Thursday, September 5, 2013

berbagai kerusakan mesin tv wcom


1. Mesin Tv Wcom  stlah 2-3 menit nyala gbr menjadi kedip-kedip
    problem : Pertamakali dihidupkan gambar dan suara normal selang 2-3 menit gambar kedip-kedip serta ada bayangan seperti kerusakan elko b+,180v kering  dan suara juga ikut kresek - kresek.
    PENYELESAIAN : Terukur teganggan 33v untuk supply tuner naik turun. Ganti Zener N705 33v upc574 dari b+ 115v setelah melalui R12k, vcc ke tuner fs.


2. Mesin Tv Wcom suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos)
    Problem : suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos). Namun osd masih bisa tampil.
    alur perbaikan : aku cek tegangan di semua titik hasilnya normal.Tak lupa solder ulang di bagian matrik RGB karena terlihat banyak solderan yg retak, lalu ku coba hidupkan tv hasilnya nihil.
sambil nyruput teh hangat., berpikir sejenak apanya yg harus dioprek{istilah tuser} lagi.
Baru teringat sekarang . Sermod . Maka aku masuk servis mode. Beruntung remot aslinya masih ada.
Langsung aku tusuk lobang kecil di remot tsb. Maka di layar tampil mode servis. aku cek satu per satu pengaturan di tv ini, e.... Ternyata. Di setingan C.B/W nya yg seharusnya 0 berubah jadi 2. Nah ini biangnya pikirku. Tanpa pikir panjang aku ganti C/Wnya dengan angka 0. Mak cling.,,.. Horee... Bayaran deh.
   Kesimpulannya : jika menemukan gejala kerusakan tv seperti di atas. Langsung saja buka sermod, dan masuk settingan C.B/W, OKE sob.


3. Mesin TV wcom mati total + konslet
    Problem : mati total, kalau di hidupin MCB Kwh malah turun.
    Penyebab : Mendengar penjelasan nya, kayaknya penyakit tv gak terlalu berat so pasti bagian regulator ada yang short  yang mnyebabkan konslet.
    Alur perbaikan : Tanpa basa basi dan menunggu lama aku langsung buka saja kasing tv nya.
Setau saya klo di lihat di regulator nya mirip sekali sama mesin tv buatan merek MAZDA, menurut saya tergolong awet, tapi kok ini dah short!!! langsung pencarian masalah di lakukan ternyta saya dapati transtistor D2498 short antara basis sama colektor nya, yaitu letak nya v513 dan aku dapat juga tr c2655 (v512) sama sort juga. Selesai pencarian ternyata cuma 2 komponen yang short alias yang rusak" langsung saja aku ambil cadangan sperpart dari tas ku.
Langsung saja aku ganti tr nya yaitu D2498 , aku lihat2 kok beda banget dari nomor cetakan yang asli nya, kok kaya sablonan merek nya, sedangkan yang punya aku (asli lo) heehhe.. pantesan mesin tv china sekarang harga nya bukan nya naik malah turun!!! al hasil komponen nya juga asal asalan!!! alias banyak yang palsu beda dengan mesin tv generasi sebelum nya yang lumayan awet:" dan V512 yaitu C2655 saya ganti dengan C3807 mungkin para master sudah tak asing lagi dengan jenis q tersebut"
penggantianpun selesai langsung aku coba hidupkan ni tv " uh.. mantap... gambar tv langsung baik alias bagus"
cuma pengaturan warna nya kaya nya kurang pas " aku coba buka seting factory langsung aku edit nilai2 nya tersebut" akhir nya mantap juga ( mirip mesin bawaan nya kata yang punya) ehm.. selesai deh.


4. Mesin TV Wcom gambar bergerigi,OSD hilang timbul,suara berdesah
    Problem : gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar, disamping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar, ditambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
    Langkah Perbaikan : Seperti biasa tv china ini menggunakan IC program LC863532B 54D5 dan IC kroma LA76810A, langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja, beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah, tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya, saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru, kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?




