Tuesday, September 24, 2013

berbagai kerusakan tv fujitec

1. tv Fujitec 21" Dynamic vision gambar garis vertical
  problem : tv menyala, tapi gambarnya hanya garis aja yang tampil ditengah layar dari atas kebawah             perbaikan : setelah tv aku buka aku kaget lihat kotoran ini tv, setelah aku bersihkan tahap selanjutnya aku periksa patrian semua ok terus aku lanjut periksa komponen aku menemukan salah satu R yang mana warna gelangnya udah hilang dan satu lagi ada capasitor yang udah mulai mengelembung
setelah itu aku buka R sama capasitor terus yang aku sempet bingung resistornya warna gelangnya udah hilang gimana ngitung nilainya ??? ah aku  coba ukur pake avo digital wao terukur 5,9 kohm padahal biasanya r tersebut nilainya 1000 ohm/1kohm ah aku jadi pusing ni soalnya baru ini ada orang bawa tv fujitec setelah aku pikir2 kenapa harus pusing aku ganti aja r nya dengan 1kohm karna rata2 semua merek tv yang pernah aku kerja rata2 r nya segitu. Setelah aku ganti aku juga langsung ganti capasitornya dan setelah pergantian dua komponen tersebut tv langsung aku coba mak creeeet byaaaar
langsung normal selesai sudah
2. Tv Fujitec 21" type 51-S2PF gbr tak syncron dan suara bisu
     problem : Saat AV, gambar dan suara normal, tetapi kalau pada posisi channel tv, gambar Tidak Syncron dan suara bisu
** Coba hidupkan tv dan pilih channel yang gambarnya agak gelap/redup, kasus yang saya alami ini saya coba pilih channel Indosiar, saat itu acara Sinetron Horor...ternyata gambar bisa normal. Dan saya coba pindah lagi ke channel yang lebih terang yaitu Tv One saat berita Sepak Bola...ehhh ternyata gambar menjadi tidak Syncron lagi !
     penyebab : Kasus tv seperti ini kebanyakan disebabkan ketidak beresan pada rangkaian Signal Tv Out (Video Out) menuju Video In (Internal), mungkin terlalu lemah atau terlalu kuat.
     solusi : Pada Fujitec type ini coba cari R111 dan R115 di pin 58 (Tv Out) IC M61266...lepas atau buang saja dua R tersebut pasti gambar dan suara menjadi normal.
catatan :
  •  Menggunakan IC Chroma/Oscilator SMD (Laba-laba) M61266, Flyback: BSC25-1194F043 (BSC24-01N4006BV)
  • Pelepasan dua R ini tidak mempengaruhi gambar dan suara pada saat dipakai AV/DVD !!!
3. TV FUJITEC 21" matot dan terdengar bunyi mendesing
    problem : dinyalain kaga nyala, lampunya aja kaga ikut nyala juga..
ya udah bongkar aja!
Segera saja ku bongkar tuh tv...setelah itu aku coba nyalakan kembali tv..ternyata bukan hanya tidak nyala/on tetapi setelah box belakang tv ku bongkar dapat terdengar bunyi mendesing cukup pelan..semakin jelas apa yang rusak..
    penyebab : sudah pasti dengan gejala seperti ini, maka kerusakan terletak pada komponen Transistor horisontal/Final out..
    solusi : tanpa banyak cincong segera ku cek transistor tersebut (matiin dulu tv nya,ntar nyetrum lagi..) ternyata benar Tr ini sudah rusak/short..Tr nya pake D2499..semua kakinya ketika diukur dgn tester(x 1k) telah open semua/nyambung...Sebelum saya ganti dengan Tr yang baru, maka saya ukur dulu tegangan B+ apakah normal atau tidak, dan ternyata B+ nya terukur normal yaitu 105 vdc...tegangan yang lain pun normal adanya...Siipp!
Transistor yang baru pun akhirnya kupasang..jreeengg! Tv pun nyala kembali dengan gambar dan suara yang normal..(adem pala gue) Sesuai standard operasional tv sebelum di pasang boxnya kembali, harus di tes dulu (10-30 menit) sambil di tes aku coba pegang heatsink/pendingin Tr Horisontal yang barusan saja saya ganti..waduhh panas banget nih ! Ada yang gak beres nih...Tv ku matiin lagi..apalagi nih ye? kalo terlalu panas bisa jebol lagi nih Tr..masih ada yang lom normal nih?
Kembali aku cek tegangan - tegangan, ok semua tuh..cek komponen elco2 di secondary regulator..ok juga tuh bro! Cek kapasitor damper dan horisontal sync..ok bro no problemo! so opo sing ra normal rek! Tertegun ku menatap mesin fujitec, apa nya yaaa????
Akhirnya terpikir di benak ku! coba di solder ulang kaki2 komponen di sekitar blok horisontal..setelah semua komponen2 tersebut saya solder ulang, kini saatnya mencoba tes tv nya kembali..tv ku nyalakan...sekitar 5 menit, kemudian saya cek kembali heatshink Tr horisontal..hmmm cukup adem gak terlalu panas..begitu juga setelah 30 menit kemudian..heatshink tersebut tetap hangat tidak seperti sebelumnya..sepertinya sudah normal nih tv..Bismillah saya pasang kembali box tv nya dan saya nyatakan Tv ini telah kembali sehat, maka dengan itu servis telah selesai (pasukan boleh dibubarkan!)
4. V Fujitec 21" Gambar Garis-Garis
     problem : gambar garis-garis dan suara masih normal. Katanya, sebelumnya TV tersebut pernah dibawa ke bengkel dengan kerusakan tidak ada warna biru, dan sekarang kembali mengalami kerusakan cacat pada gambar.
