Saturday, August 31, 2013

berbagai kerusakan tv votre


1. Tv Votre 21inch gbr dan suara tdk ada    problem : Gambar dan suara tidak ada, layar tidak penuh, juga raster berserat
    Penyebab : Elko pda power supply tidak beres
    Solusi : Ganti C 470uf/50V, C1000uf/50V, sekalian juga 47uf/160V, 100uf/160V, juga IF ganti C nya pakai 33p

2. TV VOTRE protek
    problem : protek. Kata yang punya, awalnya tv ini hanya kuat nyala sekitar 1 sampai 2 jam kemudian makin lama cuma kuat 10 menit akhir nya jadi begini tidak mau nyala kembali"
    alur perbaikan : langsung saja aku buka casing tv tersebut dan aku coba nyalakan untuk mendeteksi apa ada kelainan sambil ku amati tv tersebut, dan nyata nya mainbord tv ini masih mulus dan bersih, perkiraan saya tv ini usianya sekitar 6 bulanan"
  pencarian pun di mulai dengan seperti biasa melakukan resolder" di bagian-bagian yang sering terkena panas" maklum mainbord yang masih bersih jadi sedikit sekali solderan yang agak retak" dan kayak nya tak mungkin apabila dari solderan yang retak yang membuat tv ini tidak mau hidup"
 resolder sudah saya lakukan lalu kembali saya cek dengan menghidupkan tv, dan uh tak membuahkan hasil..... masih tetep seperti sebelum nya" lampu malah jadi hang gak ada reaksi, sekali pun saya tekan power dari remot / tombol power di panel tv"
 pencarian pun di mulai kembali dengan mengukur teg output dari psu / bagian regulator:" dan saya sangat terkejut ketika mengukur yang seharus nya kira2 115-118v ini malah terukur 140v" woow ada apa gerangan? kabel ac tv kembali saya cabut dari stop kontak dan pengukuran komponen pun di mulai ,saya cabut langsung transitor horisontal yang dekat playback lalu saya ukur ternyata pas kabel merah AVO ke kaki B(basis) dan kabel hitam ke E (emitor) jarum avo meter tidak bergerak alias mati" saya simpulkan transistor horisontal ini mati, dengan kode C5929 lalu saya ambil yang baru dan saya coba hidupkan TV tersebut dan langsung nyala" selang beberapa menit kembali mati " haduh ada pa gerangan? saya coba start kembali ya bgtu deh cma skitar 1-2 menit langsung protek dan gk bisa di star" pencarian pun di mulai , dan ketemu dengan
transistor V507 dan V508 dengan keadaan panas nya minta ampun dengan seri 8050. Karena Tr tsbt  habis akhirnya saya ganti dengan C2229 transistor RGB, lalu saya coba nyalakan. Hasilnya bisa nyala tpi kembali standby stlah menyala 1 jam dan tv baru bisa dinyalakan lagi apabila tv sudah dingin " ,wah repot deh klo begini terus" lalu saya berpikir" berarti ini klemahan nya ada pada transistor tersebut terutama yang menyuplai arus 5v yang menyebabkan tv tidak mau star, akhirnya transitor 8050 yang bagian ke 5v saya ganti dgn IC an/la 7805 dengan sedikit merubah nya *(tentu nya jalur di pcb) dan tak lupa di pasng hatcing/ pendingin , dan langsung saya coba tv di tancep sampe 7jam dan aman2 saj.....

 3. Tv Votre stndby
     problem : stndby
    alur perbaikan : setelah aku bongkar dan aku cek, ternyata tegangan supply yg 115v down yaitu cuman ada sekitar 25 v.Untuk vr 553 pun tidak  berfungsi, setelah di cek ada r556 dan r553 yang putus dan langsung aku ganti. Akhirnya tegangan menjadi normal dan selesai pekerjaanku.

 4. Tv Votre 14 inc 1792 Q dengan kerusakan satu garis horizontal
     problem : gbr garis horisontal
     penyebab dan solusi :  biasanya kerusakan ini disebabkan tegangan untuk ic vertical tidak ada atau bisa juga ic verticalnya tidak beres. Namun kali ini dilakukan pengecekan ternyata tegangan berikut ic vertikl nya didapati semuanya oke dan ketika di pegang input untuk ic verticalnya pake tangan baru ngembang layarnya ohg... ini sekitar osilator vertical pikirku setelah berhari hari dilakukan pengecekan di rangkaian osilator vertikal tepatnya berada pada jalur kaki ic LA 7681 K ternyata di dapat tegangan untuk kaki ic pin no 8 terukur cuma 2 votl padahal seharusnya tegangannya 5 volt. Setelah dilakukan pengecekan untuk jalur tegangan 5 volt ini di dapat satu transistor bernomor C.8050 yang tertulis dalam papan pcb V851 sebagai regulator dari 12 volt menjadi 5 volt rusak. akhirnya setelah berhari hari kerjaanku kelar juga,...

