Thursday, September 26, 2013

berbagai kerusakan tv aiwa


1. TV AIWA-C142KER hanya garis vertical
    problem : Hanya garis vertikal
    solusi : cek tegangan 12v

2. TV AIWA-C143/203 gambar merah
    problem : Picture Red (merah)
    solusi : Ganti Eprom dan Adjust RGB (whit Balance)

3. TV AIWA-A205KER blanking dan osd bermasalah
    problem 1 : OSD tidak ada Vcc, cristal normal
    solusi 1 : Ganti M37220m3-150SP
    problem 2 : OSD hanya berwarna merah
    solusi 2 : ganti TA8759BN
    problem 3 : Blanking
    solusi 3 : Cek D302 zener 12v (croma Vcc)

4. TV AIWA A14-S1 gambar gelap
    problem : Gambar gelap walaupun bright dan kontras sudah dibesarkan tetap tidak berpengaruh.
    solusi : Ganti Resistor ABL R614=150K

5. TV AIWA C20 KER hanya raster
    problem : gambar hanya raster atau jika ada, hanya sebentar dan langsung hilang, ato warna hanya hitam putih
    solusi : Ganti IF AFT=656


6. TV AIWA A14-S1 gambar mengecil di tengah
    problem : gambar kecil hanya beberapa cm ditengah saja, raster hanya kosong/bintik kerusakan terjadi pada jalur 12v
    solusi : ganti Q604 u/ catuan 12v yg juga menuju ke tuner.


7. TV AIWA GBR TIDAK SINKRON
    problem : gambar yang tidak sinkron, seperti channelnya yang agak bergeser, padahal tidak. Seperti tampak pada gbr brkt:



 Gangguan tersebut muncul beberapa saat setelah tv dihidupkan, terutama pd channel dg penerimaan yg baik dan gbr yg bagus, tp kalau buat av ok.
     perbaikan : Awalnya saya kira setelan agc nya yg berubah terlalu kecil. Setelah dilakukan penyolderan ulang pada bagian tuner, ic video out, kristal, dan komponen sktrnya, tv coba dihidupkan dan ternyata langsung ok.
 Rupanya troble ada di solderan ic videonya



 running test 3 - 4 jam ok, berarti selesai.
        kesimpulan :  troble ada di solderan ic videonya


8. TV AIWA MATI TOTAL
    problem : Tv sewaktu tiba di meja servis sudah pernah ditangani teknisi lain, dengan gejala kerusakan tidak bisa nyala begitu juga dengan lampu standbynya mati,
    perbaikan : awalnya saya coba cek dibagian input arus listrik ternyata normal, lalu dilanjutkan pemeriksaan dibagian regulator output tegangan normal, tapi sewaktu melewati trafo coupler tegangan untuk 110v nggak ada, lalu saya coba cek untuk tegangan 12v ternyata tegangan nggak ada, lalu saya coba ukur PR831 ( sejenis protek fuse ) ternyata putus, lalu saya sambungin pake kabel serat kecil setelah itu solder kembali ternyata tv bisa hidup
    kesimpulan : penyebabnya yaitu PR831(sejenis protek fuse ) yang putus
    catatan : No Flyback : 8B-JBH-632-01
                   IC Driver Regulator : TEA1507P
                   IC System Control : TDA9381PS
                   IC Vertical : AN5539N


9. TV AIWA TIDAK BISA MENYIMPAN PROGRAM CHANNEL
    problem : TIDAK BISA MENYIMPAN PROGRAM CHANNEL
    penyebab : Untuk kerusakan seperti ini, hampir semua tv permasalahannya terletak di bagian IF gambar
    solusi : ganti komponen IF gambarnya dengan yang baru
    solusi lain : buka solderan kaki IF kemudian putuskan kapasitor yang menempel dibawah kaki ( setelah kaki IF terbuka ) di jumper diantara kedua kakinya yang tadi diputus, diganti dengan kapasitor yang berukuran 47pf.
Setelah kapasitornya terpasang tv langsung dinyalain kemudian buka menu SEARCH AUTO sambil coba di trim dengan menggunakan obeng plastik sembari melihat perubahan channel yang di save auto.


10.TV AIWA 20" Tidak Bisa Menerima Program UHF
     problem : tidak bisa menerima saluran UHF. Jadi ketika mencari program, cuma dapat saluran TVRI saja, alias hanya VHF saja, sementara untuk MNC ( waktu itu masih bernama TPI ), RCTI, SCTV, ANTV, Metro TV, dll tidak menangkap siaran sama sekali
     perbaikan : Tapi entah mengapa  setengah yakin gue langsung menebak kerusakan ada pada tunernya, dan tanpa mengecek menggunakan tester langsung saja tuner dilepas. Maka saat itu juga meluncur ke tempat toko elektronik dengan membawa contoh tunernya.
Setelah diganti Dan tiba waktunya untuk dicoba ! Televisi dinyalakan, disetel mencari progam otomatis. Dan ......jreng !!! Dapat siaran pertama, kalau nggak salah Metro TV, lalu siaran lainnya. Berarti Sukses...!!! Lega dan puas..
     kesimpulan : TV AIWA 20 inch kerusakan ketika pesawat televisi tidak menerima siaran UHF adalah salah satunya pada rangkaian tunernya, tapi tidak menutup kemungkinan pada merek tersebut atau merek lain jika ditemukan kerusakan yang sama berarti kerusakannya hanya pada tunernya saja tetapi bisa juga pada rangkaian lainnya.


