Thursday, September 5, 2013

berbagai kerusakan tv changhong


  1. Tv Changhong 21BM86 tegangan bagian sekunder regulator drop semua    problem : teg bagian skunder regulator drop semua, yaitu B+, 24v, dan 18nya.
    solusi : stlah C825(2200uf/35v) diganti dengan yg lebih kecil yaitu 470uf/35v, akhirnya tegangan pada tv bagian skunder langsung bisa naik dan tv bekerja dengan normal
    catatan : tv ini memakai IC chroma TB 1238 AN; IC micomnya menggunakan CH 08T0934
2.  Tv Changhong 21inch 21E88 flyback rusak
     problem : FBT-nya BSC-60U, Vcc 190v short to Ground, sehingga saat start B+ drop menjadi 60v.
 stlah FBT diganti type BSC-60T ternyata Vcc 25v untuk Vertical tidak keluar, sy ukur juga tidak ada hambatan sama sekali dengan pin lain, kemungkinan untuk type ”T” memang tidak tersedia untuk supply Vertical !!!
solusi : Untuk mengatasi kasus ini akhirnya FBT tersebut sy modif juga !
Buat lilitan di ferit sisi samping FBT, lepas dulu beban menuju IC Vertical, pakai kawat Email 0,5mm, lilitkan pada ferit tsb(perhatikan arahnya), masing2 ujung kawat menuju Ground dan Diode penyearah Vcc Vertical !

Catatn: Kalau tidak keluar tegangan tinggal dibalik aja !
Pada kasus yg sy hadapi, 6 lilitan sudah mengeluarkan 23v dan lebar gambar arah Vertical normal !
Selanjutnya masih ada masalah lagi, yaitu tampilan gambar arah samping kanan-kiri terlalu lebar, lalu sy carikan spul bekas jalur Hor Min dan sy sambungkan secara seri pada bagian Hor Plus(kabel Merah), akhirnya gambar normal !!!
 
      catatan : Kebanyakan tv merk Changhong sering mengalami rusak FBT, biasanya short pin
tertentu dengan jalur Ground !!!

3. tv changhong 21" suara ada, gbr tak tampak 
    problem: tv ini pertama stlah dinyalakan normal, tpi stlah bbrapa saat gmbar tak tampak. terkadang saat tv dipukul2 gbr bisa muncul kembali.
    penyebab : ada solderan-solderan yg retak di bagian regulatornya.
    solusi : gue solder ulang bagian yg retak trsbt dan hsilnya normal kembali.


4. TELEVISI CHANGHONG 29 INC MATI-TOTAL
Kerusakan:
Televisi Changhong saya coba hidupkan hasilnya sama sekali tidak tampilan gambar apalagi suaranya, lampu indikator tampak tidak menyala.

Perbaikan:
Langkah awal pemeriksaan seperti biasa ada di rangkaian horizontal, komponen terkait adalah Transistornya. Caranya dengan mengukur transistor  pakai multitester untuk mengetahui kondisinya rusak atau tidak,  hasil pengukuran didapat positif transistor dalam kondisi rusak.

Saya lepaskan transistor horizontal dengan type 2SC5200 lalu saya hidupkan televisi terlebih dahulu untuk mengukur tegangan B+ nya, hasilnya tegangan supply dalam kondisi normal yaitu 115 volt. Transistor pengganti dengan type 2SD2580 langsung saya pasangkan lalu saya hidupkan lagi televisi ? hasilnya televisi terlihat bisa hidup selama beberapa detik dan tak lama langsung terjadi mati.
Biasanya hal ini jarang terjadi dan setelah beberapa saat saya lakukan pengukuran di area horizontal akhirnya baru diketahui ada komponen yang mengalami kerusakan yaitu ada di Capasitor 330nf/200 volt. Capasitor ini berfungsi sebagai filter untuk yoke defleksi horizontal, posisi capasitor lihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-changhong

Tanda-tanda apabila terjadi kerusakan di capasitor ini adalah playback mengeluarkan bunyi dan disertai temperatur transistor horizontal yang langsung over heat. Setelah saya gantikan Capasitor dan Transistor horizontalnya, hasilnya Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup dengan normal.



Insya Allah saya akan terus menambah/update koleksi catatan pengalaman perbaikan tv changhong di sini
 


sumber :
rmrrepair.blogspot.com
mugidadielektronik.blogspot.com
www.hamimservis.com

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mas saya da msalah pada TV changhong model PF21156, tegangan 200v,SCP,B+ dan 25v di kaki playbeck tidak keluar, saya sudah mengganti elco 10uf/160v dan 220uf/160v tp hasinya nihil,.
    Tegangan 130v msuk ke RF256 tegangan nrmal, seteah mealui RF456. Tegangan 0v, saya ganti RF456 tegangan naik turun, mohon solusi nya.
    IC fertikal dan horizontal di cabut tetap menimbulkan suara normal. Mohon bantuan nya.

    ReplyDelete