5. Tv Votre 20" standby
    problem : standby
    alur perbaikan : Langsung tv saya bongkar lalu saya lakukan pengukuran pada semua tegangan. Ternyata smua teg baik-baik saja, hanya ada satu tegangan yang kurang seharusnya 12v dari hasil pengukuran hanya terukur 10v, tanpa pikir panjang saya lepas elko yang ada pada bagian supply tersebut yaitu 470uf/25v dan ganti dengan yang baru dan coba tv dinyalakan, tv menyala normal kembali.

6.TV VOTRE 21inch standby
   problem : Suara dan gambar tidak ada, layar gelap. Saat di-on-kan, led indikator nyala.
    penyebab dan solusi : B+ terukur sekitar 10 volt. Transistor regulator out V503=DD5011 baik. Tansistor horisontal out V432=1803DFX baik. Ternyata R448 yang ada dekat transistor horisontal out hangus. Tapi karena hasil pengukuran menunjukkan nilai 22K, maka bisa dipastikan nilai R448 memang 22K walaupun sudah hangus, karena nilai R yang membesar biasanya tidak menunjukkan suatu nilai yang tepat. Karena itu saya ganti dengan 22K. Penelusuran berikutnya ditemukan VD449=FR309 bocor. Karena tidak ada yang jual, saya ganti dengan 2 buah diode yang dihubungkan seri untuk memenuhi kebutuhan voltnya. saya ganti dengan RGP15D= fast recovery 3A/600V. Kemudian tv dicoba di-on-kan dan ternyata B+ tetap sekitar 10 Volt. Walaupun transistor horisontal out dilepas, B+ tetap sekitar 10Volt. Setelah kaki fbt yang berhubungan dengan B+ dilepas solderannya, B+ menunjukkan 115Volt (normal). Langkah selanjutnya memeriksa fbt. Ternyata fbt baik. Penelusuran berikutnya ditemukan transistor V303=D2012 bocor, saya ganti dengan D1406. Setelah diganti, B+ normal.
     Catatan: kolektor V303 lewat R307 ke L301, kaki L301 yang satu lagi ke anode VD449. Katode VD449 ke kolektor V432. Akibatnya bila V303 bocor akan membuat B+ terukur sekitar 10Volt.
 Tapi walaupun B+ normal, tv tidak bisa menerima siaran/pemancar dan bila channel+ ditekan, tidak mau pindah channel (tetap di channel 1). Langkah berikutnya, solder ulang IC jungle (tv ini pakai IC tunggal) dan sekitarnya. Setelah itu gejala tetap sama. Kemudian saya coba tekan menu, terus pilih auto search. Ternyata begitu di auto search, raster langsung keluar dan fungsi auto search jalan normal. Selesai proses auto search, tombol channel berfungsi normal (bisa naik/turun). Tetapi gambar sangat tidak linier (vertikal tidak linier). Beberapa C dibagian vertikal saya ganti tapi gambar masih kurang linier walaupun sudah lebih linier/bagus. Karena remote aslinya tidak ada, saya coba dengan remote yang untuk tv china (kode di body remote 55L1). Lubang pada remote bila ditekan langsung masuk service mode. Langsung adjustment vertikal. Sekarang tv normal kembali.

7.Tv China Votre dengan uoc R2J1019x horisontal tidak nyembur


KASUS :
  • China Votre telah divonis oleh teknisi lain ic R2J1019x rusak – horisontal tidak mau nyembur.
  • Diperiksa tegangan 8v pada pin-49 H Vcc ada.
  • Tetapi tegangan kolektor transistor horisontal driver berubah drops menjadi nol ketika power-on.