 Langsung saya coba nyalakan, dan ternyata memang gambar seperti ada interferensi dengan ditandai oleh garis-garis horizontal, dan sama sekali siaran TV tidak dapat ditonton.
     penyebab : setelah dilihat memang ada gejala kerusakan pada bagian blok horizontal dan vertikal.
 Pada blok horizontal, ada dua elco B+ yang besarnya 220uF/ 250volt yang menggembung, saya coba ganti dan nyalakan. Dan ternyata kerusakan masih sama saja. Saya teliti lagi, rupanya ada satu lagi elco rusak pada bagian tegangan vertikal 12volt. Elco tersebut adalah 470uF/ 35volt.
     perbaikan : Setelah elco saya ganti, gambar sudah normal kembali, namun masih ada sedikit cacat garis dibagian atas layar. Saya menyimpulkan itu adalah kerusakan pada IC vertikal. Kemudian saya ganti IC, dan gambar sudah benar-benar normal. Akhirnya selesai juga reparasi TV Fujitec 21 inch.
5. TV FUJITEC type FTC-1428 mati
    problem : mati.
    Perbaikan : ternyata transistor horisontal out=D2499, antara kaki B-C bocor sedikit sehingga B+ hanya sekitar 50V. Setelah diganti, B+ naik menjadi 175V--->VR631(VR B+) diatur sehingga B+ = 110V. Saat tv di-on-kan, suara normal tapi layar gelap. Ternyata teg katoda R,G,B mendekati 180V (terlalu tinggi). Tegangan keluaran R,G,B dari IC LA76810A hanya sekitar 1,4V (normalnya sekitar 2,5V). Selain itu, ternyata B+ tidak stabil---> kadang naik 160V, kadang 300V.-->ini karena C641=100uF/160V kering. Setelah diganti, B+ stabil. Langkah berikutnya IC 24CO8A diganti.--->Sekarang tegangan keluaran R,G,B dari IC LA76810A langsung naik jadi 2,8V (normal).----> TV normal kembali.
6. tv fujitec standby
    problem : stndby. 5v utk tegangan ic progam ada, reset juga terukur 5v di pin cristal terukur masing masing 2v dan 1v tapi si ic tetap ngeyel gak mau kerja.
    perbaikan : akhirnya kucoba memaksa horizontal bekerja dg cara memberi tegangan pada pin start pd ic progam dan tak lupa meng cut dulu jalur yang ke ic dan memberi tegangan 5v karna seharusnya utk tv ini posisi yg seharusnya  high dan alhasil flyback bisa nyembur namun terlihat gambar hanya polos ditengah [tanda ic progam tidak kerja] dan setelah itu p+/p- kupencet dan ternyata rester langsung muncul dan progam bisa bekerja lagi dan akhirnya pin yg tadi di cut disambung lagi dan tv bisa normal kembali
    catatan : tv ini menggunakan ic pogram LC863548, ic croma LA76818A
7. tv Fujitec ketika dicolok ke listrik langsung Nggejlek
    problem : ketika dicolok ke listrik langsung Nggejlek.
    penyebab : Mula mula kami cek transistor power regulator yg menjadi sumber konslet. Langsung kami ganti dengan yg baru. Betapa bodohnya aku tidak cek drive dan osilatornya beserta zener. Langsung kami coba. Suara tor...!. tor...! Tor....! Kebul kebul. Kebul... Ic vertikal dan ic amplifier pecah, untung ic jungle gak ikut pecah. Ternyata B+ naik hingga 90%. B+ vert jd 55volt. B+ audio 45voll. B+ h out 190v.... Penelitianpun kami lakukan, ternyata TR PWM rusak C3807 tepatnya dekat tr power regulator.
    solusi : Setelah kami ganti Tvpun langsung oke.... Alhamdulillah ya Allah.
8. tv FUJITEC Tombol terkunci ( MENGGANTI IC EPROM)
    problem : Tv tersebut terkunci. (tombol tidak bisa di mainkan dan remotenya pun tidak ada)
    Penyebab : salah pencet hingga tombol terkunci.
    perbaikan : Sebenarnya untuk membuka kunci pada kebanyakan tv merk-merk cina sangat mudah yaitu dengan menekan dan tahan tombol display diremot, maka kunci akan terbuka, tetapi berhubung remotenya sudah hilang, maka jadi repot.
 Untuk cara mendapatkan remote control pengganti saya coba setting dengan remote serba guna, tetapi setelah sekian lama saya set ternyata tidak bisa, (mungkin karena Tv ini dalam keadaan terkunci). setelah berbagai usaha saya lakukan akhirnya saya putuskan untuk mengganti IC memori atau eprom.
 Chasis Tv ini menggunakan IC Micon LC 8635xx, IC prosesor LA 76818, IC vertikal 78040 dan IC eprom 24c08.
 Cara mengganti IC eprom nya adalah Tv dalam keadaan off, pasang IC eprom kosong yang masih baru (24C08). setelah penggantian selesai tekan tombol main power dan tunggu untuk beberapa saat sampai tv menyala.(hati-hati untuk penggantian IC eprom, untuk beberapa merk tertentu misal sharp, ada caranya tersendiri)
 Setelah penggantian selesai dan Tv-nya menyala, maka segera saya seting remot multi untuk mendapatkan remot pengganti dan akhirnya berhasil. Setelah remote control pengganti sudah saya dapatkan, saya matikan TV dan saya lepas kembali IC memori yang baru dan saya pasang kembali IC eprom yang lama.
 Kemudian dengan remot tersebut saya buka kunci anak.(sebenarnya untuk IC memory yang baru tersebut langsung bisa dipakai, tinggal merubah V size-nya dan memprogram ulang ).