5. Mesin TV Wcom mati
    Problem : ngerjain TV mesin china dari seorang teman yang kebetulan juga service, karena kesulitan dan dianya agak repot jadi dilempar kerjaanya ke tempat saya. Kerusakannya umum yaitu tvnya mati.  Setelah tegangan PLN dilepas dari stock kontack, tegangan elco masih nyimpan dan tidak mau habis.
    Penyebab : Setelah kuperiksa, jaringan regulator tidak bekerja, tegangan di elco 220 uf/400 volt normal tapi di ouput trafo regulator tegangan kosong.
    Langkah perbaikan : Transistor regulator, driver dan osilatornya normal (tidak rusak) begitu ujarnya, selanjutnya aku periksa tahanannya satu persatu, nilainya tidak ada yang berubah. Pemeriksaanku sampai pada dioda-diodanya sampai aku menemukan kejanggalan pada satu dioda VD517 sebuah dioda silicon 1 ampere yang ternyata banyak. Wajar kalau dioda ini kurang menjadi perhatian dikarenakan letaknya yang tertutup resistor 2 watt dengan nilai 68 ohm. Tidak lama-lama langsung aku lepas dan kuganti, alhasil tv menyala dengan sempurna.


6. Mesin Tv Wcom '2 ic' gbr garis horisontal
    problem :  tv ini gbrnya hanya garis horisontal dengan lebar sekitar 2-3 cm
    penyebab : bagian vertikal bermasalah
    solusi : tanpa berfikir lama, langsung saya coba gnti ic vertical d78040 nya, dan ternyata hasilnya langsung jrengng...!normal kmbali


7. Mesin Tv Wcom '2 ic' volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi
    problem : volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi
    penyebab : ic program pin 8 & 9 terukur 20 ohm terhadap ground atau berarti kedua pin tsbt sedikit konslet
    solusi : ganti ic program


8. MAINBOARD TV CINA VERTIKAL PROBLEM
Mainboard tv cina memang semakin merajahi hampir 70 persen , mengapa bisa begitu ? Alasannya ya karena harganya yang murah dan hasilnya yang pasti jadi. Kiat -kiat perbaikan memang untuk saat ini banyak mengandalkan mainboard buatan cina, ini biasa dilakukan ya karena susah mencari suku cadang pengganti. Kalau buat kita secara pribadi tidak selalu terlalu mengandalkan hal ini , terkecuali jika kita hitung-hitungan harga maksimal tidak efesien/ kemahalan.


Kerusakan:
Sedikit berbagi , kali ini kita menemukan servisan yang kebetulan mainboard tv cina dengan problem dibagian vertikal. Hampir secara keseluruhan sudah kita lakukan pemeriksaan, tegangan supply diukur juga baik yaitu 24 volt dan ic vertikal juga sudah diganti. Tv ini sudah dari tukang sevis lain jadi bisa kita lihat apa-apa saja yang sudah diganti, hampir semua area yang ada di sistem vertikal sudah diganti cuma tetap tidak membawa hasil.


Perbaikan:
Tegangan output untuk yoke terukur 24 volt , ic vertikal menggunakan type LA78045 dan dari hasil pengukuran ini bisa kita pastikan ic vertikal tidak ada masalah/ bagus-bagus saja. Jadi pemeriksaan kita lakukan di area vertikal out disini ada Capasitor 1000uf/50volt dan beberapa Resistor. Dan waktu kita lakukan pengukuran Resistor barulah kita dapatkan 1 Resistor sudah rusak, nilainya 33K ohm. Posisi di mainboard Resistor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-cina

Setelah kita lakukan penggantian kini sistem vertikal sudah kembali berfungsi, memang banyak hal yang bisa menyebabkan kasus kerusakan seperti  ini tapi untuk yang satu ini mungkin sangat jarang terjadi karena secara umum biasa disebabkan rusaknya ic vertikal. Membiasakan membaca diagram menjadi solusi paling utama untuk memecahkan persoalan seputar rangkaian elektronik








sumber :
digital-elektronik.blogspot.com
kangerbete.heck.in
imeldaentertainment.blogspot.com
rodjoelgroup.blogspot.com
enyoh-82.blogspot.com
www.hamimservis.com

12 comments:

