Monday, October 7, 2013

berbagai kerusakan tv lcd merk sharp

1. LCD TV Sharp Aquos “LC-32L4071″ Mode K , No Signal
    problem :
LCD Sharp Aquos 32 inc mengalami kerusakan pada sistem penerimaan, dimana tidak ada satupun siaran televisi yang bisa di terima. Kita coba untuk memprogram ulang secara automatis, tetap saja hasilnya sama hanya raster saja yang tampak pada layar monitornya.

Model LCD TV Sharp :



Dimanakah letak trouble-nya? Segera kita selidiki:

Penerimaan siaran televisi selalu menggunakan Tuner sebagai media-nya, apakah pada LCD ini kerusakan ada pada Tuner-nya.Untuk memastikannya kita mesti melihat proses tuning dan melihat pergerakkan tegangan tuning pada Tuner. Caranya adalah dengan menggunakan multitester dengan batas ukur DC50 volt, dan tempelkan prob merah pada kaki Tuner no 7 dari sebelah kiri , biar mudah bisa dilihat pada gambar berikut:



Disini kita melihat adanya tegangan tuning yaitu dari 0 sampai 32 volt , jadi sudah jelas tuner tidak mengalami kerusakan. Pada layar monitor LCD kita melihat adanya huruf K yang ada di pojok atas sebelah kiri, mungkin ini penyebabnya yang membuat televisi tidak bisa menerima siaran. Ternyata memang benar data setting mengalami perubahan, pada bagian AGC-nya . Parameter option kita melihat angka 255 untuk AGC, maka kita coba merubahnya ke angka 9 selanjutnya kita coba hidupkan LCD-nya ? Hasilnya Alhamdulillah LCD sudah bisa menerima siaran.

Mode K bagaimana untuk menghilangkannya  ? Untuk ini kita bisa memakai kode tombol Vol – dengan tombol input ( source )  di Panel control secara bersamaan sebelumnya LCD TV harus dalam keadaan mati. Jadi kita tekan dahulu kedua tombol, setelahnya barulah kita masukan aliran listriknya.

Bagaimana untuk membuka Parameter mode K ? Untuk ini kita tekan tombol Vol- dengan Program –  di panel control secara bersamaan lalu masukkan aliran listriknya , nantinya akan timbul servis menunya. Permasalahan yang timbul jika Mode K lagi on? Jika kita mencoba fungsi Reset dalam menu , hasil yang kita dapatkan Suara tidak bekerja dengan normal.  Jika kita tekan tombol volume suara yang dihasilkan langsung besar/ hanya ada 3 pilihan suaranya kecil -sedang -besar . Untuk mengembalikan seperti awalnya kita mesti menghilangkan Mode K -nya.
       kesimpulan : solusi untuk mengatasi problem seperti ini yaitu dengan mengubah data setting AGC-nya
2. Lcd Tv Sharp Aquos lampu indikator hanya kedap - kedip
    problem :
 LCD TV Sharp Aquos LC-32M400M-BK jika kita masukkan aliran listrik hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, kita coba tekan tombol power sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.
    Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki :
Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat kita masukkan aliran listrik sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah kita lepaskan casing bagian belakang dengan jelas kita lihat rangkaian PSU dengan kondisi komponen yang masih baik, poin ada di Capasitor filter .
Tahap lanjutan yang bisa kita lakukan adalah dengan membuka servis menu, kemungkinan ada error sehingga terjadi kasus kerusakan seperti ini. Cara buka servis menu / mode K adalah :
 1 Matikan / lepaskan aliran listrik
 2 Tekan tombol Vol – serta Input di panel control/ bukan di remote.
 3 Masukkan aliran listriknya
 Setelah kita lakukan langkah ini kini lampu indikator sudah tidak kedap-kedip dan LCD TV Sharp sudah bisa hidup, tapi setelah kita matikan lewat remote atau lewat panel semuanya kembali seperti semula/ kedap-kedip lagi lampu indikatornya. Jadi semakin jelas ada masalah di data setting, maka kita coba restore ,caranya :
 Dalam mode K tekan tombol vol – serta prog – di panel control, nantinya akan keluar menu/ option, setelah
tampil pilihan kedua yaitu area ( asia) tekan tombol ok di remote dan kita diamkan sampai terlihat tampilan ok di layar LCD -nya. Kini kita matikan LCD TV Sharp melalui remote dan kita coba hidupkan kembali hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
 Ada sedikit perbedaan dari model yang sebelumnya, biasanya kalau dalam kondisi mode K jika kita matikan LCD-nya akan tetap tampil jika kita hidupkan kembali LCD-nya. Untuk model ini tidak berlaku, jika mode K sudah kita buka maka dengan kita matikan LCD-nya maka mode K akan hilang dengan sendirinya / tidak tampil lagi.
       kesimpulan : solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara me-restore data settingnya

