Tuesday, September 24, 2013

berbagai kerusakan tv jvc


1.  TV JVC F SERIES HANYA START SEBENTAR 
     problem : BILA DI ON NYALA SEBENTAR LALU MATI TOTAL.
     penyebab : SETELAH PENGECEKAN TERNYATA OUTPUT TEGANGAN SEMUA PIN DARI TRAVO REGULATOR HANYA ADA SESAAT LALU 0 VOLT
PERBAIKAN : PIKIR SAYA MUNGKIN IC STR F 6654 TIDAK MAU BEROSILASI ATAU PART PENDUKUNG ADA YANG RUSAK, SAYA CHECK ELCO DAN RESISTOR SEMUA NORMAL. SAYA COBA GANTI IC REG (type ini stock banyak) SETELAH PENGGANTIAN TETAP TIDAK ADA PERUBAHAN, BERARTI BAGIAN SEKUNDER REGULATOR ADA YANG BERMASALAH , KOMPONEN YANG BERPENGARUH UNTUK OSILASI TV INI DAN YANG MENENTUKAN BESARNYA TEGANGAN ADALAH OPTOCOUPLER DAN S 8154(SAMA DENGAN SE 115) NAMUN DUA KOMPONEN TERSEBUT NORMAL TIDAK RUSAK, SAYA TERINGAT PERNAH AKARI YANG PAKAI STR S 6707 HANYA START SEBENTAR LANGSUNG MATOT KERUSAKAN ADALAH OPTOCOUPLER TIDAK MENDAPAT SUPLLY DARI SE 115 (SE 115 RUSAK ) . KALAU TV JVC INI, SUPLLY OPTOCOPLER DARI C 945 (1000 u/35 volt) MELALUI DUA RESISTOR ,SAYA COBA SAYA ON KAN TV TERUKUR DI C 945 VOLTAGE NYA KECIL TIDAK NORMAL .DARI SINI SUDAH BERBUNGA HATI INI SEPERTINYA ELCO INI BIANG KELADINYA. SETELAH PENGGANTIAN ELCO DAN COBA SAYA ON KAN LANGSUNG NYALA TERUKUR B + NORMAL.SEBELUM SAYA TUTUP SOLDER ULANG BAGIAN VERTIKAL OUT DAN RGB SOKET. RUNNING TEST SAMBIL LIHAT ACARA TV, SETELAH AGAK LAMA TIDAK ADA MASALAH LAIN TUTUP DAN TERIMA UANG JASA.
     KESIMPULAN : YANG RUSAK ADALAH ELCO YANG MENYUPPLY OPTOCOUPLER YAITU 1000uf/35 v
     catatan : tv ini pakai  IC REG STR F 6654 SAMA DENGAN SHARP
2. TV JVC type AV-B14T-SC  layar gelap, tombol panel kacau
     problem : Suara normal, layar gelap, OSD ada, tombol panel kacau.
     perbaikan : Setelah resolder, switch push-on tombol panel diganti. Setelah diganti, tombol panel berfungsi normal tapi gejala tetap sama. Hasil pengukuran, menunjukkan B+, 12V, 9V, 5V, 180V, G2 dan ABL normal. Hanya tegangan katoda R,G dan B terlalu tinggi = 150V. Tegangan pada basis transistor penguat akhir warna R,G dan B =2V --> artinya tidak normal (kurang tinggi). Selanjutnya IC memory 24CO4 saya ganti dengan yang baru (kosongan).Setelah diganti, layar nyala biru (karena tegangan katoda biru jadi normal), tapi tegangan katoda merah dan hijau tetap tinggi. Dari data pengukuran dan penelusuran lebih jauh serta saran2 dari rekan2 (mas Bonny, mas Alex, mas Budy, mas Arull & Gelora Elektronik), disimpulkan untuk mencoba mengganti IC memory 24CO4. IC aslinya saya copy ke IC kosongan kemudian dicoba lagi dan hasilnya layar tetap hanya nyala biru. Karena remote aslinya sudah tidak ada, untuk masuk service mode saya coba dengan remote universal VISERO RM109. Saat tv nyala/on, saya tekan mute dan display (di remote)bersamaan. Awalnya tidak ada respon, tapi setelah saya coba beberapa kali tiba2 gambar keluar sesaat kemudian layar berubah putih (sepertiga bagian pada layar sebelah kiri lebih terang) terang sekali. Kemudian tv saya off-kan. Setelah itu tv di-on-kan lagi -->ternyata sekarang gambar normal. Mungkin ada diantara rekan2 yang bisa menjelaskan, mengapa bisa demikian. Langkah berikutnya, saya coba auto search--->normal. TV saya off-kan, kemudian di-on-kan lagi--->tetap normal.
     kesimpulan : solusi kerusakan seperti ini dengan mengganti ic memory 24c04
3. JVC K SERIES AV-KT21T2 TERDAPAT GARIS2 BLANKING PUTIH PADA BAGIAN ATAS RASTER
    PROBLEM : RASTER BAGIAN ATAS TERDAPAT GARIS-GARIS BLANKING PUTIH SETEBAL 2 CM.
    SOLUSI : GANTI C 428 :100UF/50V.
4. JVC C 20 RNS KEMBALI KE POSISI STANDBY
    PROBLEM : TV SERING KEMBALI KE POSISI STAND BY. MESKI TOMBOL POWER DAN PROGRAM DI TV DI PENCET TV TETAP TIDAK DAPAT START.
    SOLUSI : GANTI R751 : 100KOHM

5. PLAYBACK TELEVISI LG UNTUK TELEVISI JVC
Kerusakan:
Televisi JVC 29 inc dengan model AV-29VX74, mengalami kerusakan di Flyback ( FBT ) . Flyback dengan type QQH0184-001 sangat susah dicari penggantinya. Kerusakan ada pada kabel HV-out, ada kebocoran yang menimbulkan percikan api jika dinyalakan televisinya.

Perbaikan:
Karena flyback pengganti yang sama tidak saya temukan maka disini saya coba menggunakan flyback type 6174-5003R yang biasa digunakan  Televisi merk LG 29 inc sebagai penggantinya.

Pemasangan flyback LG mesti memotong beberapa jalur, ini diperlukan karena Pinout-nya beda dengan flyback JVC. Berikut susunan pinout-nya:


Flyback JVC              Flyback LG
Colector                      Colector
B+                              B+
AFC                              B- [14 volt]
B- [14 volt]              B+ [14 volt]
B+ [14 volt]             Video B+ 180 volt
Ground                     Ground
Heater                     NC
ABL                             28 Volt
Video B+ 180 volt     ABL
Ground                     Heater


6. TELEVISI JVC AV14FT SUARA BAGUS GAMBAR PUTIH BERGARIS
Kerusakan:
Televisi JVC jika saya hidupkan cuma terdengar suaranya saja sedangkan tampilan pada layar monitor hanya cahaya putih disertai dengan garis-garis .

Model televisi JVC :

model-Televisi-JVC-AV14FT-300x225


Perbaikan:
Pemeriksaan awal jika terjadi kerusakan seperti ini adalah dengan memeriksa tegangan supply 180 volt, letaknya untuk supply tegangan ke penguat video RGB. Hasil pengukuran didapatkan memang positif tegangan dalam kondisi drop,dan ini disebabkan oleh capasitor filter . Capasitor yang dipergunakan adalah 10uf/250 volt dan posisi pada mainboadnya ,bisa dilihat pada gambar berikut :
mainboard-televisi-JVC-capa-300x225
Saya pasangkan capasitor baru sesuai dengan yang digunakan dan sedikit tambahan saya lakukan resolder dibagian IC Crhoma dan IC  Vertikal disini sering terjadi retak timah soldernya. Saatnya hidupkan televisi JVC untuk melihat hasil perbaikan yang telah dilakukan, dan hasilnya Alhamdulillah televisi JVC tampilan gambarnya sudah kembali normal.

Itulah sedikit perbaikan yang kita lakukan untuk televisi JVC ini, Semoga bisa bermanfaat



7. TELEVISI JVC AV21PT GAMBAR PUTIH BERGARIS
Kerusakan:
Televisi JVC jika kita hidupkan terlihat gambar pada layar monitor cahaya putih disertai garis ,setelah beberapa detik televisi kembali standby.

Model televisi JVC :

Televisi-JVC-AV21PT-300x225


Perbaikan:
Perbaikkan untuk masalah ini yang paling awal kita ukur tegangan supply kerangkaian penguat video RGB, tegangan supply seharusnya  180 volt. Tegangan supply didapat dari playback yang telah di DC ( searahkan ) dengan menggunakan dioda dan menggunakan filter capasitor 10 uf/250 volt. Hasil pengukuran didapat tegangan supply
















sumber:

1 comment:

  1. Klu regulator sharp gagal switching yg d cek apanya kang.. PC oke..klu se115 gak bisa d ukur ya....

    ReplyDelete