11.TV AIWA menggunakan. IC. croma TB. 1240. an dan IC vertical. LA. 7832. Regulator STR. s 6707 LED KEDIP - KEDIP
     problem : led kedip - kedip
     perbaikan :  sy buka tutup tv ini. dan sy mulai mencari cari kerusakan,
tak ukur semua tegangan ternyata sepertinya sy melihat led kedip-kedip. naluri langsung menuju regulator, satu persatu sy cek anggotanya regulator, dan allhamdullillah sy temukan satu anggota ada yg menclee yaitu satu milar =C 813.
yang nilainya=102 . 1kv , milar ini yang mengkopel D. 810. langsung saya ganti dengan yg baru, dan langsung coba, mak ceeeet mesin hidup dengan sempurna, coba kasih ant gambarpun nongol .


12.Tv AIWA C202SKE gambar dan suara tertukar tukar
     problem : gambar dan suara semua tertukar ,kecuali INDOSIAR,jadi contohnya gini (gambar tv trans 7 tapi suara ANTV), menurut keterangan yg punya tv ini udah berumur 15 thn dan baru rusak sekarang
     perbaikan : tv saya bongkar saya periksa dan saya cek satu persatu tetapi belum ketemu kerusakannya, menurut pemeriksaan semua tegangan normal, karna waktu yg sudah sore akhirnya tv saya bawa pcbnya tuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut karna menurut saya ini penyakit langka yg belum pernah saya temui, sesampainya di rumah tv saya periksa kembali dan kebetulan saya punya simpenan tipe pcb tv yang sama,setelah pengecekan lanjutan akhirnya tersangka kerusakan tertuju pada tuner tv yg bermasalah, untuk membuktikannya akhirnya tuner saya coba dengan tuner pcb simpenan saya, dan benar saja setelah penggantian tuner tersebut Alhamdulilah akhirnya tv bisa menyala dengan sempurna dengan suara dan gambar yg normal, akhirnya tuner saya ganti dengan yang baru
      kesimpulan : yang rusak tunernya



13. TV AIWA A201 GARIS HORIZONTAL
Kerusakan:
Tv Aiwa jika kita hidupkan hanya terlihat garis horizontal dilayar monitornya.

Model tv Aiwa:

model tv aiwa A201



Perbaikan:
Langkah pemeriksaan awal kita lakukan di area verikal, disini memakai IC TA8403 untuk memudahkan proses pencarian maka kita hidupkan tv terlebih dahulu. Setelah tv hidup kita lakukan pengukuran apakah tegangan 24 volt untuk supply IC TA8403 tersedia atau tidak, dan hasil yang kita temui tegangan tidak tersedia/ tidak ada dan ini disebabkan karena Resistor fuses dalam kondisi putus. Dengan putusnya Resistor memastikan kita bahwa IC TA8403 sudah dalam kondisi rusak, segera kita lepaskan dari mainboard. Capasitor 100uf/35 volt untuk buffer IC TA8403 juga kita lepaskan dari mainboard, setelahnya kita pasangkan IC TA8403 serta C 100uf/35 volt baru serta kita pasangkan Resistor fuses nilai 0,5 ohm/ 1 Watt.

Kini kita coba hidupkan tv dan hasilnya tampilan gambar sudah kembali normal, ada masalah baru rupanya yaitu lebar horizontal agak melebar dan ini karena tegangan B+ mengalami kenaikan. Perbaikan untuk yang satu ini kita harus mengganti Capasitor 100uf/50 volt ada 2 buah dengan posisi pemasangan secara seri. Capasitor ini berada di area primer PSU/ power supply unit, tampilan gambarnya bisa diihat dibawah ini :

PSU-tv-Aiwa-A201

Setelah proses penggantian selesai , masih ada lagi masalah yaitu tampilan gambar hanya hitam putih alias tidak berwarna. Setelah kita periksa secara seksama ternyata penyebabnya karena terjadinya pergeseran frekuensi tuning/ AFT. Dan untuk memperbaiki hal ini cukup dengan melakukan trim di coil area penerimaan, tampilan gambarnya ada dibawah  :

aiwa-sistem-penerimaan

Alhamdulillah , semuanya berjalan lancar kini tv Aiwa sudah pulih seperti sedia kala.












sumber:

No comments:

Post a Comment