SOLUSI :
  • Sepintas dari keterangan diatas, vonis memang benar
  • Kami coba periksa lagi dengan bantuan skematik diagram, dan memeriksa dengan lebih teliti.
image
  • Dari skematik diagram - pin-17 DEF Vcc terlihat harus mendapatkan tegangan input 5v.
  • Kami cek pada tv - ternyata tegangan pada pin-17 ini hanya 4v.
  • Setelah dilakukan penggantian transistor regulator 5v Q863 – tegangan langsung normal
  • Dan tv langsung nyala normal
image



8.Tv VOTRE 14 Inc tidak bisa menyimpan program di search manual atau auto
    problem: tv VOTRE 14 Inc dengan gangguan tidak bisa di progam secara Manual maupun Auto apalagi dengan Fine Tuning, awal di nyalakan layar Blueback saja dengan OSD normal hanya saja saat dalam proses pemrogaman nampak raster noise salju terlihat kepyur dan setelah masuk band UHF serta pas di titik frekwensi canel tertentu terlìhat ada getaran gambar tipis yang tidak singkron alias melintir ke kiri dan kanan kemudian menghilang tanpa bekas yang tentunya tidak tersimpan maka jadinya tak ada canel yang tertangkap sama sekali.

Spesifikasi:
TV ini menggunakan Ic croma  LA76810A, Ic program LC863532, Ic vertikal LA78141, Crt bekas Monitor Di lengkapi sirkit OW.

Perbaikan:
Melihat gejala yang ada jelas sekali kalau rangkaian IF tidak bekerja karena di tandai dengan adanya raster salju tipis dan sangat cerah
Yang agak mengherankan dan jadi salah analisa yaitu adanya layar Blueback dan saat hendak di scan untuk mencari siaran tiba-tiba dari layar Blueback menjadi raster gelap ataukah memang tv ini tidak bisa scan program ?
Aah...daripada bingung dan menjadi lama gara-gara memikirkan penyebab gangguan tv, mendingan solder dulu seperti biasanya dan sekalian memeriksa elko B+, elko 180v serta ganti elko Vcc 24v & elko Vcc 16v di Out Regulator yang memang sudah kembung.
Onkan tv jreng..jreng.. layar Blueback kemudian buka menu dan masuk ke bagian program maka kembali raster pun gelap, hmm..rupanya tv ini belum mau merespon dari rencana A, lalu cek tegangan ABL, AFC, heater dan RGB yes..normal semua ! 
Cek tegangan B+ pada Tuner ada 5v, Sda & Scl juga 5v , naah..Agc kok cuma 2v yah ? Menurut Analisa Saya (meniru bahasanya Sentilan-Sentilun) biasanya tegangan Agc harus ada 4v.
Penasasan dengan tegangan Agc tuner yang 50% terkorup maka jalur Agc di amputasi tapi tegangan Agc setornya tetap 50% lagi..sambung kembali jalur Agc Tuner yang di potong tadi, mungkin ic croma mau menguji kesabaran pribados nih, beralih ke pengecekan pin Vcc mulai dari pin8 = 5v, pin18 = 8v, pin25 = 5v, pin 31 = 5v, pin 43 = 5v wuiih..sudah tersuply dengan baik !
Rencana B mulai di lancarkan masuk menu program dan Scan otomatis sekalian survei tegangan, ceuck.ceuck..tegangan VT bisa berselancar di band VL, VH, UHF dan Agc pun normal jadi 4v 
Tapi setelah proses Search Auto, kembali tegangan Agc nongkrong di 2v baik di pin Agc tuner maupun di pin4 Ic croma. Gak mau kalah melawan penyakit tv dan tetap menjaga semangat, soalnya amunisi tempur pun lengkap langsung saja ganti Ic LA 78610A dan hasilnya sungguh luar binasa..podo wae kang ! tetap nihiil
Rencana A gagal, rencana B amblas dan sekarang pakai jurus rencana C : ganti Spul Osilator berupa kotak putih type 6019 untuk sementara pakai Search Manual dan langsung mulai start dari band UHF saja supaya dapat dengan cepat mengetahui hasilnya, ternyata betul sekarang sudah ada penampakan semut-semut mulai banyak berkeliaran kesana kemari, gambarpun selayang pandang di iringi warna walau belum bisa tersimpan. Coba tes Search dengan Fine Tuning he..he..si VITRON mulai menunjukan belangnya siaran sudah mau di simpan, untuk memastikan jika tv ini mulai membaik maka tambahkan 2 canel lagi dan kini sudah bisa berdamai.
3 Siaran sudah tersimpan walau dalam posisi Fine Tuning, mungkin butuh suntikan moril supaya bisa di Search Manual maupun Auto maka pribados pasangkan kapasitor keramik 60pf paralel dengan kapasitor Spul Osilator lakukan ulang Search Manual di canel 4 karena canel 1,2 dan 3 sudah ada penghuninya eeeh.. siaran nggak terjaring. 
Kemudian ganti posisi kaki kapasitor 60pf pasang di kapasitor Spul Osilator yang sejajar dengan pin 49 sedangkan kaki yang satunya lagi ke ground, langsung dech Search Manual lagi Ups..siaran bisa di lock dan coba tambah satu siaran lagi di canel 5 Good Job, waktunya uji coba pakai Auto Search karena sudah yakin terbukti bisa di Manualkan maka siaran pun muncul minta di absen satu-satu dan sekarang sudah hadir semua duduk manis di bangkunya masing-masing, matikan tv kemudian hidupkan lagi ha..ha.. si VITRON sudah bisa mentas kembali, secara kebetulan datang pamannya anak-anak serta melihat tv yang sedang beraksi langsung nyengir kuda karena garapan yang belum sempat di apa-apakan sekarang sudah bisa di tonton lagi. 

