skrg timbul suara dengungan lumayan keras itu knapa ya pak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek klo perlu ganti elco yg di bagian audionya

      Delete
  7. Pak mo tanya kalo ni remote universal ke tv sanken bazzon digital plus tdk dapat d pake trus sy pake tombol yg di tv mlah error contohny pencet chanel mlah volume nambah sampe 100 itu apa uh salah pak??maksiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah remote, coba periksa baterai dan program ulang remotenya. Untuk masalah tombol yg error, coba ganti aja tombol tombol yg ada di tv krn bisa jadi sudah mengalami korosi

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pak mau tanya,,, tv saya sanken jika di hidupkan sering timbul suara dengungan sprti ngiiiikkkkkk... Kira2 apanya ya pak.. Mhn infonya.. Mksh

    ReplyDelete