3.SHARP Aquos LCD TV LC-32A39I pada mode AV (AV5) tidak muncul gambar, tetapi suara normal. (SOLVED)



Langkah - Langkahnya sebagai berikut :
Buka data service sharp , sblm mencolokan tv tekan 2 tombol p+ dan v- bersamaan, lalu nyalakan sambil tekan kedua tombol tadi tahan sampai sermod keluar.. 
cuma untuk masuk ke service mode TV aquos ini beda dengan Tv sharp yang CRT caranya sbb:


1. Cabut stecker power dari PLN

2. tekan tombol volume - dan tombol input pada tv, bukan pada remote, colok stecker ke stop kontak PLN, tahan sampe ada Tanda "K" pada pojok kiri atas layar.

3. lepas tekanan terhadap tombol Vol - dan tombol input.

4.tekan tombol volume - dan CH +, service menu akan tampil.

5. hati-hati..! jangan sampe ngacak-ngacak settingan yang ga perlu disetting.. Unit bisa mati.

4.LCD Sharp Aquos 32” byar-pet 3x kemudian kembali st-by


KASUS :
  • LCD Sharp Aquos 32”
  • Kalau dihidupkan raster hidup-mati byar-pet 3x kemudian kembali mati stand-by (led idikator merah menyala).
  • Jika tombol power ditekan maka kejadian sama selalu terulang lagi. Jadi bukan mati protek.

PEMERIKSAAN :
  • Pada model ini board inverter menjadi satu dengan board power supply.
  • Pemeriksaan secara visual maupun menggunakan esr-meter tidak menemukan adanya elko yang gembung atau rusak.
  • Demikian juga pemeriksaan tegangan-tegangan pada bagian power suply tidak menemukan masalah.
  • Cek tegangan pada konektor “Inverter on-off” selalu tetap pada posisi “H” tidak berubah walaupun lampu backlight hidup-mati
  • Coba di cut jalur “ERROR” dari bagian Inverter ke bagian Main-board, pesawat dapat menyala terus (indikator led hijau nyala terus) dan suara tatap ada.
  • Kesimpulan problem pada bagian Inverter atau mungkin Lampu backlight ada yang problem.

PEMERIKSAAN BAGIAN INVERTER dan LAMPU BACKLIGHT :
  • Pada saat backlight menyala, tegangan pada output tranfo inverter hampir sama semuanya (cara ukur, baca artikel no.5 di bawah!)
  • Buka dari bagian depan untuk melihat nyala lampu backlight. Semua nampak nyala normal dan tidak ada tanda-tanda pada salah satu lampu yang gosong atau kedip.
  • Kesimpulan problem pasti pada bagian sirkit Inverter, tetapi bukan karena protek.

SOLUSI :
  • Kecurigaan kami jatuh pada ic inverter driver BD9883.
  • Tetapi untuk mengukur tegangan-tegangan pada kaki-kaki ic ini tidak mungkin, sebab berada pada bagian bawah board.
  • Maka kami mempunyai ide cara untuk mengukur tegangan-tegangan tersebut. Pada setiap kaki yang ingin kami ukur tegangan kami pasang (solder) sebuah kabel dengan panjang secukupnya, dengan tujuan nanti tegangannya dapat diukur pada ujung kabel satunya lagi.
  • Ketika semua kabel sudah tersolder dan pesawat kami coba…….ternyata pasawat sudah “BAIK” dengan sendirinya sebelum kami mencoba ukur tegangan-tegangannya.
  • Wallahualam………..mungkin karena penyolderan-penyolderan kabel pada kaki-kaki ic maka semuanya menjadi beres……..walaupun ini menyisakan tanda-tanya……jangan-jangan nanti problem kambuh lagi.
  • Perlu running test yang lama…..untuk memastikan problem tidak kambuh lagi.

No pin kaki-kaki yang kami beri kabel yang rencananya akan kami ukur.
clip_image002Gambar bukan skema aslinya (hanya untuk membantu memahami)

  • No.1 DUTY = kontrol on-off (dari main-board)
  • No.8 FB = menerima umpan balik dari lampu backlight untuk mengatur agar nyala inverter stabil
  • No.9 IS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OCP (over current protector)
  • No.10 VS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OVP (over voltage protector)
  • No. 11 STB = kontrol stand-by (dari main-board)
Hasil pengukuaran saat lampu backlight menyala normal pada kaki BD9883 :
  • DUTY = 2v
  • FB = 1v
  • IS = 0v
  • VS = 1v
  • STB =3v

5.LCD Sharp Alexander 22” hidup sebentar terus mati.