9. TELEVISI VOTRE HIDUP SEBENTAR LALU MATI
Kerusakan:
Televisi Votre jika kita hidupkan sesaat terlihat normal dimana gambar serta suara bekerja dengan normal, tetapi selang beberapa menit televisi kembali mati hanya lampu indikatornya saja yang menyala.

Perbaikan:
Kerusakan yang seperti ini memerlukan pemeriksaan yang teliti dimana kita mesti mengetahui secara tepat kiranya pada bagian mana terjadi kerusakan. Untuk mengetahui secara pasti televisi kita hidupkan dan kita lakukan pengukuran pada beberapa titik dengan poin utama bagian regulator tegangan 8 volt serta 5 volt. Sebelum kita lanjut kita lihat dahulu model mainboard televisi Votre, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Votre-300x225

Untuk blok regulatornya bisa dilihat pada gambar berikut :

blok-regulator-mainboard-televisi-Votre-300x225

Dari hasil pengukuran sesaat sebelum televisi mati kita dapatkan tegangan supply 8 volt dan 5 volt terukur normal dan setelah televisi mati kita dapatkan tegangan 8 volt normal tapi untuk tegangan 5 volt cuma terukur 4 volt, jadi inilah penyebab televisi kenapa setelah hidup tahu-tahu suka mati sendiri. Penyebab utamanya adalah adanya overhead pada komponen transistor dengan type 2sc2383, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

2sc2383-regulator-mainboard-televisi-Votre-300x225

Dengan keadaan yang terlalu panas menyebabkan kinerja transistor ini menjadi drop, dan untuk mengatasi masalah ini kita gunakan transistor type lain yaitu 2sd882 dimana mempunyai daya tahan lebih baik, tampilannya bisa dilihat pada gambar berikut :

2sd882-regulator-pengganti-mainboard-televisi-Votre-300x225


Kini setelah kita lakukan penggantian transistor 2sc2383 dengan 2sd882 kita coba hidupkan televisi Votre dan hasilnya Alhamdulillah televisi Votre sudah kembali normal, sudah tidak terjadi lagi kasus suka mati sendiri/ setelah mati tahu-tahu suka hidup sendiri.




Insya Allah saya akan terus menambah/update koleksi catatan pengalaman perbaikan tv votre di sini



8 comments:

  1. Mas servis mode tv votre ic r2j1090ha gmn mas? Thks.mhn jwbn

    ReplyDelete
  2. Mas,servis mode tv votre ic r2j1090,ha
    Gmn ya mas?mhn jwbn.thks

    ReplyDelete
  3. Tdk ad raster...dicoba av jd hitam putih..kira2 kerusakanx dmn? Trims

    ReplyDelete
  4. Gan,,,, ada skema tv votre 1489Q gak gan??? lagi butuh nih,,, makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi nyari skema tv votre nih, serial no VV1489QRP11A10421 kalau ada yg tau bagi2 donk

      Delete
  5. mas saya punya monitor votre lt-1771 mati setelah saya bongkat ternyata power suplay nya ga ada tegangan bisa kasih saya skemanya ga tq seblomnnya

    ReplyDelete
  6. mas,tv saya votre 14" kalau di hhidupi kedip kedip kira kira apa yang perlu di ganti ya mas.tq

    ReplyDelete