Sunday, September 29, 2013

berbagai kerusakan tv hitachi


1. Televisi Hitachi CPT2099A Tampilan Layar Garis-Garis Putih
     problem : Televisi Hitachi jika kita hidupkan terlihat tampilan gambarnya hanya putih saja disertai garis-garis, sedangkan untuk suara terdengar berdesis/ nois seperti frekuensi tergeser.
Model televisi Hitachi :




Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .


Pemeriksaan awal yang mesti kita lakukan ada pada Capasitor filter tegangan 180 volt, tegangan ini didapat dari flyback yang telah di searahkan oleh Dioda. Secara fisik serta jika kita ukur terlihat capasitor dalam kondisi baik tapi tidak dalam kondisi jika dimasukkan tegangan, capasitor ini seperti terjadi konslet pada elektroda-nya. Nilai capasitor-nya adalah 22uf/250 volt.

Segera kita lakukan penggantian capasitor 22uf/250 volt , posisi pada mainboard bisa dilihat pada gambar berikut :



Setelah selesai kita coba hidupkan televisinya dan hasilnya tampilan gambar sudah kembali normal, tahap selanjutnya tinggal kita periksa bagian select sistem oudio dalam hal ini If-nya. Ada 3 macam disini yaitu 5,5-6,0-6,5 dan setelah kita periksa ternyata ada kerusakan pada Ic select-nya dengan model MM1053. Karena kita tidak mendapatkan Ic pengganti maka kita gunakan sistem jumper.

Tampilan Ic MM1053 :




Penjumperan kita lakukan setelah Ic MM1053 kita lepaskan dari mainboard, posisi jumper ada pada pin no 1 dengan no 6 untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut :

2.Tv hitachi gambar bergeser 

    problem : gambar bergeser/fine tuning geser 
    perbaikan : sebelum aku buka dan di otak atik..pertama aku coba mePRESET Ulang...aku coba searc otomatis, gambar ada dan bagus/sempurna dan mau menyimpan secara otomatis..tapi stelah slesai program...lama2 aku perhatikan stelah be2rapa menit gambar agak bergetar seperti mau bergeser lagi fine tuningnya...kemudian aku coba cek semua rangkain yg berhubungan dngan fine tuning. Mulai dari Tuner . Rangkain. VT . AGC.. Dan ic memory ok semua.. Kemudian aku putuskan ganti TUNERnya. . Stelah pemasangan . Cek . Dan program ulang lagi.. Akhirnya tv pun normal kembali..
     kesimpulan : yang rusak tunernya
3.TV 16″ GEMINI/HITACHI – RUSAK – LAYAR BERWARNA KUNING
    problem : layar TV kadang berwarna kuning namun beberapa saat kemudian normal kembali.  Makin hari TV ini makin membuat kesal karena warnanya baru akan normal apabila TV ini sudah digampar (dikeplak/dipukul).  Awalnya cukup 1 kali pukul warnanya sudah normal namun lama-kelamaan perlu dipukul berkali-kali baru warnanya normal.  Puncaknya adalah ketika akhirnya TV ini layarnya tetap kuning dan tetap membandel meskipun sudah dipukul berkali-kali.
    perbaikan : Saatnya bagi Saya untuk beraksi.  Jika Layar TV berwarna kuning itu artinya TV tersebut kehilangan warna Biru.  Mula-mula Saya membuka Case TV dengan obeng plus.  Sebagaimana diketahui di dalam TV ada 2 buah PCB yaitu PCB Besar/Utama (Mainboard) dan PCB Kecil.  PCB Kecil terletak menempel di ujung Tabung CRT TV.  PCB Kecil inilah yang disebut Blok RGB (Blok Video).  Saya langsung fokus memeriksa Blok RGB (Blok Video).  Saya perhatikan 3 buah Transistor terbesar yang pastinya masing-masing bertanggung jawab untuk menampilkan warna RGB (Red/Green/Blue).
Untuk mengetahui mana Transistor R, Transistor G, Transistor B caranya sangat mudah.  Kita cukup melihat tulisan R, G, B di PCB lalu mengurut jalurnya yang berhubungan dengan masing-masing Transistor.
Saya menduga Transistor B yang mengatur warna Biru short atau kondisinya masih baik namun solderannya sudah retak.  Ternyata Saya lihat solderan bukan cuma retak tapi hampir copot.  Ya sudah Saya lakukan penyolderan ulang.  Kemudian Saya lakukan pengujian dan hasilnya … jreeng ,,, sukses ,,, warna Biru sudah tampil dan warna layar TV kembali normal seperti sediakala.  
     kesimpulan : ternyata penyebabnya adalah solderan kaki transistor penguat warna biru hampir lepas



sumber:

3 comments: