paimosubroto: berbagai kerusakan tv tcl

Saturday, September 21, 2013

berbagai kerusakan tv tcl

 

1. Kerusakan Tv TCL layar gelap atau tidak ada raster
     problem : layar gelap atau tidak ada raster tapi suara ada alias normal.
 tv tcl ini kata empu nya kata nya suara bagus namun gambar tidak ada! lalu saya coba di on kan power nya ternyata iya cuma ada kilatan cahaya saat di on-of kan"
     perbaikan : pencarian di mulai dengan membuka casing tv tcl, lalu di coba di start kembali power tv untuk memastikan keadaan yg sebenar nya" hehehhe msh penasaran! ternyata saya lihat lampu filamen nyala " flyback kedengaran hidup normal! lalu saya ukur bagian tegangan RGB ternyata baik baik saja" tegangan heater normal vcc screen ada " hem... apa nya yang molor???? pikir ku!!!
 saya ubek ubek sampe 1 jam belum ketemu juga, resolder sudah,  penggantian kondensator elko yang saya anggap sudah aus sudah namun belum membuahkan hasil!!
 lalu pencarian saya lakukan ke google " saran bloger semua sya sudah terapkan" namun belum membawakan hasil!!
 1 hari saya tunda dan mengerjakan dulu yang lain" masih jenis tv tcl dengan kerusakan kira2 1/2 jam tv mendadak gelap "dan hasil yang saya dapat dengan tv yang ke 2 ternyata tegangan rgb normal heater normal lalu saya ukur tegangan screen *(g2) lo kok cuma terukur kira2 60v-70v) sedangkan yang saya tau biasa nya kurang lebih 80v" berarti kurang dikit
 saya coba cek bagian regulator alias power supplay ternyata aman2 saja" dan saya memutuskan untuk mengganti trafo flyback dan hasil nya ternyata benar tv langsung bagus !!!
 dari pengalamn tv yg ke2 saya punya pikiran kayak nya tv yg pertama juga bisa jadi flyback nya yang bagian g2 nya agak drop!!!
 lalu saya cabut dari pcb flyback tersebut dengan kode BSc 25-0231 (ohya lupa tv yang pertama tadi menggunakan IC tunggal dengan kode 8873CSANG6J71 dan IC vertikal dengan seri stvxxx).
 sudah saya cabut dari bord lalu saya ambil pengganti dengan trfo flyback yang baru dan setelah selsai penggantian pemain tersebut lalu saya coba hidupkan kembali tv  tcl tersebut ternyata gambar alias sinar pun datang " alhamdulillah akhir nya kerjaan ku selesai juga"
2. TV TCL 2175S raster bergaris-garis horizontal
     problem : raster bergaris-garis horisontal hampir memenuhi seluruh layar.
     perbaikan : Sayapun anggap enteng ah... paling elco pump-out (100uF/35V) saya ganti kok sama aja?Coba aku ganti Elco Main Supply-nya (470uF/35V) gak ngaruh! Apanya...? Mulailah aku browsing cari-cari info di internet tapi nihil, aku masuk setingan vertikal linear (servis-menu) tetap gak ngaruh. Lalu aku buka gambar/skema TVnya masih gak ketemu, lalu aku ukur semua elco,resistor,diode...gk ada masalah. Duh puyeng! Hari ke-5 baru aku mulai lagi coba-coba saja barangkali defleksi V-H bocor induksi,aku pasang capasitor 22nF/100V antar kaki (+) dan (-) defleksi vertikal sbg decopling (pada tv merk lain umumnya ada), walhasil masalah teratasi...Ahhh.... lega!!
     catatan : tv ini menggunakan prosesor TMPA8823 dan IC Vertikal STV9302B.
3. Tv TCL Vertikalnya menyempit 
     problem : vertical menyempit
     perbaikan : coba mengganti elco 25v1000uf hasilnya langsung melebar tapi bagian bawahnya naik 1CM, ganti elco 50v0,47uf di osc langsung Ok... Pernah juga menemukan TCL gambar hanya bergaris/vertikal tidak membuka, ganti dioda pump up langsung Ok..
4. Reparasi TV TCL 14" 1497AT Cacat Gambar dan tak dapat menangkap siaran secara sempurna
    problem : gambar pada layar cacat/ kadang hanya garis-garis. Untuk melakukan reparasi kerusakan seperti ini, sepertinya tidak begitu rumit.
    penyebab : Memang televisi merk TCL dengan umur pemakaian sudah lama, banyak yang mengalami masalah atau rusak, biasanya kerusakan terjadi pada daerah tuner sampai dengan flayback. Kalau tv keluaran Cina seperti merk TCL rusak, biasanya dapat diatasi dengan mudah, jika terpaksa pun bisa diganti mesin karena masih ada fasilitas remote service mode yang akan memudahkan kita melakukan pengaturan menu factory.
 Saya sendiri pernah beberapa kali menangani televisi merk TCL dan sejenisnya, kerusakan yang dijumpai mulai dari channel siaran yang tidak mau tersimpan, flyback bocor, sampai dengan karusakan mati total.
 Kali ini mendapatkan lagi kerusakan yang lumayan yaitu tampilan gambar kadang cacat seperti ada interferensi dan bahkan kadang hanya ada garis horizontal. Kalau tv di pukul-pukul, maka gambar kadang masih bisa muncul lagi.
    perbaikan : Mengetahui gejala tersebut, maka dapat disimpulkan kalau daerah yang bermasalah ada pada blok vertikal yang biasanya mengalami crack atau open solder. Segera saya solder ulang pada bagian-bagian yang sekiranya mengalami panas tinggi, terutama bagian IC vertikal.
 Setelah selesai, televisi dihidupkan dan ternyata gambar sudah normal kembali. Tapi ada masalah baru setelah televisi dipasang antena, yaitu tidak dapat menangkap siaran dengan sempurna. Mulanya saya curiga pada bagian tuner, namun ternyata setelah di cek, yang mengalami kerusakan adalah pada socket antena.


 

sumber:
imeldaentertainment.blogspot.com
br4in2000.blogspot.com
3salman.blogspot.com
www.sisilain.net

6 comments:

  1. jika gambar normal tidak ada suara, ic sound bagus, apanya pak paimo

    ReplyDelete
  2. cek speaker, cek kabel ke speaker apakah masih bagus dan apakah socket terhubung dg baik?, cek teg-nya apakah normal?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas info nya bermanfaat dan salam kenal dari saya harga hp blackberrysemoga sukses web nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  4. mas paimo saya mau tanya,saya punya tv TCL 21" slim yang menggunakan Ic vertikal LA 78141 keluhannya tv st-bye lampu kedip2/protex gk mau nyala,Ic vertikal sudah coba saya ganti tp masih saja begitu,saya coba cek semua tegangan bgus,kira2 permasalahannya ada di sebelah mana y mas..? mohon pencerahannya..Trima kasih.

    ReplyDelete
  5. Thanks for such a nice and updated information. I got some interesting tips from this post.
    Sony Laptops

    ReplyDelete