sumber :

11 comments:

  1. mas mau tanya kalo tr horisontal tv fujitec 21" yg bagus tipe berapa? Bls knmr saya di 085351432441

    ReplyDelete
  2. malem mas,
    tv sanken bazooka 21 " dioda zener deket ic vertikal hangus dan deket ic program 8823cpng4b8 jg iku pecah,kendalanya susah lihat nilai zenernya,dh puter otak pakai zener yg mungkin nilainya pas,malah vertikal nampak setengah kebawah,yg tengah ke atas masih gelap,mohon bantunya soal nilai zener,lw mas ada skema sanken bazooka nya mungkin lebih baik?

    makasih/09

    ReplyDelete
  3. pagi mas,
    tv fujitec pertananya warnanya kebanyakan warna merah, tapi kalau lama-lama normal sendiri, tapi sekrang suara ada tpi gambarnya gak ada cuma 1 garis ditengah aja,,,mohon pencerahannya...?

    ReplyDelete
  4. kalo gbr hanya garis horisontal di tengah, biasanya yg rusak ic vertikalnya atau ada R yg putus sehingga tak ada tegangan yg mensupply ic vertikal. Untuk memastikan apakah bagian vertikal rusak ato tdk, coba sentuh input ic vertikal/pin vert out pd ic jungle dgn tangan, jika saat disentuh layar tampak membuka berarti bagian vert masih baik dan dlm hal ini bisa jadi yg rusak ic jungle nya atau data pada ic eeprom corupt.

    ReplyDelete
  5. mas mo nanya,sebelum tinggal hanya bergaris ditengah tv saya ada suara ledakan kecil theks...dua kali tp suara masih ada gimana y solusinya makasih...

    ReplyDelete
  6. Tv sanken saya ter ZOOM dengan sendirinya,di remot gk ada tombol zoom,gimana cara mengembalikan ke mode normal nya gan..?

    ReplyDelete
  7. Seamat siang pak paitmo maaf say a mau nany kalo boleh

    ReplyDelete
  8. Saya mau nanya kalo tv cina setrum pwr suplynya ada 110 tp lampu stanby ga nyala itu bagian mana ya mohon informasinya trimakasih

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya Tv fujitec 21 in . itu lampunya nyala tapi tidak ada tampilan layar . setelah dibongkar juga tidak nyala. Itu knpa ya mas?

    ReplyDelete