  1. sip masbro tutorial servisnya....tp mau nanya ni, problem yg saya hadapi tidak ada di ulasan diatas....sedikit cerita...kondisi tv yg tak terima kalo steker dicolokin, mcb meteran langsung mental...langsung ganti komponen yg mencurigakan antara lain dioda 4 biji, elco 400v, tr v513....selesai colokin lagi...sekitar 2 menitan tr v512 meledak....kira2 apa penyebabnya ya? tolong ya masbro...thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah mengalami tv wcom dan tv china lainnya saat dinyalakan mcb langsung anjlok, dan langsung saja steker tv saya cabut, lalu gue nyalain itu listrik PLN dan langsung gue tancapkan lagi steker tv dan tv pun mau nyala dgn normal. Problem seperti itu dikarenakan watt listrik di rumah kita relatif kecil. Solusinya yaitu tinggal ganti elco yg 220u/400v dgn elco 150u/400v.

      Delete
    2. Itu tr v513 tr regulator yang nempel pada heatsink bukan??? Kalo iya urut pada basis atau emitor ada tr lainnya yang nyuplay kesana mungkin bocor

      Delete
    3. mas paimo lam knal lw tv gold star layar hanya tampak putih tidak ada siaran, teg 180 ok hter ok mana lagi yg harus di ukur

      Delete
    4. coba pelajari artikel saya di------>>>>>>>http://paimosubroto.blogspot.com/2014/01/tv-crt-tidak-bisa-menerima-siaran.html

      Delete
  2. Dear : Purchasing Import Dept

    Dengan Hormat,
    Kami dari PT.Manunggal Cargo hadir kehadapan Bapak / Ibu untuk memperkenalkan diri dengan harapan dapat menjalin hubungan kerjasama proses pengiriman dan penerimaan barang secara lokal maupun internasional baik lewat Darat, Laut, maupun Udara. Perusahaan kami bergerak sebagai FREIGHT FORWARDER dengan layanan sebagai berikut:

    •Customs Clearance Import (Resmi)
    •Customs Clearance Import Borongan ( ALL- IN )
    •Undername / Consignee Import
    •Door To Door
    • Import Barang Bekas
    •Domestics Transportation & Lain2

    Kami menyedia kan container office yang telah dimodifikasi bermacam model.

    Berikut kami lampirkan penawaran jasa Customs Clearance Import.
    Demikian perkenalan dari kami,atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

    Best Regards

    Erwin Winata
    Manager Import
    PT.MANUNGGAL PRIMA JAYA
    General Trade Exsport Import
    Email : pt.manunggalcargo@gmail.com
    Jl. Raya Setu No 80B Cipayung Jakarta 13880 Indonesia
    Phone : 021-8430-6863 ( Hunting ) Fax : 021-8430-6864
    Mobile : 081282322233
    Email : erwin_manunggal@yahoo.co.id,erwin.manunggal@gmail.com
    Consolidation - Customs Brokerage - Clearance Exp. & Imp - Door To Door - Container Yeard -Domestics Delivery Service

    ReplyDelete
  3. asmkm mas mau tanya mesin cina teganggan 115 , 5 ,tapi G2 ga keluar mohon bantu penyelesaianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti kapasitor warna biru yang ada di rangkaian rgb pada tabung

      Delete
  4. Mas nanya, kemarin sy ganti mesin tv china wcom,setelah saya pasangkan lalu sy on kan. gambar siaran ada suara ada,setelah selang 2-3 menit gambar ssiaran jadi hilang berubah blank biru kadang merah, namun suara ada. Saya coba ganti chanel tetep ga ngaruh,saya ganti AV-In masih sama jg ga ada perubahan. Sy cobak cek tegangan di pcb RGB normal. itu kenapa ya mas,mohon solusinya, maklum masih pemula. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. coba cek dulu saluran antenanya, barangkali kabel antena kurang konek dengan jacknya, dlsb

    ReplyDelete
  6. bener kata orang mesin cina tuh 1000 kerusakan. padahal spele tapi bikin pusing.....

    makasih paimo subroto.

    ReplyDelete
  7. Mas Paimo,,,
    Saya baru ganti mesin wansonic 32"
    Udah nyala normal sekitar 5 menit, kok tiba-tiba mati dan lampu indikator nyala redup..
    Tolong bantu saya memecahkan masalah ini ya mas?!

    ReplyDelete