KASUS :
  • LCD Sharp Alexander 22” MODEL LC22L10
  • Jika dihidupkan (led nyala hijau) da raster nyala sebentar, kemudian terus mati sendiri dan lampu led nyala merah.
  • Jika tombol power ditekan lagi, maka kejadian seperti diatas akan terulang lagi.
  • Setelah diulang 3 atau 4 kali achirnya pesawat akan mati protek dan led merah kedip 2x secara berulang. Pesawat baru akan dapat dihidupkan lagi setelah colokan listrik dilepas terlebih dahulu.

SOLUSI :
  • Led merah kedip 2x kalau Sharp LCD hal ini menunjukkan problem pada bagian inverter.(blingking code sharp aquos lcd)
  • Saat backlight menyala coba dilakukan pengukuran tegangan-tegangan pada kapasitor output tegangan tinggi setiap tranfo inverter (ada 4 buah output). Pengukuran dilakukan pada kapistor milar yang berhubungan dengan pin-1 diode D8 seperti contoh gambar dibawah. JANGAN MELAKUKAN PENGUKURAN PADA PIN-4 TRANFO INVERTER ATAU PIN-1 CN2 KONEKTOR LAMPU BACKLIGHT, KARENA TEGANGAN SANGAT TINGGI !
  • Ternyata hasilnya salah satu tranfo tegangannya ada yang lebih rendah dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya.
  • Pada tranfo yang bermasalah ketika coba diukur resistansinya pada pin-3/4, ternyata lebih besar jika dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya
clip_image002Gambar bukan skema sebenarnya (hanya untuk memudahkan penjelasan saja)
  • Pada kasus ini kami coba putus jalur ERROR dari pcb Inverter ke Main-pcb (posisi pada kabel konektor yang dekat ground), ternyata pesawat dapat hidup terus, ada suara dan lampu led tetap nyala hijau terus,  tetapi lampu backlight tetap mati lagi sehingga raster menjadi gelap
  • Kesimpulan problem disebabkan kerusakan pada salah satu tranfo inverter yang menyebabkan over-current protek (OCP)

6.Sharp LC32M4071 tidak ada suara – gambar bagus


KASUS :
  • Sharp LCd LC32M4071
  • Problem tidak ada suara, gambar bagus

SOLUSI :
  • Disebabkan tegangan AC DET drops. Normal sekitar 3v
  • Penyebab karena kerusakan transistor pada sirkit Ac det pada modul power supply.
  • Sirkit AC det dapat dilacak pada modul power supply dimana terdapat photocoupler yang arahnya berbeda dengan photocoupler lainnya, yaitu arahnya dari bagian primer ke sekunder.

7.Sharp Lcd muncul tulisan K123


KASUS :
  • Sharp Lcd muncul tulisan K123 pada layar.
  • tv tidak terima siaran. Jika di auto-search bisa terima gambar, tetapi tidak dapat dimemori.
  • Tombol volume kalau ditekan langsung besar loncat setengah atau maksimum.
  • Hal ini disebabkan data error pada eepromnya.

SOLUSI 1 :
  • cabut colokan listrik.
  • Tekan dan tahan bersamaan tombol “Ch down” dan “Vol down” pada front panel (untuk masuk service mode)
  • Pasang colokan listrik dan tunggu sampai teve menyala - baru tombol dilepas
  • Akan nampak kode diskripsi dan angka nilai.
  • Gunakan remote untuk merubah nilai diskripsi dengan menekan angka “0” sebanyak 3 kali.
  • Tekan-tekan tombol “Ch up” sehingga muncul tulisan “INIT TV”.
  • Tekan tombol “Ch up” – maka data akan di-reset. Dan tulisan K123 akan lenyap
  • Matikan teve dengan tombol “power”.

SOLUSI : 2
  • Setelah masuk service mode.
  • Tekan-tekan tombol “Ch up”.
  • Sampai ketemu tulisan “HERCULES” atau “COPERNICUS”.
  • Ubah nilai data dari “0” menjadi “1” dengan tombol “Vol up”, maka tulisan K123 akan lenyap
  • Matikan tv dengan tombol “power”.








sumber :
www.hamimservis.com
bintangalam-electronic.blogspot.com
spesialislcdled.blogspot.com
marsonotv.blogspot.com

No comments:

Post a Comment