Saturday, July 20, 2013

berbagai kerusakan speaker aktif


1. speaker aktif ada suara tapi sangat pelan
    problem : speaker aktif ada suara tapi sangat pelan
    penyebab: ada solderan dibagian out power amplifier ke speaker yang kurang menempel
    solusi : gue solder ulang langsung jreng
2.  suara bas speaker aktif nggembret akibat salah ganti transistor
     bbrapa hari yg lalu gue mbetulin speaker aktif 60 watt yg transistor nya tip31,tip32,c945,a733 beserta resistor2 yg da di skitarnya terbakar smua. langsung aja gue mluncur ke toko elektronik dan beli komponen2 yg terbakar tsbt. kata si mas penjual, tr c945 n a733 nya lagi kosong trus gue ditawarin persamaanya yaitu utk c945=536 dan yg a733 gue lupa(sorry he he...).trus gue copot smua komponen yg terbakar lalu gue gnti dengan yg baru, tpi itu tadi masalahnya untuk tr c945 & a733 gue gnti dgn persamaanya(kata simas penjual).hasilnya eng ing eng.....!speaker bisa bunyi dan stelah volume di besarin terdengar suara bass yg nggembret/pecah gk enak di dengerin. akhirnya gue gnti aja tr nya dgn yg asli bawaan speakernya yaitu c945 n a733 dan hsilnya suara bassnya enak di dengar.
3. speaker aktif berbunyi "grok grok" saat pertama di on kan
    problem : speaker aktif berbunyi "grok grok" saat pertama kali di on kan
    penyebab : ada koneksi yg kurang konek, yaitu ada kabel serabut yg sudh karatan
    solusi : gue ganti aja kbel nya

4. speaker aktif suara bas pecah tak enak didengerin
    problem : speaker aktif bassnya tak enak didengerin
    penyebab : salah satu tr powernya ada yg bermasalah(yaitu yg npn)
    solusi : gnti tr TIP41nya

5 comments:

  1. Maf ni mas bro tolong dibantu. Speker aktif politron 25watt ane tr ama diodany ter bakar trus ane ganti ama type yg sama. Pas gue colokin eh malah tuts meteran rumah ane membalik. Apa ada komponen lain yg rusak...mohon pencerahany mas bro....

    ReplyDelete
  2. coba cek regulatornya, dan agar lebih meyakinkan tak da salahnya jika mengecek semua komponen baik transistor,dioda, resistor maupun elco satu persatu, kan komponen pd rangk speaker aktif tak sebanyak dan serumit rangk tv!!!!

    ReplyDelete
  3. mas ma tanya, kalau suara speaker bass nya kaya yg pecah git, itu yg kena/ harus diganti komponen apanya ya..??? soalnya saya masih newbie sama speaker aktif mas..
    mohon bantuannya ke "yanakura17@gmail.com" ^_^

    ReplyDelete
  4. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual Speaker Simbadda

    Simbadda CST 2700N 45W RMS SDCARD USB Remote 2.1 Speaker
    Price Rp 585.000

    SPESIFIKASI
    Manufacturer >>> Simbadda
    Model >>> CST 2700N
    Speaker Configuration >>> 2.1
    Connectivity Input Jack >>> RCA Jack
    Output Power >>> 45W RMS
    Features >>> Master Volume Control
    >>> Bass Level Control
    >>> Treble Level Control
    >>> Remote Control
    >>> Ready MP3 Player via USB or SD Card
    Warranty >>> 1 Year Limited Warranty by Authorized Distributor

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    ReplyDelete